Pengalaman mengurus sendiri mutasi STNK dan BPKB.

IMG_20150808_105131

Karena saya berganti alamat KTP dari Jakarta ke BSD (Kabupaten Tangerang), otomatis STNK dan BPKB mobil saya pun harus ganti alamat. Anda heran kenapa BSD kok masuknya Kab Tangerang dan bukannya Kota Tangerang Selatan? Well perbatasan Tangerang Selatan dan Kab Tangerang itu terletak di sungai Cisadane, dan komplek saya ( The Icon) terletak di sebelah barat Cisadane, dan itu sudah merupakan wilayah Kab Tangerang. Begitu pula dengan mal Aeon dan ICE, semuanya termasuk wilayah Kabupaten Tangerang:)

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mengurus sendiri mutasi STNK dan BPKB:

  • Menyiapkan KTP, STNK dan BPKB mobil lama anda, perbanyak menjadi 5 set ( Lebih baik kebanyakan daripada kekurangan)
  • Harus sabar dan datang sepagi mungkin. Samsat buka mulai jam 08.00.
  • Jangan malas atau malu bertanya.
  • Bawa bolpen sendiri!

Begini prosedur yang saya jalani untuk mengurus sendiri mutasi STNK dan BPKB antar Samsat ( tapi masih dalam 1 Polda)

Hari ke 1, 8 Agustus 2015, Samsat Polda Metro Jaya ( Semanggi, masuk dari SCBD)

  1. Melakukan cek fisik di Samsat Polda Metro Jaya ( Semanggi, Jakarta). Karena KTP saya Kab Tangerang, cek fisik ini hanya bisa dilakukan di Samsat Polda Metro atau Samsat Balaraja, belum bisa dilakukan di Samsat Bersama BSD yang terletak di Civic Center seberang Soto H Mamat. Anda harus memastikan terlebih dulu dimana BPKB anda sebelumnya dicetak daripada nanti harus bolak balik pindah tempat. Untuk BPKB Jakarta Barat bisa dilakukan di Samsat Daan Mogot, Selatan bisa di Polda Metro, Timur bisa di Kebon Nanas, Utara dan Pusat bisa di Gunung Sahari. Usahakan datang pagi selagi masih sedikit antrian. Samsat buka jam 08.00.
  2. Saya memilih untuk cek fisik di Samsat Polda agar setelahnya saya bisa langsung memasukan berkas saya untuk mutasi. Cek fisik ini gratis, tapi kalau anda mau memberikan tips ke petugas, rasanya tidak ada yang keberatan juga kok, 10ribu cukup lah. Sehabis cek fisik, bawa berkas hasil cek fisik ( plus STNK asli, fotocopy STNK dan fotocopy KTP) ke loket di area cek fisik dan tunggu sampai selesai di legalisir. Prosesnya tidak lama, sekitar 15-20 menit.
  3. Setelah berkas dikembalikan, saya fotocopy hasil cek fisik tersebut dan saya menuju ke loket mutasi di gedung Biru (Ditlantas) lantai 2 untuk meminta form mutasi keluar daerah. Ada petugas ( biasanya polisi) yang akan meminta berkas legalisir cek fisik beserta STNK asli, fotocopy KTP dan fotocopy BPKB. Susun semua form tersebut dengan rapi, kalau perlu di staples, agar berkas tidak tercecer. Sesudah itu petugas memberikan form yang harus saya isi, jangan malu untuk bertanya jika ada yang tidak anda pahami. Sesudah mengisi form, berikan form tersebut ke petugas yang akan memeriksa. setelah ok semuanya, saya menuju ke loket BRI di lantai 1 untuk membayar pendaftaran mutasi, biayanya Rp 75.000.
  4. Satukan semua berkas plus bukti pembayaran ke BRI, terus masukan ke loket mutasi. Tunggu sampai nama saya dipanggil petugas loket dan saya diberikan secarik kertas untuk pengambilan berkas mutasi. Pengambilan berkas diambil setelah 5 hari kerja.
  5. Hari pertama selesai, total waktu yang saya butuhkan 2 jam. Total biaya yang dikeluarkan Rp 85.000 ( Tips cek fisik dan bayar form mutasi ke BRI)

Hari ke 2, 22 Agustus 2015, Samsat Polda Metro Jaya.

  1. Dokumen yang disiapkan adalah kertas buat pengambilan berkas.
  2. Naik ke lantai 2 gedung Ditlantas dan menuju loket mutasi, serahkan kertas pengambilan berkas ke petugas loket lalu tunggu sebentar. Setelah dipanggil, ambil berkasnya terus bawa ke lantai 3 untuk mengurus fiskal. Lama proses fiskal ini sekitar 10-15 menit, tergantung banyaknya antrian. Sangat disarankan untuk datang sepagi mungkin.
  3. Urusan fiskal beres, langsung ke bagian arsip di basement. Tunggu 10 menit selesai.
  4. Urusan di Polda beres untuk masalah STNK. Total waktu 1 jam, total biaya Rp 0.

Hari ke 2, 22 Agustus 2015, Samsat Balaraja.

  1. Keluar dari Samsat Polda, saya langsung ke Samsat Balaraja. Lewat tol dalam kota, sambung tol Jakarta-Tangerang, sambung tol Tangerang – Merak. Keluar di exit Balaraja Timur. Lama perjalanan 50 menit, Samsat Balaraja terletak tidak terlalu jauh dari exit tol.
  2. Sampai di kantor Samsat Balaraja langsung ke bagian belakang untuk parkir mobil dan cek fisik. Serahkan semua berkas yang kita dapat dari bagian Arsip di Polda sebelumnya ke loket cek fisik. Tunggu sekitar 10 menit saja nama saya langsung dipanggil, kemudian bawa berkasnya ke loket mutasi kendaraan di gedung bagian depan. Loketnya paling pojok.
  3. Setelah memasukan berkas ke loket mutasi, petugas akan cek dan memberikan formulir untuk diisi. Jangan lupa bawa bolpen sendiri. 10 menit setelah saya menyerahkan formulir, saya diberikan secarik kertas untuk pengambilan STNK baru  (disatukan dengan BPKB lama)
  4. STNK bisa diambil 3 hari kemudian. Total waktu 1 jam, total biaya Rp 0.

Hari ke 3, 25 Agustus 2015, Samsat Balaraja.

  1. Jam 08.00 pagi sudah sampai di Samsat Balaraja. Menuju ke loket 3 untuk menyerahkan kertas pengambilan. Setelah itu menunggu di loket pembayaran STNK untuk pembayaran pajak STNK. Prosesnya sebentar, hanya 15 menit. Setelah bayar dan mendapatkan STNK baru, menuju ke belakang gedung untuk pengambilan plat nomor baru. Nomornya baru.
  2. Serahkan STNK ke petugas loket dan tunggu nama kita dipanggil. 15 menit saja sudah beres, saya diberi plat nomor baru yang catnya masih baru:)
  3. Urusan di Samsat Balaraja sudah selesai. Total waktu 1 jam, total biaya (pajak) Rp 1.408.000.

Hari ke 4, 29 Agustus 2015, Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya.

  1. Dokumen yang dibawa : Fotokopi STNK baru, Fotokopi BPKB, Fotokopi KTP, BPKB Asli dan fotokopi legalisir cek fisik.
  2. Mengantri di pintu masuk untuk ambil nomer antrian. Semua berkas akan dicek disini, setelah semua ok baru kita akan diberikan nomer antrian. Sebaiknya datang pagian karena antrian perubahan BPKB ini panjang sekali. Saya datang pukul 9 pagi dan sudah ada 300 nomer antrian sebelum saya. Pengambilan nomer antrian ditutup pukul 10 pagi. Nomer antrian ini sangat penting, jadi simpanlah baik-baik.
  3. Disebelah kiri pintu masuk ada petugas dengan mesin cetak besar, berikan berkas kita ke petugas tersebut. Petugas tersebut kemudian akan scan BPKB kita untuk kemudian akan ada formulir pengurusan BPKB yang akan tercetak secara otomatis. Satukan formulir tersebut dengan semua berkas kita, serahkan ke petugas loket. Dan kemudian tunggu sampai nomer antrian kita dipanggil.
  4. Karena saya hanya pindah Samsat, saya tidak dikenakan biaya apapun.
  5. Setelah nomer antrian dipanggil, berikan semua berkas ke petugas loket. Kemudian dia akan memberikan kita secarik kertas untuk pengambilan BPKB yang sudah direvisi. Di kertas itu sudah tercetak tanggal berapa kita bisa mengambil BPKB. Informasi yang saya dapat adalah jika hanya pindah alamat, BPKB tidak dicetak ulang lagi.
  6. Hari ke 4 selesai. Total waktu 2 jam, total biaya Rp 0.

Hari ke 5, 13 September 2015, Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya.

  1. Untuk pengambilan BPKB yang sudah diperbarui, dokumen yang harus dibawa adalah kertas pengambilan BKPB yang sudah dberikan sebelumnya, fotokopi KTP dan fotokopi STNK. Satukan ketiganya dan taruh di loket nomer 3. Tunggu nama anda dipanggil.
  2. Hari ke 5 selesai, total waktu 1 jam, total biaya Rp 0.

Proses mutasi STNK dan BPKB ini sebetulnya mudah dan murah. Hanya saja kebanyakan dari kita sudah merasa malas dan enggan duluan. Dalam proses pengurusan ini, beberapa kali saya melihat para manula masih mengurus sendiri surat-suratnya. Hebat sekali, anda jangan kalah dong:)

 

 

134 thoughts on “Pengalaman mengurus sendiri mutasi STNK dan BPKB.”

  1. maaf, minta pencerahanya…
    saia baru ajh, kelar. bolak balik. bnyk yg enggak paham,krna saia baru pnglaman pertma, mutasi motor dr cikarang ke jawa-
    smua sudah berez berkas dr samsat cikarang,itu pun wahhh… luar biasa perjuanganny.
    kmaren sabtu, trakhr nunggu dok fiskal dan arsip dokumen BPKB kluar. tp lg bingung, disuruh lagi ke POLDA, buat cex BPKB?atau entahlah, enggak paham bgtt. itu kalo disana ap saia pergi ke POLDA bagian BPKB, yg diJAKsel? ap bukan. buat cex dokemenny. mksh sblumny.

  2. November th 2015 saya balik nama+mutasi dari bekasi ke kota tangerang. saat cabut berkas di bekasi saya menggunakan jasa calo dengan pertimbangan waktu dan berkat hasutan intimidasi si calo karena rumah saya di tangerang & saya bekerja sebagai karyawan swasta (hahaha). tapi saat mutasi masuk di samsat ciledug & urus bpkb di polda saya coba urus sendiri dan sungguh sangat tercengang sekaligus senang karena dari samsat ciledug sampai polda ternyata nggak ada yang namanya pungli… alhamdulilah (baru kali itu saya urus surat2 kendaraan Zero pungli).
    Hari ini saya ada mutasi lagi (pindah alamat) dari kab tangerang ke kota tangerang (samsat ciledug) untuk motor dengan menguasakan adik untuk mengurus karena saya bekerja, namun sayangnya saat adik saya sampai samsat bsd eh baru tahu kalau mutasi cuma bisa dilakukan di samsat balaraja, lalu adik saya diarahkan oleh salah satu petugas samsat BSD agar pergi ke cikokol untuk check fisik bantuan, nanti berkasnya tinggal bawa aja ke balaraja untuk proses… namun setelah sampai samsat cikokol, adik saya ditolak lagi karena petugasnya bilang berdasarkan alamat ktp cuma bisa check fisik bantuan di samsat ciledug. Saya bukannya mau menyalahkan siapa2 tapi cuma mau sharing aja contoh nyata kerugian yang dihasilkan akibat birokrasi yang ribet. lembaga publik seharusnya bisa menciptakan sistem yang bisa memberi kemudahan kepada masyarakat. Salut banget sama bu Risma yang berani angkat suara tentang budaya ribet birokrasi di indonesia yang mana merupakan sumber2 pungli & korupsi petugas2 public. moga2 aja y pak Agus kedepannya concern ke bidang IT untuk public service bisa lebih ditingkatkan oleh pemerintah!!!
    (NB: jam 14:30 adek telp, alhamdulillah masih kekejar urus check fisik di samsat ciledug) !!! huft klo g harus nyetir motor ciledug-balaraja deh karena kebetulan besok tanggal terakhir berlaku STNK ni motor… kena denda g ya?

  3. Salam pak agus. Saya mau tanya stnk dan bpkb motor saya alamat nya dijakarta terus saya pindah rumah ke pekanbaru dan ktp sudah berganti dipekanbaru. Nah bulan ini saya udh harus bayar pajak tahunan. Yang saya mau tanyakan apakah boleh membayar dengan ktp yg baru ??

    1. coba bantu jawab.
      nggak bisa pak karena saat bayar STNK bapak kan harus melampirkan identitas asli untuk keperluan cross check dokumen, kalau alamat di ktp dan alamat di bpkb/stnk beda akan langsung ditolak nantinya karena hubungannya pajak ini sama pendapatan tiap2 daerah. yang harusnya pajak masuk ke dispenda pekanbaru karena bpk sudah jadi warga pekanbaru malah masih masuk ke jakarta, ntr marah2 dispendanya…
      kebetulan saya pernah kasus seperti bapak 3th yang lalu, baru aja balik nama eh saya harus pindah beda wilayah… untungnya SIM saya masih beralamatkan alamat lama jadi masih bisa digunakan untuk bukti identitas bayar pajak tahunan, tapi sebaiknya bapak urus saja mutasinya, toh cuma ganti alamat jadi nggk bayar BBN lagi dan kebetulan juga minggu lalu saya mau bayar lagi pajak tahunan pakai identitas SIM, eh tapi di tolak di samsat alasan dari petugasnya sih karena sekarang SIM yang berlaku untuk dijadikan bukti identitas untuk pembayaran pajak hanya model SIM yang terbaru yang sudah terkoneksi online ama E-KTP.

  4. Baru saja sy mutasi mobil dari Sleman DIY ke Sukoharjo jateng. Biaya yg sy keluarkan: (semua tanpa kuitansi)
    Di samsat sleman 80rb
    Di polres sleman 100rb
    Di samsat sukoharjo 150rb
    Di polres sukoharjo 200rb (BPKB)
    Tsb di atas selain biaya yg tercantum di faktur pajak.
    Punglinya brp tuh ?

    1. Hari ini saya mengurus mutasi stnk saya dari Solo ke Sukoharjo.
      Pulang kRja jam stngh 8.Numpang mandi dirumah temen.Selesai jam 08.10 saya brngkt ke polsek Surakata untuk ambil berkas mutasi saya yg sdh diurus 1bulan yg lalu.
      Smpe rumah jam 08.45 trus saya sempetin untuk istirahat 30menit.
      Jam 09.15 saya brngkt.Saya tdk tahu smpe di Samsat Sukoharjo jam brpa.Trus saya nyamperin petugas untuk nanyain rute saya untuk ngurus mutasi.
      Saya datang kebagian pendaftaran jga ngumpulin berkas,trus cek fisik motor saya.Trus fotocopy berkas,ngasih semua berkas yg sdh saya dapatkan ke bagian pendaftaran,selesai dikasih cap kepolisian,saya anter ke ruang ngejek berkas atau apa namanya saya lupa.
      Tpi,dr sejak sekitar jam 11 kurang sMpe hmpr stngh 2Siang.Saya belum dipanggil untuk mengambil berkas yg sudah saya kumpulkan.

      Saya cma baru istirahat 30menit dirumah setelah pulang kRja.Saya kRja dapat shift malam pulang pagi.
      JUJUR SAYA SEDIKIT KECEWA.

  5. Lagi ngurusin mutasi juga nih gan… dari pemasukan berkas sampai pengurusan fiskal makan waktu SEBULAN…. ko beda bgt yah… alhasil bisa masuk pengenaan denda 2%..

  6. Yg gak tahan itu bolak baliknya..
    Kenapa pemerintah gak perhatiin bhw bolak balik sana kemari itu kontra produktif, meskipun hny 1 or 2 jam..
    Hal itulah yg membuat malas & marak calo ..
    Pemerintah harus segera perbaiki birokrasi komplek

  7. Salam pa, sy mau beli motor plat nya tangerang selatan, sedangkan saya tinggal di jakarta timur( . Jatinegara ), trus saya mau balik nama a/n saya, itu mutasi apa sy ms pk plat no tangsel apa uda pindah ke jakarta timur ya pa? Trus sy nanti klw mau bayar pajak di tangsel pa uda di jaktim, krn ini kan plat nya sama2 B, cm wilayah yg beda, mohon penjelasan nya pa, terimakasih

  8. maaf pak mau tanya low persyaratan mutasi dari tanggerang ke pandeglang banten berapa untuk biaya.nya dan sekaligus balik nma apa aja yg perlu di bawa….dan untuk biaya.nya berapa

  9. Malam pak mau tanya,,,Sy dari karawang mutasi cikarang ke karawang tpi surat yg dari polda ada yg keselip pak,, klo datang buat sendiri berapa lama ya pak kendarannya R2…

  10. Saya mau tanya pak,saya habis beli motor yamaha nouvo tahun 2006 motor jakarta selatan pajak mati 2tahun
    Saya berniat berniat mutasi soalnya ktp saya beralamatkan di ciledug tangerang
    Kira2 saya harus siapkan dana berapa ya untuk proses semuanya.niatnya pengen saya urus sendiri.
    Terima Kasih..

    1. Cabut berkas di polres Jaksel soal biaya kena pnpb aja..ikuti alur proses mutasi di polres Jaksel..klo sdh sampai bagian fiskal dan arsip maka proses mutasi dilanjutkan dengan register buat bayar pajak STNK ke Samsat Ciledug…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *