Pengalaman mengurus sendiri mutasi STNK dan BPKB.

IMG_20150808_105131

Karena saya berganti alamat KTP dari Jakarta ke BSD (Kabupaten Tangerang), otomatis STNK dan BPKB mobil saya pun harus ganti alamat. Anda heran kenapa BSD kok masuknya Kab Tangerang dan bukannya Kota Tangerang Selatan? Well perbatasan Tangerang Selatan dan Kab Tangerang itu terletak di sungai Cisadane, dan komplek saya ( The Icon) terletak di sebelah barat Cisadane, dan itu sudah merupakan wilayah Kab Tangerang. Begitu pula dengan mal Aeon dan ICE, semuanya termasuk wilayah Kabupaten Tangerang:)

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mengurus sendiri mutasi STNK dan BPKB:

  • Menyiapkan KTP, STNK dan BPKB mobil lama anda, perbanyak menjadi 5 set ( Lebih baik kebanyakan daripada kekurangan)
  • Harus sabar dan datang sepagi mungkin. Samsat buka mulai jam 08.00.
  • Jangan malas atau malu bertanya.
  • Bawa bolpen sendiri!

Begini prosedur yang saya jalani untuk mengurus sendiri mutasi STNK dan BPKB antar Samsat ( tapi masih dalam 1 Polda)

Hari ke 1, 8 Agustus 2015, Samsat Polda Metro Jaya ( Semanggi, masuk dari SCBD)

  1. Melakukan cek fisik di Samsat Polda Metro Jaya ( Semanggi, Jakarta). Karena KTP saya Kab Tangerang, cek fisik ini hanya bisa dilakukan di Samsat Polda Metro atau Samsat Balaraja, belum bisa dilakukan di Samsat Bersama BSD yang terletak di Civic Center seberang Soto H Mamat. Anda harus memastikan terlebih dulu dimana BPKB anda sebelumnya dicetak daripada nanti harus bolak balik pindah tempat. Untuk BPKB Jakarta Barat bisa dilakukan di Samsat Daan Mogot, Selatan bisa di Polda Metro, Timur bisa di Kebon Nanas, Utara dan Pusat bisa di Gunung Sahari. Usahakan datang pagi selagi masih sedikit antrian. Samsat buka jam 08.00.
  2. Saya memilih untuk cek fisik di Samsat Polda agar setelahnya saya bisa langsung memasukan berkas saya untuk mutasi. Cek fisik ini gratis, tapi kalau anda mau memberikan tips ke petugas, rasanya tidak ada yang keberatan juga kok, 10ribu cukup lah. Sehabis cek fisik, bawa berkas hasil cek fisik ( plus STNK asli, fotocopy STNK dan fotocopy KTP) ke loket di area cek fisik dan tunggu sampai selesai di legalisir. Prosesnya tidak lama, sekitar 15-20 menit.
  3. Setelah berkas dikembalikan, saya fotocopy hasil cek fisik tersebut dan saya menuju ke loket mutasi di gedung Biru (Ditlantas) lantai 2 untuk meminta form mutasi keluar daerah. Ada petugas ( biasanya polisi) yang akan meminta berkas legalisir cek fisik beserta STNK asli, fotocopy KTP dan fotocopy BPKB. Susun semua form tersebut dengan rapi, kalau perlu di staples, agar berkas tidak tercecer. Sesudah itu petugas memberikan form yang harus saya isi, jangan malu untuk bertanya jika ada yang tidak anda pahami. Sesudah mengisi form, berikan form tersebut ke petugas yang akan memeriksa. setelah ok semuanya, saya menuju ke loket BRI di lantai 1 untuk membayar pendaftaran mutasi, biayanya Rp 75.000.
  4. Satukan semua berkas plus bukti pembayaran ke BRI, terus masukan ke loket mutasi. Tunggu sampai nama saya dipanggil petugas loket dan saya diberikan secarik kertas untuk pengambilan berkas mutasi. Pengambilan berkas diambil setelah 5 hari kerja.
  5. Hari pertama selesai, total waktu yang saya butuhkan 2 jam. Total biaya yang dikeluarkan Rp 85.000 ( Tips cek fisik dan bayar form mutasi ke BRI)

Hari ke 2, 22 Agustus 2015, Samsat Polda Metro Jaya.

  1. Dokumen yang disiapkan adalah kertas buat pengambilan berkas.
  2. Naik ke lantai 2 gedung Ditlantas dan menuju loket mutasi, serahkan kertas pengambilan berkas ke petugas loket lalu tunggu sebentar. Setelah dipanggil, ambil berkasnya terus bawa ke lantai 3 untuk mengurus fiskal. Lama proses fiskal ini sekitar 10-15 menit, tergantung banyaknya antrian. Sangat disarankan untuk datang sepagi mungkin.
  3. Urusan fiskal beres, langsung ke bagian arsip di basement. Tunggu 10 menit selesai.
  4. Urusan di Polda beres untuk masalah STNK. Total waktu 1 jam, total biaya Rp 0.

Hari ke 2, 22 Agustus 2015, Samsat Balaraja.

  1. Keluar dari Samsat Polda, saya langsung ke Samsat Balaraja. Lewat tol dalam kota, sambung tol Jakarta-Tangerang, sambung tol Tangerang – Merak. Keluar di exit Balaraja Timur. Lama perjalanan 50 menit, Samsat Balaraja terletak tidak terlalu jauh dari exit tol.
  2. Sampai di kantor Samsat Balaraja langsung ke bagian belakang untuk parkir mobil dan cek fisik. Serahkan semua berkas yang kita dapat dari bagian Arsip di Polda sebelumnya ke loket cek fisik. Tunggu sekitar 10 menit saja nama saya langsung dipanggil, kemudian bawa berkasnya ke loket mutasi kendaraan di gedung bagian depan. Loketnya paling pojok.
  3. Setelah memasukan berkas ke loket mutasi, petugas akan cek dan memberikan formulir untuk diisi. Jangan lupa bawa bolpen sendiri. 10 menit setelah saya menyerahkan formulir, saya diberikan secarik kertas untuk pengambilan STNK baru  (disatukan dengan BPKB lama)
  4. STNK bisa diambil 3 hari kemudian. Total waktu 1 jam, total biaya Rp 0.

Hari ke 3, 25 Agustus 2015, Samsat Balaraja.

  1. Jam 08.00 pagi sudah sampai di Samsat Balaraja. Menuju ke loket 3 untuk menyerahkan kertas pengambilan. Setelah itu menunggu di loket pembayaran STNK untuk pembayaran pajak STNK. Prosesnya sebentar, hanya 15 menit. Setelah bayar dan mendapatkan STNK baru, menuju ke belakang gedung untuk pengambilan plat nomor baru. Nomornya baru.
  2. Serahkan STNK ke petugas loket dan tunggu nama kita dipanggil. 15 menit saja sudah beres, saya diberi plat nomor baru yang catnya masih baru:)
  3. Urusan di Samsat Balaraja sudah selesai. Total waktu 1 jam, total biaya (pajak) Rp 1.408.000.

Hari ke 4, 29 Agustus 2015, Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya.

  1. Dokumen yang dibawa : Fotokopi STNK baru, Fotokopi BPKB, Fotokopi KTP, BPKB Asli dan fotokopi legalisir cek fisik.
  2. Mengantri di pintu masuk untuk ambil nomer antrian. Semua berkas akan dicek disini, setelah semua ok baru kita akan diberikan nomer antrian. Sebaiknya datang pagian karena antrian perubahan BPKB ini panjang sekali. Saya datang pukul 9 pagi dan sudah ada 300 nomer antrian sebelum saya. Pengambilan nomer antrian ditutup pukul 10 pagi. Nomer antrian ini sangat penting, jadi simpanlah baik-baik.
  3. Disebelah kiri pintu masuk ada petugas dengan mesin cetak besar, berikan berkas kita ke petugas tersebut. Petugas tersebut kemudian akan scan BPKB kita untuk kemudian akan ada formulir pengurusan BPKB yang akan tercetak secara otomatis. Satukan formulir tersebut dengan semua berkas kita, serahkan ke petugas loket. Dan kemudian tunggu sampai nomer antrian kita dipanggil.
  4. Karena saya hanya pindah Samsat, saya tidak dikenakan biaya apapun.
  5. Setelah nomer antrian dipanggil, berikan semua berkas ke petugas loket. Kemudian dia akan memberikan kita secarik kertas untuk pengambilan BPKB yang sudah direvisi. Di kertas itu sudah tercetak tanggal berapa kita bisa mengambil BPKB. Informasi yang saya dapat adalah jika hanya pindah alamat, BPKB tidak dicetak ulang lagi.
  6. Hari ke 4 selesai. Total waktu 2 jam, total biaya Rp 0.

Hari ke 5, 13 September 2015, Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya.

  1. Untuk pengambilan BPKB yang sudah diperbarui, dokumen yang harus dibawa adalah kertas pengambilan BKPB yang sudah dberikan sebelumnya, fotokopi KTP dan fotokopi STNK. Satukan ketiganya dan taruh di loket nomer 3. Tunggu nama anda dipanggil.
  2. Hari ke 5 selesai, total waktu 1 jam, total biaya Rp 0.

Proses mutasi STNK dan BPKB ini sebetulnya mudah dan murah. Hanya saja kebanyakan dari kita sudah merasa malas dan enggan duluan. Dalam proses pengurusan ini, beberapa kali saya melihat para manula masih mengurus sendiri surat-suratnya. Hebat sekali, anda jangan kalah dong:)

 

 

133 thoughts on “Pengalaman mengurus sendiri mutasi STNK dan BPKB.”

  1. Pa tlng penjelasannya. Sya mau mutasi mtr dri jkt ketangerang kota pjk mati 2010 .pjknya kena 260 rbu klo denda kena brapa duit setahun kiraa habis berapa semua. Ama biro jasa di pinta 3.5jta

  2. Very nice, tulisan tersebut saya jadikan rujukan untuk mengurus sendiri mutasi kendaraan dari ciputat ke depok. Alurnya pengurusan dan loket yang ditujua sama, hanya ada perbedaan di biaya resmi dan tidak resmi. Hari ini baru selesai STNK yang baru di Depok, perbandingan biayanya seperti dibawah ini, sayangnya saya tidak mempost tabel, jadi bentuknya seperti terlihat dibawah ini, kalau dengan tabel terlihat jelas, mana samsat yang menarik pungutuan tidak resmi dan mana yang tidak.
    Sebenarnya ada loket pengaduan, tapi karena waktu yang mepet gak sempet lapor, lagian loket pengaduan bukanya bagian dari mereka/samsat ?

    PERBANDINGAN PENGURUSAN MUTASI KENDARAAN
    ANTAR SAMSAT
    DI
    JABODETABEK

    SAMSAT CIPUTAT – TANGSEL SAMSAT DEPOK SAMSAT
    POLDA METRO JAYA

    SAMSAT CIPUTAT TANGSEL

    1. Loket Cek Phisik
    – Biaya resmi = Rp.0
    – Biaya tidak resmi = Rp. 30.000

    2. Loket Mutasi (untuk pendaftaran mutasi keluar)
    – Biaya Resmi = Rp.75.000,-
    – Biaya Tidak Resmi = 0

    3. Loket Fiskal
    – Biaya Resmi = 0
    – Biaya Tidak Resmi = Rp. 35.000

    SAMSAT DEPOK

    1. Loket Cek Phisik
    – Biaya resmi = Rp.0
    – Biaya tidak resmi = Rp. 30.000

    2. Loket Mutasi (untuk pendaftaran mutasi masuk )
    – Biaya Resmi = Rp.0
    – Biaya Tidak Resmi = Rp.80.000,-

    3. Loket Fiskal
    – Biaya Resmi = 0
    – Biaya Tidak Resmi = Rp. 35.000

    4. Loket Plat Nomer
    – Biaya Resmi = Rp.0
    – Biaya Tidak Resmi = Seiklhasnya (Rp.5.000 )

    SAMSAT POLDA METRO JAYA ( DISARIKAN DARI P. AGUS)

    1. Loket Cek Phisik
    – Biaya resmi = Rp.0
    – Biaya tidak resmi = Rp. 0

    2. Loket Mutasi (untuk pendaftaran mutasi keluar)
    – Biaya Resmi = Rp.75.000,-
    – Biaya Tidak Resmi = 0

    3. Loket Fiskal
    – Biaya Resmi = 0
    – Biaya Tidak Resmi = Rp. 35.000

    Catatan :
    – Biaya Tidak Resmi = Tidak diberikan tanda terima, tidak ada rujukan PERDA/PP mengenai pungutuan tersebut.

    1. Pak saya kok di loket mutasi keluar nya kena 300rb.apa emang segitu saya mutasi dari jakarta ke bngkulu.pdhl semua pajak udah kelar dokumen udah kelar.

  3. Pagi pak agus,
    Mau tanya ini..bulan november depan, pajak 5 tahun motor saya sudah habis dan harus ganti plat nomer. Sedangkan motor saya Plat Jogja dan posisi di Tangerang. Bisakah untuk gesek no.mesin dan rangka di Samsat dekat ITC BSD. Sehingga nti untuk perpanjangan hanya kirim dokumen STNK, BPKB, KTP dari sini ke Jogja. Mohon penjelasannya, terima kasih

      1. itu nti saya boleh cuma minta kertas geseknya saja,trs nti sy gesek sendiri atau harus cek fisik disitu?syarat syaratnya apa saja y,soalnya itu motor bpkb atas nama adikku yg di Yogyakarta. Terima kasih

        1. Ternyata cek fisik bantuan prosesnya cepat dan mudah di Samsat ITC BSD. Datang dengan fotocopy STNK dan KTP,ambil kertas gesek + formulir,antri gesek..setelah digesek balik lagi ke loket untuk minta pengesahan. Selesai…No Tipping,gratis.

          1. Halo pak agus, mohon bantu dijawab ya pak..
            Sy pny motor plat bali, sim saya juga sim bali,
            Tp skrg domisili saya di ciputat dan sy mau ganti plat B, gimana caranya ya pak? Apa bs urus di samsat ciputat atau samsat bsd atau gimana?
            Terima kasih

  4. Pak, saya mau tanya.
    Kwitansi jual beli itu pakai kwitansi biasa ya?
    Hanya ditambahkan materai 6000 kan pak?
    Atau ada format tersendiri untuk tersebut?

    Terima kasih pak

  5. mohon infonya pak..
    stnk motor saya hilang masih kredit td saya udah coba ngurus ke samsat cinere depok.katanya harus legalisir fc bpkb ke polda. harus ke polda ya pak ga bisa di polres???
    trims

  6. Informasi yg sangat membantu, trima kasih pak Agus. Berbekal informasi dr web ini, sy memutuskan urus sendiri mutasi kendaraan dr Jakbar ke Tangsel.

    Hari pertama, 14 Juli 2016, ke Samsat Daan Mogot, cek fisik (biaya 20 rb), ambil formulir, serahkan formulir & berkas pendukung ke lt 3 (loket mutasi keluar), lalu ke lt 4 loket TU Polri, balik lagi lt 3 (loket mutasi) lalu serahkan berkas (biaya 80 rb) dan dikasih tanda terima. Total waktu pengurusan hr itu 2 jam

    Hari kedua, 19 Juli 2016, balik ke Samsat Daan Mogot, serahkan tanda terima di loket mutasi lt 3, lalu petugas serahkan berkas, lanjut ke lt 5 utk urus fiskal. Urusan fiskal selesai lalu ke ambil arsip di bagian arsip (biaya 10 rb). Total waktu pengurusan 2 jam

    Hari ketiga, 20 Juli 2016, menuju Samsat Ciputat, legalisir cek fisik, lalu ambil formulir di lantai dasar, lanjut ke lantai 1, serahkan berkas ke loket mutasi, berkas diterima (biaya 80 rb), diberikan tanda terima dan diminta balik esok hari. Total waktu pengurusan 1 jam.

    Hari keempat, 21 Juli 2016, Samsat Ciputat, serahkan tanda terima ke loket mutasi, lalu petugas minta kita tunggu panggilan. Kemudian dipanggil oleh bagian notice, diminta cek apakah data sudah betul. Selanjutnya dipanggil untuk bayar pajak STNK, setelah bayar, menunggu sebentar lalu dipanggil untuk penyerahan STNK baru. Setelah terima STNK lanjut ke bagian TNKB, hy menunggu sebentar nomer plat baru jadi. Total waktu pengurusan 1 jam.

    Proses saya baru sampai disini, masih harus lanjut dengan perbaikan BPKB, mungkin di lain kesempatan akan sy share, tp harus diakui mengurus sendiri menghemat biaya sih.

  7. Saat ini saya sedang urus mutasi di sendiri di depok ke jakarta Barat.adapun biaya yang timbul sejauh ini gesek 5000(mestina gratis.krelaan). Loket Verifikasi cek fisik admin 30.000.(tnpa kuitansi).loket mutasi luar daerah 200.000(tanpa kuitansi).yg ini resminya berapa yah?.sekarang tunggu satu jam utk fiskal di loket 7..

    1. Saya lanjut nih cerita nya tentang mengurus sendiri mutasi
      1. Loket 7 menunggu 1 jam setengah baru keluar hasilnya dan kita harus banyak bertanya ke loket (karena di janjikan 1 jam setelah memasukan berkas). petugas loket menyebut angka 20.000
      2. Lanjut ke Arsip dengan membawa berkas dari Loket Fiskal. Masukan berkas di tolak karena gak perlu berkas tersebut .tapi langsung di panggil namanya bila berkas sudah masuk. saat itu Petugas Loket bilang data belum masuk. Saya tunggu dari jam 10 lewat hingga 11.30 tidak ada panggilan.akhirnya berani bertanya ke petugas ternyata .berkas terselip.di minta tunggu lagi.tidak terasa azan zuhur berkumandang (hawatir kepotong istirahat)
      benar saja petugas hendak istirahat namun saya sempat meminta .dan akhirnya di temukan berkas saya Namun ada yang kurang belum ada stempel TU dan TTD Petugas TU(OOW)..Lari ke Loket TU dan benar sudah Tutup untuk istirahat. Akhirnya Menunggu Kembali Loket TU buka setelah istirahat. Sebelum jam 13.00 sudah Standby depan Loket .saat loket buka langsung masukan dan katakan saya dari Arsip minta TTD.tunggu 15 menit nama di panggil dan tidak ada biaya.selesai sudah cabut berkas di samsat Depok dengan Rincian Biaya
      sbb
      Gesek 5.000
      ADM Loket Cek Fisik 30.000
      Loket Mutasi Keluar Daerah 200.000
      FIskal 20.000
      TOTAL 255.000
      Parkir 2000 (heheh)

      1. Hari ke 2 samsat jakbar daanmogot
        Loket 1 legalisir cek fisik dr depok tidak usah cek fisik ulang.biaya 20.000
        Fc fiskal, fc cek fisik legalisir ,fc bpkb.bawa ke lt 4 pendaftaran stnk.isi form permohonan stnk bayar 60.000 .bawa ke lt 1 loket khusus .bawa kembali ke lt 4.dapat kertas pengambilan hari rabu 27/07/2016..total biaya 87000. Termasuk fc dan parkir.waktu 2 jam

  8. Dear Pak Agus,

    mohon maaf saya mau bertanya. saya mau Mutasi STNK dan BPKB saya dari Depok ke Tangerang.
    Apakah Cek Fisik dan cabut berkasnya bisa di lakukan di Komdak semua ?
    Demikian hal saya ingin tanyakan. Terima kasih sebelumnya

  9. Assalamualaiku, mohon info pak, jika stnk kota tangerang mesti di samsat cikokol, atau bisa bayar pajak di samsat ciputat, soalnya domisili ane lebih deket ke ciputat, mksih sebelumnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *