Pengalaman dengan MyRepublic.

ss

Setelah 25 purnama bertempat tinggal di BSD, akhirnya tanggal 7 Agustus 2015 kemarin terpasang juga akses internet di rumah. Selama 23 bulan ke belakang saya hanya mengandalkan provider GSM dan CDMA untuk akses internet yang haru biru kisahnya bisa dibaca disini.

ISP yang saya gunakan adalah MyRepublic. Ada beberapa alasan kenapa saya memutuskan untuk berlangganan MyRepublic:

  1. Kami sekeluarga membutuhkan internet tanpa bagus kuota dengan kualitas yang bagus.
  2. MyRepublic adalah satu-satunya ISP berbasis kabel optik FTTH ( Fiber To The Home) yang tersedia di komplek perumahan saya. Secara teori kabel optik ini bisa menghantarkan kecepatan hingga 1 Gbps, jauh lebih cepat dibandingkan dengan kabel tembaga biasa (coax)
  3. Harga yang ditawarkan sangat menarik, bahkan jika dibandingkan dengan penyedia FTTH lainnya seperti First Media atau MNC Play. Biaya bulanan untuk akses internet (up to) 100 Mbps yang saya pilih di MyRepublic adalah Rp 299,000, jauh lebih murah jika dibandingkan dengan First Media atau MNC Play yang mencapai dua jutaan lebih.

Ini baru hari ketiga saya berlangganan, belum banyak pengalaman dengan MyRepublic yang bisa saya tulis, hanya ada beberapa tips yang bisa saya bagikan sekarang ini:

  • Jangan berharap bahwa kecepatan internet yang kita dapat akan sesuai dengan brosur. Jadi jika misalnya anda berlangganan paket internet 100Mbps, jangan berharap kecepatan yang anda dapat akan 100Mbps juga. Banyak sekali faktor yang akan mempengaruhi kecepatan akses anda seperti router yang anda gunakan, banyaknya perangkat yang terhubung dengan internet di rumah anda, usia laptop/tablet atau hape anda juga mempengaruhi kecepatan akses internet yang anda terima.
  • Kecepatan internet maksimal jika anda menggunakannya sebagai Wifi juga akan berbeda dengan jika anda menyambungkan langsung kabel dari Router ke laptop anda. Dua gambar dibawah ini akan menunjukan perbandingannya. Gambar pertama adalah kecepatan jika menggunakan Wifi, sedangkan gambar kedua adalah jika digunakan langsung dari router ke laptop, lumayan kan bedanya?:) wifi                                                                                                                                          direct

Sementara baru ini yang bisa saya bagikan, postingan ini akan saya perbarui jika ada lagi informasi menarik lainnya, semoga hanya kabar baik yang akan saya bagikan nantinya:)

Anda punya pengalaman berinternet dengan MyRepublic?

Update ( 1 September 2015)

  • Internetnya belum ada masalah sejauh ini, TV nya yang bermasalah. Ada 1 channel ( Star World HD, channel 81) yang blank dari awal pemasangan sampai sekarang ( 3 minggu) Sudah 2 kali teknisi datang ke rumah, belum ada solusinya. Teknisi bilang bukan saya saja yang mengalami hal seperti ini, dan sudah banyak keluhan juga mengenai TV My Republic ini.

Update  ( 15 Oktober 2015)

  • Saya memutuskan untuk berhenti berlangganan TV MyRepublic. Terlalu sering gangguan.

Update ( 25 Oktober 2015)

  • Sejak kemarin koneksi internet di rumah saya terputus. Sepertinya ada masalah dengan IP atau DNS. Internet tetangga saya semuanya lancar-lancar saja. Sudah telpon 2 kali ke CS Myrepublic, sudah dijadwalkan teknisi untuk cek ke rumah. Semoga ga kelamaan deh.

Update (17 Desember 2016)

  • Mulai Januari 2017 akan ada biaya berlangganan Router Fibernya, Rp 30,000 sebulan. Tidak terlalu mahal, cuman sedikit menyebalkan.

Update ( 30 April 2017)

  • Per Mei 2017 harga paket naik Rp 30.000 untuk pelanggan lama, kompensasinya adalah speed internet dinaikan jadi 2 kali lipat. Untuk saya, dari 100 Mbps menjadi 200 Mbps.

Update (6 April 2020)

  • Sudah 5 tahun berlangganan MyRepublic di BSD sini. Still awesome. Jarang gangguan dan speed sangat terjaga.

487 Comments

Masalah yang sudah 2 kali muncul, gak dapet IP, jadi modem harus di set ulang ama teknisi. Slowing down pernah juga beberapa kali, tapi masih bisa ditoleransi:)

Solusi yang slowing down dibiarin aja atau harus kasih info ke CS pak?

Soalnya beberapa hari terakhir kecepatan download/upload turun drastis dibanding hari pertama padahal belum lama pasang.

Sama kira2 tau ngga pak, batas normal power Rx/Tx optical power dari modem? Yang saya Rx-nya -15.81dBm

Sama kira2 tau ngga pak, batas normal power Rx/Tx optical power dari modem? Yang saya Rx-nya -15.81dBm
Yang ini saya ga tahu pak, gak pernah merasa perlu untuk ngukur juga soalnya:)

Masalah slowing down saya biarkan saja, asal masih bisa nonton youtube in HD resolution, saya gak mau ribet komplen ke CS, buang pulsa, energi dan waktu pak:)

Kalau mau speed lebih stabil, mungkin bisa langsung colokin kabel LAN pak, jadi gak pake WIFI:)

Maaf dari ilmu sy yg masih cupu..hahaha, jika itu via GPON batas toleransi redaman toleransi normalnya pada Total Attenuation sekitar 13 dB s/d 28 dB, (bukan Rx dan Txnya ya), melainkan pada ATT atau Attenuation dengan jarak ke arah OLTnya (OLT ini biasanya lokasinya di perangkat akses pada pihak ISPnya) dengan kisaran tidak lebih dari 20km dari modem wifi routernya (pelanggan). Mungkin dari bapak-bapak dan ibu-ibu ada masukan ilmu kami sangat senang…

Permisi mau numpang tanya apakah ada yang tahu no cs my republic di surabaya? Sudah 1 minggu ini internet diperumahan saya mati total, no telpon orang orang yg dulu pasang di rumah saya sudah tidak ada yg bisa dihubungi. Sedangkan dirumah saya jika masuk kamar saja hp tidak bisa digunakan untuk wa bbm dan internet lainnya jika tidak ada wifi. Terima kasih banyak sebelumnya

Di surabaya ngga ada sis,cs semua dari pusat.
cabang terdekat ada di buduran sidoarjo, tapi tidak bisa terima telepon dari luar.

Stabil sih jarang putus 70 80 % dari up to. Selama modem tidak diganggu. Pengalaman saya kakak saya sering mencabut dan menonaktifkan modem router MR. Selalu saja diawal hidup modem bermasalah. Internet tidak tersambung. Ini terjadi hanya pada saat modem router dimatikan. Kecepatan 70-80 % dari up to, jika perangkat dan software memadai. Ping 16ms ke server indonesia. Game online lancar, download lancar, Idm lancar, (masalah timbul karena perlakuan kita terhadap modem) biasanya jika kabel tertarik dll.

Dear gan Agus dan agan lainnya.

Saya Haris bagian marketing MR area Tangerang dan sekitarnya.
Memang saya akui untuk pelayanan teknisnya belum 100% baik dikarenakan, team teknisi maupun installasi masih dipegang oleh vendor, namun dalam waktu dekat ini akan ada perubahan manajemen yang dimana seluruh pelayanan teknis tsb akan dipegang langsung oleh pihak kami (MR), jadi mohon maaf apabila banyak keluhan untuk mengenai hal ini.
Tidak lupa saya menginfokan, bahwa cepatNet per tanggal 10 Desember 2015 ini akan putus secara keseluruhan dan di alihkan ke MyRepublik, jika agan sekalian ingin beralih ke MR, saya bisa membantu menanganinya untuk menghindari antrian dikantor MR tsb.

Infokan saja jika ingin saya percepat perubahan ke MR bisa melalui WhatsApp di 087771110666 (Haris)

Terimakasih.

Cepatnet emnf parah bgt di bsd. Ini kita udah 1minggu semua channel tv hilang semua.

Kepikiran utk pasang firstmedia.. mrk baru aja masuk bsd bulan ini. Kira2 bagus ga yah firstmedia di bsd?

Saya juga sudah berhenti langganan TV nya MyRepublic, terlalu sering gangguan soalnya.

Masalah kualitas FirstMedia saya gak tahu bu, belum pernah pakai, dan baru tahu juga kalau FM akan masuk ke BSD. Mungkin kawasan BSD lama ya.

iya pak, saya juga tinggal di bsd, dan saya pake first media,
saya sudah 2 bulan pakai first media, internet stabil pak,,
trs kemaren ada gangguan, saya call Cs dr first media langsung di tangani,
nih pak kontak petugas first media nya klo bpk mau pasang 089665584426

iya tuh first media emang ga ada ngalahin tuh kualitasnya bagus dan pelayanan service dan teknisinya memuaskan

Tidak juga gan, ane tinggal di wilayah Serpong dan berlangganan first media. Internet sering trouble hampir setiap bulan terutama di akhir pekan. Di akun twitter first media care juga banyak orang2 yang protes karena masalah yang sama. Dan seringnya jika ada trouble, customer service malah susah sekali dihubungi.

Saya baru sebulan pakai myrepublic, lalu jaringan terputus krn telat bayar. Stlh dibayar ke virtual account, masih belum nyala juga. Tidak ada nomor yg bisa dihubungi. Bgmn solusinya? Saya di daerah cinere

Saya bru berlangganan MR sejak 15 nov 2015. Saya bayar tagihan bulan des sejak tgl 13 s/d 15 des di indomaret selalu tidak bisa. Saya putuskan bayar melalu pihak sales pada tanggal 15 Desember 2015. Sejak 17 des Sampe dengan tgl 21 des saya mendapatkan sms jatuh tempo . Krn saya pikir sudah bayar saya hiraukan. Saya bru dpt info detik ini pas ngeluh ke 1500818 masalah internet no conn. Tagihan saya baru dibayarkan tgl 23 Desember. Bagaimana jika anda pelanggan menjadi saya? Internet suka slowly down n now uang yg kita bayar tidak lgs dibayarkan? Mohon respon dri pihak MR. SAYA SUNGGUH AMAT KECEWA.

Situ percaya aja. Buat ngopi dulu paling om. Lagian tanggalnya tanggal segitu. Tanggal 15 adalah bokek menuju kere, 15 – 20 tanggal kere, 20-25 tanggal hutang piutang, tanggal 25-30 tanggal harapan wokwokwok

Saya pelanggan migrasi Cepat Net ke MR tinggal di Simplicity, sangat kecewa dgn pelayanan MR. Parah. Teknisi tidak datang sesuai janji berkali-kali tanpa kabar, saya selalu harus yang inisiatif telepon ke CS nya yang tidak memberikan solusi hanya minta maaf mulu. Migrasi belum dilakukan, saya uda terima tagihan dan no pelanggan nah loh. Banyak urusan terlantar gara-gara hal ini.
Teknisi mencoba menipu saya harus bayar kabel, padahal kemudian dapat info kabel disediakan gratis oleh pihak MR. Dari sejak 26 Oktober 2015, sampai hari ini 27 November 2015, internet sudah on tapi TV belum dipasang kabel. Teknisi terakhir yang datang bilang dia batal pasang kabel karena takut naik ke atap, lah jalur kabel tersebut sama kok dgn jalur kabel internet yang mereka pasang bbrp hari sebelumnya. Parah. Terakhir saya telepon CS hari ini, dibohongi dengan mengatakan CS yang bertanggung jawab mslh pengaduan saya tidak bertugas hari ini padahal bbrp menit kmdn saya telepon lagi dibilang ada sedang melayani pelanggan lain.
Saya menghimbau agar jangan menggunakan layanan MyRepublic, kecuali Anda ingin membuang waktu dan tenaga berurusan dengan penyedia jasa internet dan TV kabel yang tidak professional alias abal-abal. Mereka kayanya belum siap, tapi memaksakan diri. Nyebelin abis.
Ada saran provider apa yg bagusan di daerah sini? Indihome uda bisa apa belom di Icon? uda eneg nih sama MR. Ky nya petisi gak digubris.

Hai, kalau pengalaman saya rada beda sih, beberapa kali komplen pas koneksi bermasalah, biasanya max 2 hari sudah beres:)

Jadi biasanya saya telpon dulu ke CS nya, sampaikan keluhan, trus dapet nomer laporan. Nah biasanya hari itu juga saya ditelpon ama teknisi yang berusaha trouble shooting dari telpon. Kalau hari itu gak bisa juga, biasanya esok harinya saya ke cabang MR yang di komplek ITC BSD, dan sebutin nomer laporan. Tipsnya dateng jam 9 pagi pas mereka baru buka, jadi nomer laporan kita bisa diproses hari itu juga:)

Masalah teknisi, ada 2 jenis teknisi, 1 dari vendor dan 1 dari MR nya langsung. Saya pernah dapet yang dari Vendor, sepertinya kurang OK emang:)

Pemasangan gak bayar harusnya, untuk masalah pasang TV emang kabarnya masih banyak yang tertunda STB nya.

Untuk opsi provider Internet kabel sepertinya MR ini paling ok untuk daerah BSD. Kalau mau yang 4G, bisa pake Telkomsel atau Smartfren, sinyal mereka disini kenceng kok:)

Indihome? Kayanya banyak masalah juga, bisa dibaca salah satunya disini : http://fikrirasyid.com/satu-minggu-lebih-dan-masih-berjalan-indihome-mati/

sama gan saya juga senasib seperti anda, sampai hari ini pun tidak ada tanggapan sama sekali, tapi permasalahan saya berbeda, kabel optik saya putus dan saya sudah konfirmasi ke CS tetapi tidak ada kelanjutan sama sekali. PARAH banget si MR dan susah banget buat telp hotline nya, bisa bisa cuma akses by Chat aja di website nya.

Salam
Perkenalkan nama saya Rumanap Sihombing
Saya tinggal di Sektor 1.1 bsd city. Sejauh ini My Republic cukup bagus sudah 40 hari. Masalah saya sekarang : android saya tidak bisa conect ke wifi karena lupa sandi nya. Selama ini sdh otomatis.
Kalau ada teman yang bisa kasi solusi, karena menghubungi My Republic sangat susah.
Terimakasih

Kalau ke laptop/pc Wifinya connect kan? Kalau iya bisa lihat password nya di PC/Laptop itu, samain aja passwordnya. Kanan bawah biasanya:)

Reser modem tekan lama pakai bulpoin saat terhubung listrik. Kemudian akan muncul SSID kamu. Password defaultnya 12345678 atau 1234567 nah untuk mengganti password kamu perlu masuk ke router tersebut dengan alamat router defaultnya 192.168.1.1 gunakan. User admin dan password admin. Otak atiklah dimana kamu bisa ganti password untuk wirelessnya. Hehe

Saya korban My Republic,
Saya sudah beberap minggu tidak bisa menikmati hak yg sudah saya bayarkan ke My republic, tapi sampai sekarang keluhan tidak kunjung diperbaiki, hanya tar sok tar sok, sebaiknya pikir pikir ulang untuk berlangganan my republic

Saya juga sekitar 2 bulan yang lalu mulai berlangganan myrepublic. Akhir bulan ke 2 perumahan saya ada yang kena kebakaran, sepertinya juga ‘merusak’ panel milik myrepublic karena tepat ada di depan rumah yang terbakar. Di router wifi LOS nya berkedip merah, bahkan tdk bisa menyambung ke gagdet sama sekali

Saya sudah laporan berulang” sampai capek karena pulsa habis terus, tapi sudah hampir minggu ke 4 ini masih rusak juga.
5 hari setelah kerusakan saya melihat adanya “perbaikan” pada kabel” yang meleleh, tapi ga ada perubahan. Bahkan panel milik myrep (yang ada di tiang” listrik) tutupnya DIBIARKAN TERBUKA LEBAR, kayak nggak diurus.
Saya kirim email ga dibalas, cuma auto reply.

3 hari lalu saya mulai emosi juga lalu marah” lewat PM di FB ke myrepublic. Lalu selang 1-2 jam saya ditelepon, tapi jawabnya klise banget, tapi okelah udah ada ‘tanggapan’. Berkhasiat juga omelan saya.

Yah tapi nyatanya sampai detik ini internet masih rusak 🙂 saya nyoba nunggu sampai awal desember deh, kalau masih diabaikan juga mau langsung putus layanan aja.

Kalau ibu didaerah BSD, Serpong, samperin aja langsung ke cabangnya bu, lumayan cepet responnya setelah diomelin:)

Masalahnya kantor Myrep jauh banget dari surabaya, adanya di sidoarjo :”) akhirnya seminggu lalu saya telepon untuk pemutusan. Udah menduga sih bakalan dibilang harus bayar 500 ribu, dan saya bilang dulu salesnya janjiin ga ada bayar apapun kalau mau putus layanan. Saya disarankan kirim email untuk minta pembebasan biaya itu.

Lalu saya tanya apa kabar keluhan saya. Pas dicek ternyata ada masalah dengan ijin TNI (di dekat komplek saya memang ada semacam markas TNInya) dan SAMA SEKALI TIDAK BISA DIPERKIRAKAN KAPAN BISA DIPERBAIKI.
Jarang banget lho saya bisa neriakin orang biar udah dikata marah banget. CS nya kayak gugup/takut? denger saya ngancem ga akan bayar 500k itu dan minta proses pemutusan layanan segera. Itupun udah seminggu ga ada tanggapan lebih lanjut.

Sekarang saya lagi pusing nyari provider yang bagus. Tetangga saya kayaknya pakai firstmedia, tapi saya ada kirim data ke sales indihome (dimana saya udah ceritakan kondisi saya, ga bisa pasang selama pihak my rep nggak ngambil barang barangny, kan malesin banget harus koleksi router wifi hahahaa)

Yah mudah mudahan dikasih pencerajan saya nya

Lucu juga ya, apa hubungannya ama TNI? Atau mungkin karena prosesnya ganti kabel/terminal jadi harus bongkar-bongkar kali ya?

Berdasar pengalaman saya, ISP apapun selalu ada masalahnya dan semakin gede ISP biasanya makin lama juga benerin kalau ada yg rusak.

Yang paling stabil biasanya yg berdasar GSM/ 4G, misalnya dari Telkomsel atau Smartfren, cuman ya harganya gak kuat:)

Iya mereka bilang harus bongkar” lagi sampai ke tanah, tapi belum dapat ijin dari pengelola perumahan sini.

Saya sih awalnya mau ganti Indihome. Tapi begitu tau ternyata promo mereka cuma sampai Desember ini (harga normal diatas 300k per bulan) saya langsung cancel.
MyRep sudah menelpon saya lagi untuk confirm pemutusan, tapi setelah bicara lumayan lama saya memutuskan mau stay aja deh, yang penting selama internet masih off saya ga bayar apapun.

Sampai dengan ini sudah lebih 2 bulan internet Myrepublic saya mati. Entah sebenernya mereka niat apa nggak ngasih layanan disini saya bingung, mungkin karena cuma saya pelanggan Myrepublic di perumahan? Padahal panel Innovate nya ada nampang dimana mana di setiap tiang listrik perumahan sini.

btw itu yg berkasus cuman 1 rumah aja? Kalau kabel kebakar harusnya ngefek ke beberapa pelanggan kan?

Seharusnya iya. Tapi berhubung saya tidak banyak ada komunikasi sama tetangga” jadi saya nggak tau ada pelanggan myrep/innovate selain saya di perumahan. Tetangga sebelah pakai firstmedia malahan.

selamat pagi pak,

bagaimana kabar internet di rumah pak? saya pelanggan lama innovate di BSD yang belum migrasi ke MR. rencana mau pindah ke paket internet MR mulai bulan depan. maksudnya sekalian konfirmasi apa akhir2 ini layanan semakin membaik.

selain itu tanya sedikit pengalaman tentang merk dan tipe wifi router yang terpasang di rumah bapak itu bawaan dari MR atau punya sendiri? terus perangkat set top box tidak akan dipasang ya kalau tidak berlangganan TV kabel karena pada saat penututupan layanan rasanya diminta untuk mengembalikan semua perangkat yang terpasang.

Internet MR sejauh ini ok pak, walaupun gak 100% mulus, tapi lumayan kok:)

Wifi router standar bawaan MR, tapi kita bisa upgrade juga kok, bisa beli lewat mereka atau beli di luaran. Kalau lewat mereka biasanya Asus, dan mereka subsidi 500rb sih, gak tau juga masih berlaku atau gak:)

Same like me.. Situ kebanyakan jakarta msh bisa komplain gampang, kita di Surabaya sudah 1 minggu gaada cs yang angkat apalagi salesnya.. Sepertinya customer supportnya ngga diperbaiki atau gimana? Jd ngeri mau ngelanjutinnya. Lucunya hanya masang kabel optik inetnya kemudian masang TV nya belum entah sampai kapan baru dipasang.. Berhenti aja deh… Mau komplain aja susah padahal msh gratis.. Apalagi udah bayar.. Malah ribet ntar

coba samperin ke cabangnya aja pak, kalau perbaikan biasanya dari cabang soalnya. Masalah TV belum kepasang juga ada kejadiannya di BSD sini, abis kayaknya Set Top Box nya:)

Saya sendiri udah putusin TV nya, banyak gangguan soalnya:)

Leave a Reply