Pengalaman dengan MyRepublic.

ss

Setelah 25 purnama bertempat tinggal di BSD, akhirnya tanggal 7 Agustus 2015 kemarin terpasang juga akses internet di rumah. Selama 23 bulan ke belakang saya hanya mengandalkan provider GSM dan CDMA untuk akses internet yang haru biru kisahnya bisa dibaca disini.

ISP yang saya gunakan adalah MyRepublic. Ada beberapa alasan kenapa saya memutuskan untuk berlangganan MyRepublic:

  1. Kami sekeluarga membutuhkan internet tanpa bagus kuota dengan kualitas yang bagus.
  2. MyRepublic adalah satu-satunya ISP berbasis kabel optik FTTH ( Fiber To The Home) yang tersedia di komplek perumahan saya. Secara teori kabel optik ini bisa menghantarkan kecepatan hingga 1 Gbps, jauh lebih cepat dibandingkan dengan kabel tembaga biasa (coax)
  3. Harga yang ditawarkan sangat menarik, bahkan jika dibandingkan dengan penyedia FTTH lainnya seperti First Media atau MNC Play. Biaya bulanan untuk akses internet (up to) 100 Mbps yang saya pilih di MyRepublic adalah Rp 299,000, jauh lebih murah jika dibandingkan dengan First Media atau MNC Play yang mencapai dua jutaan lebih.

Ini baru hari ketiga saya berlangganan, belum banyak pengalaman dengan MyRepublic yang bisa saya tulis, hanya ada beberapa tips yang bisa saya bagikan sekarang ini:

  • Jangan berharap bahwa kecepatan internet yang kita dapat akan sesuai dengan brosur. Jadi jika misalnya anda berlangganan paket internet 100Mbps, jangan berharap kecepatan yang anda dapat akan 100Mbps juga. Banyak sekali faktor yang akan mempengaruhi kecepatan akses anda seperti router yang anda gunakan, banyaknya perangkat yang terhubung dengan internet di rumah anda, usia laptop/tablet atau hape anda juga mempengaruhi kecepatan akses internet yang anda terima.
  • Kecepatan internet maksimal jika anda menggunakannya sebagai Wifi juga akan berbeda dengan jika anda menyambungkan langsung kabel dari Router ke laptop anda. Dua gambar dibawah ini akan menunjukan perbandingannya. Gambar pertama adalah kecepatan jika menggunakan Wifi, sedangkan gambar kedua adalah jika digunakan langsung dari router ke laptop, lumayan kan bedanya?:) wifi                                                                                                                                          direct

Sementara baru ini yang bisa saya bagikan, postingan ini akan saya perbarui jika ada lagi informasi menarik lainnya, semoga hanya kabar baik yang akan saya bagikan nantinya:)

Anda punya pengalaman berinternet dengan MyRepublic?

Update ( 1 September 2015)

  • Internetnya belum ada masalah sejauh ini, TV nya yang bermasalah. Ada 1 channel ( Star World HD, channel 81) yang blank dari awal pemasangan sampai sekarang ( 3 minggu) Sudah 2 kali teknisi datang ke rumah, belum ada solusinya. Teknisi bilang bukan saya saja yang mengalami hal seperti ini, dan sudah banyak keluhan juga mengenai TV My Republic ini.

Update  ( 15 Oktober 2015)

  • Saya memutuskan untuk berhenti berlangganan TV MyRepublic. Terlalu sering gangguan.

Update ( 25 Oktober 2015)

  • Sejak kemarin koneksi internet di rumah saya terputus. Sepertinya ada masalah dengan IP atau DNS. Internet tetangga saya semuanya lancar-lancar saja. Sudah telpon 2 kali ke CS Myrepublic, sudah dijadwalkan teknisi untuk cek ke rumah. Semoga ga kelamaan deh.

Update (17 Desember 2016)

  • Mulai Januari 2017 akan ada biaya berlangganan Router Fibernya, Rp 30,000 sebulan. Tidak terlalu mahal, cuman sedikit menyebalkan.

Update ( 30 April 2017)

  • Per Mei 2017 harga paket naik Rp 30.000 untuk pelanggan lama, kompensasinya adalah speed internet dinaikan jadi 2 kali lipat. Untuk saya, dari 100 Mbps menjadi 200 Mbps.

Update (6 April 2020)

  • Sudah 5 tahun berlangganan MyRepublic di BSD sini. Still awesome. Jarang gangguan dan speed sangat terjaga.

487 Comments

Saya berlangganan innovate / myrepublic udah jalan 4 bulan, saya tiggal disurabaya. Provider ini sungguh mengecewakan, tiap bulan pasti bermasalah dan perbaikannya lebih dari 12 jam rata2, CSnya sulit sekali dihubungi. Sungguh2 mengecewakan

Myrepublic paling buruk, saya tinggal di Bekasi dan selama menggunakan mrka y pas berubah jd my republic. Setiap minggu bisa 1-2x diskonek dgn rentang wkt 5-15 jam, bisa dibayangkan kerugian kami? Terhitung dari tgl 16 agustus 2015 smpe tgl 16 sep 2015 gampir tiap minggu diskonek dgn wktu yg lamaaaa sekali. Mau hub cs? Anehnya saya pny tips, sprtinya mrka sudah tahu no2 tlp pelanggan yg lmyn sering komplain dan dipastikan ga diangkat. Tp coba anda tlp dgn no yg berbeda, dijamin diangkat. Saya sudah sering coba dan terbukti!

Hi pak, selama ini belum pernah diskonek lama sih pak. Anyhoo MyRepublic ini kan pake kabel optik, jadi kadang kalau ada satu titik kabel yg putus, perbaikannya bisa rada lama. Kalau di komplek saya, kabel optiknya dipendam lumayan dalem di tanah, jadi rada aman. Dan juga gak banyak proyek cangkulan lainnya di komplek kami, jadi kemungkinan FO putus lebih kecil dibandingkan dengan lokasi yang rentan galian proyek lain:)

Ini sepertinya provider dengan Innovate Media ya pak, pengalaman menggunakan layanan dari provider itu lumayan puas lah, dari hampir 8 bulan langganan ngerasain mati yang bener2 parah baru sekitar 3x klo gak salah.

Pengalaman saya cukup baik dengan Innovate.
Tetapi, setelah saya migrasi dari Innovaye Duoplay (10Mbps + TV kabel) ke MyRepublic NOVA (100Mbps tanpa TV), pengalaman saya sbb:
Tagihan saya jadi double, Seharusnya 299.000 + 29.900 = 328.900
Tapi yg ditagihkan menjadi 550.000 lebih.
Katanya tagihan bulan kemarin belum bayar. Padahal cukup jelas di billing yg dikirim pakai email, sudah terbayar.
Aneh bin ajaib… Apa kalkulatornya rusak yah?
Saya konfirmasi by email. Jawabannya cukup sederhana: ‘yang “tercetak” seperti itu’. Gak ada yg lain.
Saya telpon ke CS-nya: “Maaf, saat ini Cs kami sedang sibuk”.
Hadeh… Pusing pala berbi..

Sama om, itu karena berubah paket ditengah langganan. Ditagihnya bulan berikutmya, saya sempat kaget juga pertama. Tapi bulan berikutnya sesuai paket
Hitungan mereka sperti ini. Langganan 50 ribu pindah ke 125 ribu.
Saya sudah bayar bulan ini 50 ribu dan saya ajukan paket 125 ribu. Nah bulan ini paket 125 ribu sudah bisa saya gunakan. Kan sudah bayar diawal bulan 50 ribu. Nah ternyata yang bulan ini kenaknya paket 125 ribu dikurangi pembayaran awal bulan kita senilai 50 ribu. Jadi 75 ribu ditagihkan dengan bulan berikutnya diawal bulan. Jadi bulan depan bayarnya pasti 200 ribu. Heww

Hanya area jakarta selatan
MNC Play Media fiber optik 100%
Tercepat, Tercanggih, Termewah
Promo bundling Internet & TV kabel
internet unlimeted + TV kabel
kecepatan 10mbps + TV kabel. tagihan perbulan cuma Rp221,295
kecepatan 7mbps + TV kabel. tagihan perbulan cuma Rp194,4255
* list sudah diskond, tagihan perbulan diskond 50% selama promo 6 bulan.
Representatif promotion Jakarta Selatan

Slamet riadi 0856 6435 5496

Kelebihan promo kami :
#DISKON 5O%
( 6 Bulan, Tergantung Paket )
# Free Instalasi
# Free Upgrade Speed
(Contoh : paket pelanggan 10mbps mendapat 15mbps selama 6 Bulan )
# Free Kabel LAN 15 meter
# Open All Channel ( 6 Bulan )
Melayani Khusus AREA Jakarta Selatan.
KABAR GEMBIRA …
Untuk Anda Yang Sedang Mencari Internet Yang Benar-Benar Cepat & Murah.
dan juga untuk anda yang sudah
berlangganan internet & TV kabel lainnya,
BUKA LAGI MATA ANDA.
karena HEMAT itu pilihan, bila bisa hemat kenapa tidak?
Kelebihan MNC Play :
# Internet Tercepat di indonesia, Pertama di indonesia kecepatan up to 200 Mbps
# Download & Upload sama cepatnya,
Simetris ( 1 : 1 )/optimal sama antara uploud_download, ( recommend for online gaming, Web maintanc )
# Fiber Optik To The Home
kabel Fiber Optik 100% Sampai Modem di Dalam Rumah (menghantarkan sinyal dengan kecepatan cahaya, 100%)
# Pure Unlimited
( Tanpa Kuota, Tanpa Syarat , Tanpa Biaya Bengkak)
# Interactive Cable TV
# 130+ Channel HD ready
# TV On Demand
( Bisa menonton mundur channel 7 hari ke belakang )
# Time Shift TV
( Fitur pause, play dan rewind di semua
saluran )
# OTT multiscreen
(Menonton di mana saja dengan
Smartphone / Tablet Berbasis Android)
# Android STB
Mohon di info untuk survei jaringan coverage lokasi pemasanga
Foto KTP :
Alamat Pemasangan :
Bangunan : Rumah pribadi/sewa, Ruko, kantor
2 no Hp/Tlp :
Email :
Paket :

CepatNet, Innovate, dan MyRepublic semuanya mengecewakan. Biaya yg sdh saya keluarkan utk menelpon CS (Customer Service) yang notabene tidak bisa berbuat apa2, membuat permasalahan sederhana menjadi kompleks.

Sy tinggal di cluster Taman Giri Loka di BSD Serpong. Ketika bbrp saat lalu dari CepatNet brand berubah menjadi Innovate, administrasi serah terima tidak jelas, internet diputus tiba2, dan laporan pembayaran yg sudah masuk tidak terdeteksi oleh Innovate.

Ketika Innovate sudah terpasang, minimalnya seminggu satu kali, ada saja staff Innovate yg menghubungi dan datang berkali-kali utk menanyakan dan menawarkan utk berlangganan Innovate, padahal tagihan sudah berjalan. Ini terjadi selama bbrp bulan.

Perpindahan dari Innovate ke MyRepublic selama bbrp minggu terakhir, lebih mengecewakan daripada pengalaman2 buruk yg sy alami di masa CepatNet dan Innovate.

Kemarin, pembayaran yg sudah masuk harus dikonfirmasi ulang dengan menyertakan biodata yg sudah hampir 3 tahun dimiliki sejak CepatNet. Ketika sudah dikirimkan, email auto -reply yg memberikan no tlp CS yang tidak pernah diangkat, selang bbrp jam, menjelang pk 19:30, sy menerima email yg menyatakan perubahan no tlp CS, yang jg tidak pernah diangkat.

Sejak kemarin pagi 1 Agustus 2015 sampai skrg 2 Agustus 2015 pk 12:36, tercatat ada 23 kali jumlah saya menelepon CS MyRepublic, tanpa diangkat.

Tahun 2013 masa CepatNet, sy menemukan banyaknya protes serupa ttg keluhan pelayanan buruk dari segi kecepatan, administrasi, dan koneksi yang amat sering terputus di daerah BSD, yg jg saya alami dengan rata2 3 kali putus dalam waktu 1 minggu.

Pengelola BSD, Moratelindo (pembayaran melalui ATM masih ke Virtual Account yg sama sampai skrg), jika anda membaca ini, camkan: JANGAN SERAKAH. Upaya kalian dalam meMONOPOLI teknologi informasi di kawasan BSD, SANGAT AMAT BURUK. Sayangnya anda tidak mau membuka diri untuk membiarkan ISP (Internet Service Provider) utk berbisnis disini.
Keserakahan menimbulkan kekecewaan pelanggan selama bertahun2. Serahkan kepada perusahaan lain yang sudah terbukti pelayanannya.

Kalau ini tidak direspon dalam waktu singkat, saya akan membuat petisi terbuka secara publik untuk membongkar semua kasus dengan data sudah sy kumpulkan dengan warga setempat di cluster2 yang ada di daerah BSD.
STOP MONOPOLI !!!

My Republic, pertahankan reputasi anda yg baik di luar negeri, jangan HANCURKAN image dan citra yg baik dengan bekerjasama dengan pengelola yang SERAKAH namun minim KOMPETENSI.

Ini sebuah protes dari pelanggan, dan warga2 lain di BSD yang sudah kecewa selama bertahun2.

Hi pak,

Saya setuju bahwa sisi administrasi/backend MyRepublic ini memang masih sedikit “kacau”, terutama untuk masalah instalasi dan billing. Banyak juga saya dengar keluhan mengenai ini dari semenjak saya mau pindah ke BSD. Karenanya saya memutuskan untuk tidak memasang CepatNet, daripada capek komplen.

Saya memutuskan untuk berlangganan MyRepublic karena saya tahu bahwa MR adalah ISP yang lumayan handal di Singapore, dan bahwa SinarMas membawa beberapa expat MT dari Singapore untuk membenahi bisnis internet mereka. Fyi, Sinarmas memiliki share di MR Singapore pak. Jadi saya berharap manajemen mereka akan membaik.

Masa masa sekarang adalah masa transisi mereka, ada 1-2 problem masih bisa saya tolerir, dengan harapan service mereka akan membaik.

Pengalaman saya rada beda dengan bapak. Saya tidak mengalami kesulitan untuk menelpon CS mereka di nomor 1 500 818, dan akses internet saya masih lancar-lancar saja sebulanan ini. Tips dari saya, mungkin bapak bisa ganti Wifi router bawaan mereka dengan router yang lebih bagus pak, seperti merek Asus atau Netgear, kadang internet melambat itu disebabkan oleh router WiFinya:)

Mengenai tidak adanya ISP lain di BSD, sebenernya tidak juga pak, setahu saya Indihome dari Telkom banyak juga kok di Kencana Loka, Griya Loka dan Anggrek Loka.

Mengenai ISP lain, saya tidak bisa bilang kalau FirstMedia/ Indihome lebih bagus dari MyRepublic, soalnya banyak juga teman saya yang komplain karena FM sering mati berhari-hari:)

Mending myrepublic deh ketimbang indihome… mahal, pelayanan jg sama aja, dulu didepok numpang wifi tetangga yg pke innovate, lancar2 aja, sekarang pindah ke purwokerto, dri bulan juni langganan indihome 3Mbps 325ribu, emang sih pakai yg tembaga krn ga ke cover fiber optic, semenjak msuk musim hujan jaringan putus2 dan useetvnya mati, telpon 147 ga da perubahan, samperin plasa telkomnya dua kali dikecewain ga dateng2 jg servisnya, katanya mo dtng bsk pagi, sampe siang ga muncul, samperin lg ke plasanya, katanya stngah 3 sore mau dtng, ditunggu ga muncul juga sampai hari ini sabtu ga da yg muncul jg, pdhl dah 2 x ke plasanya dri hri kamis.

Kalau masalah saya krn mungkin pakai tembaga, adik saya tinggal di tangerang, pakai indohome yg 10Mbps dah Fiber Optic tapi kasus hampir sama, useetv sering ngadet dan mati, berikut koneksi inetnya juga, bolak balik complain ke 147 ampe kesel, setelah dibilang mau dicabut koneksinya baru bener, itu juga masih ga stabil, masa iya 10Mbps FO utk buka streaming youtube masih buffer2 mulu… bukan main…

saya pengguna jaringan wireles dari inovate republik, selama saya mengunakan wireles mereka benar2 menjengkelkan… coba bayangkan berapa biaya telp yang musti saya keluarkan tiap hari telp opertaor melaporkan kendala internet di rumah saya kalau umpama 1x nelp 15 ribu dalam satu hari kita nelp CS mereka 4 x sudah berapa biaya pulsa yang anda keluarkan.. inovate bener2 menjengkel kan…

Kendalanya apa ya pak? Saya udah 10 hari ini masih ok ok aja sih:) Persoalan biasanya timbul kalau ada kabel optik yang putus pak, susah dan rada lama benerinnya:)

Mending myrepublic deh ketimbang indihome… mahal, pelayanan jg sama aja, dulu didepok numpang wifi tetangga yg pke innovate, lancar2 aja, sekarang pindah ke purwokerto, dri bulan juni langganan indihome 3Mbps 325ribu, emang sih pakai yg tembaga krn ga ke cover fiber optic, semenjak msuk musim hujan jaringan putus2 dan useetvnya mati, telpon 147 ga da perubahan, samperin plasa telkomnya dua kali dikecewain ga dateng2 jg servisnya, katanya mo dtng bsk pagi, sampe siang ga muncul, samperin lg ke plasanya, katanya stngah 3 sore mau dtng, ditunggu ga muncul juga sampai hari ini sabtu ga da yg muncul jg, pdhl dah 2 x ke plasanya dri hri kamis.

Kalau masalah saya krn mungkin pakai tembaga, adik saya tinggal di tangerang, pakai indohome yg 10Mbps dah Fiber Optic tapi kasus hampir sama, useetv sering ngadet dan mati, berikut koneksi inetnya juga, bolak balik complain ke 147 ampe kesel, setelah dibilang mau dicabut koneksinya baru bener, itu juga masih ga stabil, masa iya 10Mbps FO utk buka streaming youtube masih buffer2 mulu… bukan main…

Mmmhhh sama banget, koneksi internet saya udah 3 hari mati. Karena sebelumnya koneksi internet saya berkali-kali mati dan internet tidak bisa digunakan. Hal ini memaksa saya untuk terus menerus telepon customer service. Begitu koneksi normal, beberapa jam kemudian koneksi kembali mati. Pada akhirnya saya menyerah dan ingin kembali menjadi pelanggan firstmedia

Pak Agus, untuk My republic ini bisa berlangganan internet nya saja ya..?
Di simplicity sudah bisa juga ya…
Galian fiber nya saya lihat hanya sampai di blok depan saja.

Bisa berlangganan internetnya saja pak:)

Semua cluster di BSD pasti masuk kok pak, tunggu giliran aja pak:)

republik parah, saya baru pasang sekitar 8 hari di kota palembang selama pasang sudah 4 hari tidak bisa di gunakan.
id pelanggan saya c1053290… berpikir la kalian wahai para pelanggan baru jangan sampai anda mengalami hal seperti saya

Leave a Reply