Pengalaman dengan Lazada.

Anda tahu Lazada kan? Kalau belum tahu, Lazada itu adalah situs dimana kita bisa membeli barang kebutuhan (atau keinginan) kita. Dengan banyaknya jenis barang yang mereka tawarkan rasanya akan susah untuk toko online lain untuk bersaing dengan mereka.

Sekarang saya hendak menceritakan pengalaman saya membeli barang dari mereka. Ini bukan artikel berbayar, tapi kalau setelahnya Lazada akan mengirimkan voucher ke saya juga tidak akan saya tolak:)

ss

Jadi minggu lalu saya memutuskan untuk membeli selang air yang dijual di Lazada dan sejauh ini saya mendapat pengalaman yang cukup menyenangkan. Kenapa?

  • Desain website yang bersih dengan loading time yang cepat.
  • Adanya guest checkout, artinya saya tidak perlu bersusah payah membuat akun Lazada.
  • Adanya fasilitas cash on delivery (COD). Sebenarnya bukan karena saya tidak percaya dengan kredibilitas Lazada, hanya saja COD itu lebih praktis karena saya tidak harus memasukan kartu kredit atau memakai PayPal. Guest checkout dan COD adalah kombinasi fitur yang sangat menyenangkan buat saya.
  • Proses pengiriman cepat dan mulus. Saya pesan hari Jum’at dan hari Sabtu barang sudah terkirim. Karena hari Sabtu saya tidak berada di rumah, kurir RPX meninggalkan catatan yang berisi nomer telpon yang bisa dihubungi. Saya kontak RPX pada hari Minggu dan hari Senin siang barang sudah dikirimkan kembali. Saya terima dan saya bayarkan uangnya kepada kurir RPX tersebut.

Sampai tahap ini saya sudah merasa cukup puas belanja di Lazada. Tapi cerita ini masih ada lanjutannya:)

Barang saya terima dalam keadaan baik, hanya saja pada saat saya tes, selang itu tidak bisa dipakai dengan sempurna. Akhirnya saya memutuskan untuk mengembalikan barang tersebut lewat JNE setelah saya mengisi formulir pengembalian barang di website mereka. Mereka sudah menyediakan alamat untuk pengembalian yang dicetak diatas stiker, jadi saya hanya perlu menempelkan stiker tersebut di kardus tanpa perlu menulis apapun. It was a clever action to do for your customer.

Setelah saya kirim ulang, 2 hari kemudian ada tim pengembalian barang dari Lazada yang menelpon untuk mengkonfirmasi kenapa barang dikembalikan. Karena sinyal saya jelek, pembicaraan terputus sampai 3 kali dan orang tersebut terus menelpon ulang saya sampai akhirnya keputusan dibuat. It was a prompt action to do for your customer. Keesokan harinya, refund dari Lazada masuk ke rekening saya. I am so happy with they way they treat me that I decided to make this post.

Saran saya buat toko online lainnya (termasuk saya sendiri): perlakukanlah pelanggan anda seperti anda ingin diperlakukan. Saran saya buat Lazada, the devil is in the detail, jadi bikinlah pengalaman saya ini sebagai standar pelayanan yang harus dilakukan terus menerus.

Tips tambahan untuk order yang lebih cepat dan aman:

  • Pilihlah barang yang dijual dan dikirim oleh Lazada langsung. Seperti kita tahu, Lazada adalah market place yang dimana semua orang bisa membuka toko (menjadi merchant), dan tidak semua merchant itu jujur 100% atau responsif dalam menanggapi order. Berdasarkan pengalaman saya yang sudah beberapa kali melakukan pemesanan di lazada.co.id, barang yg dijual dan dikirim langsung oleh Lazada biasanya sampai dalam waktu paling lama 2 hari. Silakan dilihat gambar dibawah ini ya, dan perhatikan bagian yang ada panah merahnya.

ss

333 Comments

Jadi gini saya beli 2 barang tapi yang satu sudah dalam proses yng satunya belum,terus yng belum diproses itu di batalkan itu bayarnya gimana soalnya masih tertera harga sebelumnyaa

Pada hari ke 9 akhirnya akun saya di tutup oleh lazada
Dengan nomer pesanan 379699968477656
Xiaomi Mi Led 4A TV 43” Android Smart TV
Saya sangat berterima kasih kepada lazada untuk tidak lagi berbelanja di lazada karna tidak bisa menjaga transaksi pembayaran.
Tanggal 26 februari 2020 saya memesan sebuah Xiaomi Mi Led 4A TV 43” Android Smart TV dari IMIH_OLshop, dan saya melakukan pembayaran transfer.
Karna ada harga yang lebih murah saya batalkan pembelian saya, kemuadian setelah saya batalkan ada tlpn dari 0816-265-138 meminta kode OTP saya untuk melakukan pengembalian dana.
dan saya memberikan karna sangat meyakinkan.
Karna saya rasa ada yang aneh saya langsung menghubungi cs lazada dan menginformasikan apa yang terjadi ternyata yang menelfon saya adalah pihak seller, dan akun saya mulai di proses 2050000011908152.
Tanggal 27 februari 2020 akun saya di kunci demi keamanan oleh lazada, dan ada telefon dari pihak keuangan lazada untuk menanyakan akan di kirim ke mana uang pengembaliannya, karna saya berfikir akan membeli barang kembali di lazada maka saya memutuskan untuk di kembalikan ke voucher belanja.
Setelah beberapa saat saya mendapatkan email.
Pengembalian Dana Telah Diproses
Hai Peuting Painting,
Pengembalian dana sebesar Rp1.827.970 untuk nomor pesanan #379699968477656 telah kami proses ke akun kamu dalam bentuk voucher refund, jika kamu belum mengisi formulir online pengembalian dana.
Tidak ingin pengembalian dana dalam bentuk voucher? Silakan isi formulir refund online untuk ubah pengembalian dana dari voucher refund ke transfer rekening.
Tetapi karena akun masih di kunci saya tidak bisa lihat sudah di kembalikan atau belum dana saya, setiap hari saya live chat dengan cs lazada untuk membuka akun saya, jawaban yang saya terima akun kakak masih di tindak lanjuti.
Dan tanggal 1 maret 2020 saya mendapatkan email kembali.
Dear Bapak Aditya Nur Khaerullah,

Sebelumnya kami mohon maaf terkait dengan pengembalian dana yang tidak diterima atas nomor pesanan 379699968477656, kami informasikan bahwa pengembalian dana telah berhasil diproses sehingga dana tidak dapat kami proses refund kembali. Hal tersebut dikarenakan sebelumnya Bapak Aditya telah menginformasikan akun Lazada/kode OTP verifikasi akun kepada pihak/oknum yang mengatasnamakan seller lazada melalui telepon / WhatsApp sehingga pelaku tersebut menyalahgunakan akun Lazada Bapak Aditya dan mengisi data rekening sehingga proses refund terproses ke rekening pelaku tersebut.

Kami menyarankan agar Bapak Aditya tidak langsung mempercayai untuk melakukan transaksi secara pribadi dengan pihak penjual (melalui whatsapp, sms ataupun media lainnya selain website lazada) dan mohon untuk tidak menginformasikan data pribadi atau apapun dikarenakan pihak Lazada tidak akan bertanggungjawab apabila terjadi masalah kedepannya.

Refund tidak dapat dilakukan jika diakibatkan kelalaian pelanggan dalam menjaga kerahasiaan akun pribadi. Syarat dan ketentuan ini sudah dijelaskan pada saat Bapak Aditya melakukan pendaftaran akun di website lazada sesuai yang dijelaskan pada tautan https://www.lazada.co.id/privacy-policy/.

Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan dan kurangnya pelayanan yang kami berikan. Semoga atas musibah ini rezeki Bapak Aditya akan tergantikan. Kami akan jadikan masalah ini sebagai bahan untuk memperbaiki sistem serta pelayanan kami kepada para pelanggan kami.

Bapak Aditya Nur Khaerullah dapat berkomunikasi secara interaktif dengan Layanan Konsumen kami melalui fasilitas Live Chat di: http://www.lazada.co.id/contact/
Begitu kaget mendapatkan email tersebut.
Lalu saya live chat lagi dengan cs lazada akun bapak masih di proses akan kami hubungi secepatnya sampai hari ini tanggal 5 maret 2020 saya live chat kembali lazadanya akun anda sudah di non aktifkan tidak bisa di buka kembali, SAYA BERFIKIR JIKA AKUN SAJA TIDAK BISA DI KEMBALIKAN APA LAGI DANA SAYA TIDAK MUNGKIN LAGI DI KEMBALIKAN.

Proses pengiriman cepat ?
Kentut lah, estimasi aja lama,
Jabodetabek estimasi seminggu.

Harga 10 rb’n
Sama jne 9rb cepetan jne.

Ngirim Jabodetabek seminggu,
Jne kirim 3 hari (gak termasuk hari libur) ke luar pulau , gila gak lo .
Skrg lex id, logistik sistem masih cere , estimasi lama bener, ngirim pake gerobak ampe lama gitu ? Ada yg seminggu/2 minggu/ada yg gak dikirim2 . Kocay ni yg review org2 lazada sendiri.

Banyak keluhan2 di detik,com, kaskus dll. Bobrok ya sistemnya lazada

Mau tanya apa perlu kita cod ke kurir ? Dan berapa banyak yg kita harus bayarkan ? Kan kita udah transfer harga barang beserta ongkirnya. Thanks

Leave a Reply