Pengalaman mengurus sendiri mutasi STNK dan BPKB.

IMG_20150808_105131

Karena saya berganti alamat KTP dari Jakarta ke BSD (Kabupaten Tangerang), otomatis STNK dan BPKB mobil saya pun harus ganti alamat. Anda heran kenapa BSD kok masuknya Kab Tangerang dan bukannya Kota Tangerang Selatan? Well perbatasan Tangerang Selatan dan Kab Tangerang itu terletak di sungai Cisadane, dan komplek saya ( The Icon) terletak di sebelah barat Cisadane, dan itu sudah merupakan wilayah Kab Tangerang. Begitu pula dengan mal Aeon dan ICE, semuanya termasuk wilayah Kabupaten Tangerang:)

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mengurus sendiri mutasi STNK dan BPKB:

  • Menyiapkan KTP, STNK dan BPKB mobil lama anda, perbanyak menjadi 5 set ( Lebih baik kebanyakan daripada kekurangan)
  • Harus sabar dan datang sepagi mungkin. Samsat buka mulai jam 08.00.
  • Jangan malas atau malu bertanya.
  • Bawa bolpen sendiri!

Begini prosedur yang saya jalani untuk mengurus sendiri mutasi STNK dan BPKB antar Samsat ( tapi masih dalam 1 Polda)

Hari ke 1, 8 Agustus 2015, Samsat Polda Metro Jaya ( Semanggi, masuk dari SCBD)

  1. Melakukan cek fisik di Samsat Polda Metro Jaya ( Semanggi, Jakarta). Karena KTP saya Kab Tangerang, cek fisik ini hanya bisa dilakukan di Samsat Polda Metro atau Samsat Balaraja, belum bisa dilakukan di Samsat Bersama BSD yang terletak di Civic Center seberang Soto H Mamat. Anda harus memastikan terlebih dulu dimana BPKB anda sebelumnya dicetak daripada nanti harus bolak balik pindah tempat. Untuk BPKB Jakarta Barat bisa dilakukan di Samsat Daan Mogot, Selatan bisa di Polda Metro, Timur bisa di Kebon Nanas, Utara dan Pusat bisa di Gunung Sahari. Usahakan datang pagi selagi masih sedikit antrian. Samsat buka jam 08.00.
  2. Saya memilih untuk cek fisik di Samsat Polda agar setelahnya saya bisa langsung memasukan berkas saya untuk mutasi. Cek fisik ini gratis, tapi kalau anda mau memberikan tips ke petugas, rasanya tidak ada yang keberatan juga kok, 10ribu cukup lah. Sehabis cek fisik, bawa berkas hasil cek fisik ( plus STNK asli, fotocopy STNK dan fotocopy KTP) ke loket di area cek fisik dan tunggu sampai selesai di legalisir. Prosesnya tidak lama, sekitar 15-20 menit.
  3. Setelah berkas dikembalikan, saya fotocopy hasil cek fisik tersebut dan saya menuju ke loket mutasi di gedung Biru (Ditlantas) lantai 2 untuk meminta form mutasi keluar daerah. Ada petugas ( biasanya polisi) yang akan meminta berkas legalisir cek fisik beserta STNK asli, fotocopy KTP dan fotocopy BPKB. Susun semua form tersebut dengan rapi, kalau perlu di staples, agar berkas tidak tercecer. Sesudah itu petugas memberikan form yang harus saya isi, jangan malu untuk bertanya jika ada yang tidak anda pahami. Sesudah mengisi form, berikan form tersebut ke petugas yang akan memeriksa. setelah ok semuanya, saya menuju ke loket BRI di lantai 1 untuk membayar pendaftaran mutasi, biayanya Rp 75.000.
  4. Satukan semua berkas plus bukti pembayaran ke BRI, terus masukan ke loket mutasi. Tunggu sampai nama saya dipanggil petugas loket dan saya diberikan secarik kertas untuk pengambilan berkas mutasi. Pengambilan berkas diambil setelah 5 hari kerja.
  5. Hari pertama selesai, total waktu yang saya butuhkan 2 jam. Total biaya yang dikeluarkan Rp 85.000 ( Tips cek fisik dan bayar form mutasi ke BRI)

Hari ke 2, 22 Agustus 2015, Samsat Polda Metro Jaya.

  1. Dokumen yang disiapkan adalah kertas buat pengambilan berkas.
  2. Naik ke lantai 2 gedung Ditlantas dan menuju loket mutasi, serahkan kertas pengambilan berkas ke petugas loket lalu tunggu sebentar. Setelah dipanggil, ambil berkasnya terus bawa ke lantai 3 untuk mengurus fiskal. Lama proses fiskal ini sekitar 10-15 menit, tergantung banyaknya antrian. Sangat disarankan untuk datang sepagi mungkin.
  3. Urusan fiskal beres, langsung ke bagian arsip di basement. Tunggu 10 menit selesai.
  4. Urusan di Polda beres untuk masalah STNK. Total waktu 1 jam, total biaya Rp 0.

Hari ke 2, 22 Agustus 2015, Samsat Balaraja.

  1. Keluar dari Samsat Polda, saya langsung ke Samsat Balaraja. Lewat tol dalam kota, sambung tol Jakarta-Tangerang, sambung tol Tangerang – Merak. Keluar di exit Balaraja Timur. Lama perjalanan 50 menit, Samsat Balaraja terletak tidak terlalu jauh dari exit tol.
  2. Sampai di kantor Samsat Balaraja langsung ke bagian belakang untuk parkir mobil dan cek fisik. Serahkan semua berkas yang kita dapat dari bagian Arsip di Polda sebelumnya ke loket cek fisik. Tunggu sekitar 10 menit saja nama saya langsung dipanggil, kemudian bawa berkasnya ke loket mutasi kendaraan di gedung bagian depan. Loketnya paling pojok.
  3. Setelah memasukan berkas ke loket mutasi, petugas akan cek dan memberikan formulir untuk diisi. Jangan lupa bawa bolpen sendiri. 10 menit setelah saya menyerahkan formulir, saya diberikan secarik kertas untuk pengambilan STNK baru  (disatukan dengan BPKB lama)
  4. STNK bisa diambil 3 hari kemudian. Total waktu 1 jam, total biaya Rp 0.

Hari ke 3, 25 Agustus 2015, Samsat Balaraja.

  1. Jam 08.00 pagi sudah sampai di Samsat Balaraja. Menuju ke loket 3 untuk menyerahkan kertas pengambilan. Setelah itu menunggu di loket pembayaran STNK untuk pembayaran pajak STNK. Prosesnya sebentar, hanya 15 menit. Setelah bayar dan mendapatkan STNK baru, menuju ke belakang gedung untuk pengambilan plat nomor baru. Nomornya baru.
  2. Serahkan STNK ke petugas loket dan tunggu nama kita dipanggil. 15 menit saja sudah beres, saya diberi plat nomor baru yang catnya masih baru:)
  3. Urusan di Samsat Balaraja sudah selesai. Total waktu 1 jam, total biaya (pajak) Rp 1.408.000.

Hari ke 4, 29 Agustus 2015, Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya.

  1. Dokumen yang dibawa : Fotokopi STNK baru, Fotokopi BPKB, Fotokopi KTP, BPKB Asli dan fotokopi legalisir cek fisik.
  2. Mengantri di pintu masuk untuk ambil nomer antrian. Semua berkas akan dicek disini, setelah semua ok baru kita akan diberikan nomer antrian. Sebaiknya datang pagian karena antrian perubahan BPKB ini panjang sekali. Saya datang pukul 9 pagi dan sudah ada 300 nomer antrian sebelum saya. Pengambilan nomer antrian ditutup pukul 10 pagi. Nomer antrian ini sangat penting, jadi simpanlah baik-baik.
  3. Disebelah kiri pintu masuk ada petugas dengan mesin cetak besar, berikan berkas kita ke petugas tersebut. Petugas tersebut kemudian akan scan BPKB kita untuk kemudian akan ada formulir pengurusan BPKB yang akan tercetak secara otomatis. Satukan formulir tersebut dengan semua berkas kita, serahkan ke petugas loket. Dan kemudian tunggu sampai nomer antrian kita dipanggil.
  4. Karena saya hanya pindah Samsat, saya tidak dikenakan biaya apapun.
  5. Setelah nomer antrian dipanggil, berikan semua berkas ke petugas loket. Kemudian dia akan memberikan kita secarik kertas untuk pengambilan BPKB yang sudah direvisi. Di kertas itu sudah tercetak tanggal berapa kita bisa mengambil BPKB. Informasi yang saya dapat adalah jika hanya pindah alamat, BPKB tidak dicetak ulang lagi.
  6. Hari ke 4 selesai. Total waktu 2 jam, total biaya Rp 0.

Hari ke 5, 13 September 2015, Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya.

  1. Untuk pengambilan BPKB yang sudah diperbarui, dokumen yang harus dibawa adalah kertas pengambilan BKPB yang sudah dberikan sebelumnya, fotokopi KTP dan fotokopi STNK. Satukan ketiganya dan taruh di loket nomer 3. Tunggu nama anda dipanggil.
  2. Hari ke 5 selesai, total waktu 1 jam, total biaya Rp 0.

Proses mutasi STNK dan BPKB ini sebetulnya mudah dan murah. Hanya saja kebanyakan dari kita sudah merasa malas dan enggan duluan. Dalam proses pengurusan ini, beberapa kali saya melihat para manula masih mengurus sendiri surat-suratnya. Hebat sekali, anda jangan kalah dong:)

 

 

113 thoughts on “Pengalaman mengurus sendiri mutasi STNK dan BPKB.

  1. Mutasi R2 dr bekasi kota ke cikarang cabut berkas 270rb, blm ke polda ganti bpkb, pusing. Knp di semua samsat g ada layanan bpkb, kenapa hrs ke poldametro Pak Agus.

  2. Slmt siang ,maau tnya pak klo saya mau mutasi mobil dari tangerang selatan ke jawa tengah (pati).kira2 biaya nya brp ya.n prosesnya.trimksh sblmnya

  3. Selamat malam pak
    Saya ingin tanya kl misal saya beli motor bekas,STNK masa berlakunya masih 2 tahun,trs saya balik nama.itu nanti sudah jadi nama saya,tapi Masa berlakunya tetap masih 2 tahun atau jadi 5 tahun lagi?terima kasih.

  4. Mau tanya donk kalo ganti nama + pajak dari Jaksel ke Tangsel brpa ya skrng kira2 untuk biaya nya? Motor nya Vixion..Pajak mati dri November 2016..
    Makasihhhhh

  5. Setelah saya membaca uraian diatas… semangat saya niat mengurus mutasi balik nama mobil dari Samsat Jakarta Utara.

    Hari 1 : (Polda dan Samsat Jakarta Utara)
    Ke polda Cek Fisik, petugasnya sudah duluan biayanya 50 rb, alsannya buat belli kertas dll (Dari uraian bapak diatas yang infonya free, faktanya saya kena biaya Rp. 50 rb Pak). Lanjut ke Samsat Jakarta Utara untuk cabut berkas, menyiapkan berkas2 dan saya dimintain biaya 250 rb. Entah biaya apa cuma saya liat yang lain juga menyerahkan biaya Rp 250 rb. kesemua biaya tanpa ada kwitansinya. kebetulan hari itu saya mengurus mutasi mobil adik saya dari tangerang ke jogja, dari samsat tangerang dimintain biaya pencabutan 450 rb, biaya fiskal 50 rb, mutasi adik saya disuruh menunggu 1 bulan, sedang proses mutasi saya disuruh ambil 3 hari kemudian.

    Hari ke 2 (Samsat Jakarta Utara)
    Mengambil berkas pencabutan lalu ke bagian fiskal membayar 50 rb, terus ke bagian arsip (Bagian arsip yang akan menyiapkan dokumen kelengkapannya)

    Hari ke 3 (Samsat Depok)
    Datang hari sabtu jam 11.00, tanya bagian loket mutasi sama petugas langsung ditunjukkan ke bagian loket yang di maksud.
    S : Saya
    P : Petugas

    S : Pak ini loket tempat mutasi mobil ya Pak?
    P : Ya Pak, kok daang jam segini? ini sudah tutup skrg, kesiangan sih datangnya?
    S : Yah, kalo senin sampe jam brp ya Pak?
    P : Senin sampe jam bla bla bla….
    S ; (saya ngga dengerin karena mmg saya sudah malas dan curiga)
    P : Ini sudah tutup, tapi kalo mau saya bantu bisa di proses sekarang… (Saya sudah tau maksudnya apa) Hal ini yang bikin saya bad mood.
    S : Biayanya berapa Pak kira2?
    P : 4,3 jt sama Pajak.
    S : Mahal ya Pak, ngga jadi saya, duitnya kurang, saya mnt transfer sama org rumah dulu, berkasnya say ambil boleh Pak?
    P : Iya, sekitar itu siapin aja duitnya… atau senin aja kesini laigi… jam berapa nanti saya tungguin?
    S : Masalahnya saya ngga tau senin saya atau siapa yg datang Pak.
    P : Yaudah bayar daftarnya aja dulu sini 100 rb senin tinggal kesini.
    S : Pak saya ngga jadi aja, biar org rumah yg proses, berkas dan arsip saya bawa balik aja.
    (Ini sudah bikin saya Bad Mood)

    Beberapa hari setelahnya tanya Biro Jasa… rencana mau lewat biro Jasa saja karena repot ngurus sendiri…
    Biro Jasa 1: infoin total biaya urus mutasi habis 3.8 jt.
    Biro Jasa 2 : Infin total biaya urus mutasi habis 6.5 jt.

    karena ngga ada kejelasan semua, ahirnya saya masih bengong ngga tau musti kemana… mikir2 lama… tetap jalan sendiri biar tau prosesnya… pasrah saja… dipalakin para petugas… bukan masalah nilai rupiahnya sebenernya… hanya saja saya ngga suka gaya premanisme… FYI, saya keluarga anggota… tetap saja saya ngga suka juga kalo cara kerjanya begitu….
    terlalu banyak prosedur = resiko pemalakan.

    1. waduh parah banget ya, apa di lokasi tidak ada poster anti pungli yg ada nomer telponnya pak? Komdak kemarin pas saya bersih, saya juga heran sendiri kadang:)

  6. Pak nanya dong , 2 minggu yg lalu sy ke samsat untuk ngurus cetak bpkb dan saya di kasih resi untuk pengambilan bpkb , pas jatuh tempo pengambilan bpkb resinya hilang, gimana ya pak caranya bisa ambil bpkb ? Mohon bimbingannya…

  7. Assalammualaikum Pak Agus, Makasih untuk artikel Sharingnya, pengalaman dari pindah Samsat ke Kab, hampir sama dengan pengalaman saya juga (Mengurus perpindahan samsat dari Bogor ke sukabumi)
    kuncinya Harus sabar dan luangkan waktu…..

  8. Halo pak agus, mohon bantu dijawab ya pak..
    Sy pny motor plat bali, sim saya juga sim bali,
    Tp skrg domisili saya di ciputat dan sy mau ganti plat B, gimana caranya ya pak? Apa bs urus di samsat ciputat atau samsat bsd atau gimana?
    Terima kasih

  9. Pak agus saya mau tanya .tgl 21 desember 2016 saya ngurus mutasi kendaraan R 4 sendiri dari samsat balaraja ke sukabumi.tapi ko biaya nya saya di pinta 350 rbu ( tanpa kwitansi ) .apakah emang segitu ? .

  10. mau numpang mencurahkan kebingungan saya, mohon dibantu pak …
    awal bulan lalu saya membeli motor 2nd, motor keluaran tahun 2013 ( BPKB coklat ). karena pajak nya habis, akhirnya saya sekalian balik nama ngurus sendiri, di samsat bekasi.
    setelah melalu proses yang lumayan panjang, STNK akhirnya jadi ( berubah menjadi atas nama saya ).
    langkah berikutnya adalah Balik nama BPKB, namun ketika saya ke loket, saya diberitahukan kalo harus beli buku BPKB baru, karena peraturan nya seperti itu, ( kata pak petugas ).
    mungkin karena peraturan, saya akhirnya manut aja untuk membeli BPKB baru .. dan pak petugas menawarkan diri untuk membatu proses pembaliknamaan BPKB baru dengan biaya Rp. 200 rb. ( saya disuruh kembali lagi 8 hari kerja )
    ……………
    selang 8 hari kerja saya ke samsat bekasi untuk mengambil BPKB yang dijanjikan selesai.setelah saya ambil dan perhatikan ternyata :
    1. nama pemilik lama sudah tidak ada, dan digantikan dengan nama saya.
    2. nomer rangka + nomer mesin yang ada di BPKB baru AKUR dengan nomer yang tertera di STNK
    3. Nomer BPKB baru berbeda dengan nomer BPKB yang tertera di STNK (yang sudah atas nama saya)

    Yg jadi pertanyaan adalah no 3.
    Nomer seri BPKB berbeda dengan nomer BPKB yang tertera di STNK.
    apakah memang seharusnya seperti ini ?,
    apakah nantinya tidak akan menjadi permasalahan dikemudian hari ..?
    terima kasih sebelom dan sesudahnya, semoga ada yang berbaik hati menjawab pertanyaan saya ..

    Nomer BPKB sebelom BPKB diganti baru, SESUAI dengan nomer BPKB yang tertera di STNK atas nama pemilik lama.

  11. Maaf sebelumnya … saya kan membeli motor bekas bukan di dealer .. tapi dari perorangan .. syarat dokumen untuk pengajuan balik nama kan pakai kwitansi pembelian , saya gak punya .. terima kasih ..

    1. Kwitansi bikin sendiri aja Gan dengan tertulis nama Agan sebagai pembeli, nominal untuk pembelian motornya, tanda tangan dan jangan lupa wajib di atas materai yang 6000.

      Saya juga sama diminta kwitansi bukti pembayaran.
      Itu syarat aja, kata Bapak Polisi karena setiap Jual Beli wajib ada bukti, semoga membantu 🙂

  12. Salam. Pak mau tanya untuk mutasi antar daerah. Apakah benar ada biaya cek polda sebesar 300rb. Trimakasih sblumnya. Mohon pencerahan nya

  13. Maaf pak agus. Numpang nanya. Kalau motor mati 2 tahun. … pajaknya telat 2 tahun
    Motor beli bekas. Sedangkan mau ngidupin sama bayar pajak. Yg di pinjamin KTP sudah tidak ada di indonesia. Pindah keluar negri itu gimana pak .. mohon saran nya.

  14. maaf, minta pencerahanya…
    saia baru ajh, kelar. bolak balik. bnyk yg enggak paham,krna saia baru pnglaman pertma, mutasi motor dr cikarang ke jawa-
    smua sudah berez berkas dr samsat cikarang,itu pun wahhh… luar biasa perjuanganny.
    kmaren sabtu, trakhr nunggu dok fiskal dan arsip dokumen BPKB kluar. tp lg bingung, disuruh lagi ke POLDA, buat cex BPKB?atau entahlah, enggak paham bgtt. itu kalo disana ap saia pergi ke POLDA bagian BPKB, yg diJAKsel? ap bukan. buat cex dokemenny. mksh sblumny.

  15. November th 2015 saya balik nama+mutasi dari bekasi ke kota tangerang. saat cabut berkas di bekasi saya menggunakan jasa calo dengan pertimbangan waktu dan berkat hasutan intimidasi si calo karena rumah saya di tangerang & saya bekerja sebagai karyawan swasta (hahaha). tapi saat mutasi masuk di samsat ciledug & urus bpkb di polda saya coba urus sendiri dan sungguh sangat tercengang sekaligus senang karena dari samsat ciledug sampai polda ternyata nggak ada yang namanya pungli… alhamdulilah (baru kali itu saya urus surat2 kendaraan Zero pungli).
    Hari ini saya ada mutasi lagi (pindah alamat) dari kab tangerang ke kota tangerang (samsat ciledug) untuk motor dengan menguasakan adik untuk mengurus karena saya bekerja, namun sayangnya saat adik saya sampai samsat bsd eh baru tahu kalau mutasi cuma bisa dilakukan di samsat balaraja, lalu adik saya diarahkan oleh salah satu petugas samsat BSD agar pergi ke cikokol untuk check fisik bantuan, nanti berkasnya tinggal bawa aja ke balaraja untuk proses… namun setelah sampai samsat cikokol, adik saya ditolak lagi karena petugasnya bilang berdasarkan alamat ktp cuma bisa check fisik bantuan di samsat ciledug. Saya bukannya mau menyalahkan siapa2 tapi cuma mau sharing aja contoh nyata kerugian yang dihasilkan akibat birokrasi yang ribet. lembaga publik seharusnya bisa menciptakan sistem yang bisa memberi kemudahan kepada masyarakat. Salut banget sama bu Risma yang berani angkat suara tentang budaya ribet birokrasi di indonesia yang mana merupakan sumber2 pungli & korupsi petugas2 public. moga2 aja y pak Agus kedepannya concern ke bidang IT untuk public service bisa lebih ditingkatkan oleh pemerintah!!!
    (NB: jam 14:30 adek telp, alhamdulillah masih kekejar urus check fisik di samsat ciledug) !!! huft klo g harus nyetir motor ciledug-balaraja deh karena kebetulan besok tanggal terakhir berlaku STNK ni motor… kena denda g ya?

  16. Salam pak agus. Saya mau tanya stnk dan bpkb motor saya alamat nya dijakarta terus saya pindah rumah ke pekanbaru dan ktp sudah berganti dipekanbaru. Nah bulan ini saya udh harus bayar pajak tahunan. Yang saya mau tanyakan apakah boleh membayar dengan ktp yg baru ??

    1. coba bantu jawab.
      nggak bisa pak karena saat bayar STNK bapak kan harus melampirkan identitas asli untuk keperluan cross check dokumen, kalau alamat di ktp dan alamat di bpkb/stnk beda akan langsung ditolak nantinya karena hubungannya pajak ini sama pendapatan tiap2 daerah. yang harusnya pajak masuk ke dispenda pekanbaru karena bpk sudah jadi warga pekanbaru malah masih masuk ke jakarta, ntr marah2 dispendanya…
      kebetulan saya pernah kasus seperti bapak 3th yang lalu, baru aja balik nama eh saya harus pindah beda wilayah… untungnya SIM saya masih beralamatkan alamat lama jadi masih bisa digunakan untuk bukti identitas bayar pajak tahunan, tapi sebaiknya bapak urus saja mutasinya, toh cuma ganti alamat jadi nggk bayar BBN lagi dan kebetulan juga minggu lalu saya mau bayar lagi pajak tahunan pakai identitas SIM, eh tapi di tolak di samsat alasan dari petugasnya sih karena sekarang SIM yang berlaku untuk dijadikan bukti identitas untuk pembayaran pajak hanya model SIM yang terbaru yang sudah terkoneksi online ama E-KTP.

  17. Baru saja sy mutasi mobil dari Sleman DIY ke Sukoharjo jateng. Biaya yg sy keluarkan: (semua tanpa kuitansi)
    Di samsat sleman 80rb
    Di polres sleman 100rb
    Di samsat sukoharjo 150rb
    Di polres sukoharjo 200rb (BPKB)
    Tsb di atas selain biaya yg tercantum di faktur pajak.
    Punglinya brp tuh ?

  18. Lagi ngurusin mutasi juga nih gan… dari pemasukan berkas sampai pengurusan fiskal makan waktu SEBULAN…. ko beda bgt yah… alhasil bisa masuk pengenaan denda 2%..

  19. Yg gak tahan itu bolak baliknya..
    Kenapa pemerintah gak perhatiin bhw bolak balik sana kemari itu kontra produktif, meskipun hny 1 or 2 jam..
    Hal itulah yg membuat malas & marak calo ..
    Pemerintah harus segera perbaiki birokrasi komplek

  20. Salam pa, sy mau beli motor plat nya tangerang selatan, sedangkan saya tinggal di jakarta timur( . Jatinegara ), trus saya mau balik nama a/n saya, itu mutasi apa sy ms pk plat no tangsel apa uda pindah ke jakarta timur ya pa? Trus sy nanti klw mau bayar pajak di tangsel pa uda di jaktim, krn ini kan plat nya sama2 B, cm wilayah yg beda, mohon penjelasan nya pa, terimakasih

  21. maaf pak mau tanya low persyaratan mutasi dari tanggerang ke pandeglang banten berapa untuk biaya.nya dan sekaligus balik nma apa aja yg perlu di bawa….dan untuk biaya.nya berapa

  22. Malam pak mau tanya,,,Sy dari karawang mutasi cikarang ke karawang tpi surat yg dari polda ada yg keselip pak,, klo datang buat sendiri berapa lama ya pak kendarannya R2…

  23. Saya mau tanya pak,saya habis beli motor yamaha nouvo tahun 2006 motor jakarta selatan pajak mati 2tahun
    Saya berniat berniat mutasi soalnya ktp saya beralamatkan di ciledug tangerang
    Kira2 saya harus siapkan dana berapa ya untuk proses semuanya.niatnya pengen saya urus sendiri.
    Terima Kasih..

    1. Cabut berkas di polres Jaksel soal biaya kena pnpb aja..ikuti alur proses mutasi di polres Jaksel..klo sdh sampai bagian fiskal dan arsip maka proses mutasi dilanjutkan dengan register buat bayar pajak STNK ke Samsat Ciledug…

  24. Pa tlng penjelasannya. Sya mau mutasi mtr dri jkt ketangerang kota pjk mati 2010 .pjknya kena 260 rbu klo denda kena brapa duit setahun kiraa habis berapa semua. Ama biro jasa di pinta 3.5jta

  25. Very nice, tulisan tersebut saya jadikan rujukan untuk mengurus sendiri mutasi kendaraan dari ciputat ke depok. Alurnya pengurusan dan loket yang ditujua sama, hanya ada perbedaan di biaya resmi dan tidak resmi. Hari ini baru selesai STNK yang baru di Depok, perbandingan biayanya seperti dibawah ini, sayangnya saya tidak mempost tabel, jadi bentuknya seperti terlihat dibawah ini, kalau dengan tabel terlihat jelas, mana samsat yang menarik pungutuan tidak resmi dan mana yang tidak.
    Sebenarnya ada loket pengaduan, tapi karena waktu yang mepet gak sempet lapor, lagian loket pengaduan bukanya bagian dari mereka/samsat ?

    PERBANDINGAN PENGURUSAN MUTASI KENDARAAN
    ANTAR SAMSAT
    DI
    JABODETABEK

    SAMSAT CIPUTAT – TANGSEL SAMSAT DEPOK SAMSAT
    POLDA METRO JAYA

    SAMSAT CIPUTAT TANGSEL

    1. Loket Cek Phisik
    – Biaya resmi = Rp.0
    – Biaya tidak resmi = Rp. 30.000

    2. Loket Mutasi (untuk pendaftaran mutasi keluar)
    – Biaya Resmi = Rp.75.000,-
    – Biaya Tidak Resmi = 0

    3. Loket Fiskal
    – Biaya Resmi = 0
    – Biaya Tidak Resmi = Rp. 35.000

    SAMSAT DEPOK

    1. Loket Cek Phisik
    – Biaya resmi = Rp.0
    – Biaya tidak resmi = Rp. 30.000

    2. Loket Mutasi (untuk pendaftaran mutasi masuk )
    – Biaya Resmi = Rp.0
    – Biaya Tidak Resmi = Rp.80.000,-

    3. Loket Fiskal
    – Biaya Resmi = 0
    – Biaya Tidak Resmi = Rp. 35.000

    4. Loket Plat Nomer
    – Biaya Resmi = Rp.0
    – Biaya Tidak Resmi = Seiklhasnya (Rp.5.000 )

    SAMSAT POLDA METRO JAYA ( DISARIKAN DARI P. AGUS)

    1. Loket Cek Phisik
    – Biaya resmi = Rp.0
    – Biaya tidak resmi = Rp. 0

    2. Loket Mutasi (untuk pendaftaran mutasi keluar)
    – Biaya Resmi = Rp.75.000,-
    – Biaya Tidak Resmi = 0

    3. Loket Fiskal
    – Biaya Resmi = 0
    – Biaya Tidak Resmi = Rp. 35.000

    Catatan :
    – Biaya Tidak Resmi = Tidak diberikan tanda terima, tidak ada rujukan PERDA/PP mengenai pungutuan tersebut.

    1. Pak saya kok di loket mutasi keluar nya kena 300rb.apa emang segitu saya mutasi dari jakarta ke bngkulu.pdhl semua pajak udah kelar dokumen udah kelar.

  26. Pagi pak agus,
    Mau tanya ini..bulan november depan, pajak 5 tahun motor saya sudah habis dan harus ganti plat nomer. Sedangkan motor saya Plat Jogja dan posisi di Tangerang. Bisakah untuk gesek no.mesin dan rangka di Samsat dekat ITC BSD. Sehingga nti untuk perpanjangan hanya kirim dokumen STNK, BPKB, KTP dari sini ke Jogja. Mohon penjelasannya, terima kasih

      1. itu nti saya boleh cuma minta kertas geseknya saja,trs nti sy gesek sendiri atau harus cek fisik disitu?syarat syaratnya apa saja y,soalnya itu motor bpkb atas nama adikku yg di Yogyakarta. Terima kasih

        1. Ternyata cek fisik bantuan prosesnya cepat dan mudah di Samsat ITC BSD. Datang dengan fotocopy STNK dan KTP,ambil kertas gesek + formulir,antri gesek..setelah digesek balik lagi ke loket untuk minta pengesahan. Selesai…No Tipping,gratis.

          1. Halo pak agus, mohon bantu dijawab ya pak..
            Sy pny motor plat bali, sim saya juga sim bali,
            Tp skrg domisili saya di ciputat dan sy mau ganti plat B, gimana caranya ya pak? Apa bs urus di samsat ciputat atau samsat bsd atau gimana?
            Terima kasih

  27. Pak, saya mau tanya.
    Kwitansi jual beli itu pakai kwitansi biasa ya?
    Hanya ditambahkan materai 6000 kan pak?
    Atau ada format tersendiri untuk tersebut?

    Terima kasih pak

  28. mohon infonya pak..
    stnk motor saya hilang masih kredit td saya udah coba ngurus ke samsat cinere depok.katanya harus legalisir fc bpkb ke polda. harus ke polda ya pak ga bisa di polres???
    trims

  29. Informasi yg sangat membantu, trima kasih pak Agus. Berbekal informasi dr web ini, sy memutuskan urus sendiri mutasi kendaraan dr Jakbar ke Tangsel.

    Hari pertama, 14 Juli 2016, ke Samsat Daan Mogot, cek fisik (biaya 20 rb), ambil formulir, serahkan formulir & berkas pendukung ke lt 3 (loket mutasi keluar), lalu ke lt 4 loket TU Polri, balik lagi lt 3 (loket mutasi) lalu serahkan berkas (biaya 80 rb) dan dikasih tanda terima. Total waktu pengurusan hr itu 2 jam

    Hari kedua, 19 Juli 2016, balik ke Samsat Daan Mogot, serahkan tanda terima di loket mutasi lt 3, lalu petugas serahkan berkas, lanjut ke lt 5 utk urus fiskal. Urusan fiskal selesai lalu ke ambil arsip di bagian arsip (biaya 10 rb). Total waktu pengurusan 2 jam

    Hari ketiga, 20 Juli 2016, menuju Samsat Ciputat, legalisir cek fisik, lalu ambil formulir di lantai dasar, lanjut ke lantai 1, serahkan berkas ke loket mutasi, berkas diterima (biaya 80 rb), diberikan tanda terima dan diminta balik esok hari. Total waktu pengurusan 1 jam.

    Hari keempat, 21 Juli 2016, Samsat Ciputat, serahkan tanda terima ke loket mutasi, lalu petugas minta kita tunggu panggilan. Kemudian dipanggil oleh bagian notice, diminta cek apakah data sudah betul. Selanjutnya dipanggil untuk bayar pajak STNK, setelah bayar, menunggu sebentar lalu dipanggil untuk penyerahan STNK baru. Setelah terima STNK lanjut ke bagian TNKB, hy menunggu sebentar nomer plat baru jadi. Total waktu pengurusan 1 jam.

    Proses saya baru sampai disini, masih harus lanjut dengan perbaikan BPKB, mungkin di lain kesempatan akan sy share, tp harus diakui mengurus sendiri menghemat biaya sih.

  30. Saat ini saya sedang urus mutasi di sendiri di depok ke jakarta Barat.adapun biaya yang timbul sejauh ini gesek 5000(mestina gratis.krelaan). Loket Verifikasi cek fisik admin 30.000.(tnpa kuitansi).loket mutasi luar daerah 200.000(tanpa kuitansi).yg ini resminya berapa yah?.sekarang tunggu satu jam utk fiskal di loket 7..

    1. Saya lanjut nih cerita nya tentang mengurus sendiri mutasi
      1. Loket 7 menunggu 1 jam setengah baru keluar hasilnya dan kita harus banyak bertanya ke loket (karena di janjikan 1 jam setelah memasukan berkas). petugas loket menyebut angka 20.000
      2. Lanjut ke Arsip dengan membawa berkas dari Loket Fiskal. Masukan berkas di tolak karena gak perlu berkas tersebut .tapi langsung di panggil namanya bila berkas sudah masuk. saat itu Petugas Loket bilang data belum masuk. Saya tunggu dari jam 10 lewat hingga 11.30 tidak ada panggilan.akhirnya berani bertanya ke petugas ternyata .berkas terselip.di minta tunggu lagi.tidak terasa azan zuhur berkumandang (hawatir kepotong istirahat)
      benar saja petugas hendak istirahat namun saya sempat meminta .dan akhirnya di temukan berkas saya Namun ada yang kurang belum ada stempel TU dan TTD Petugas TU(OOW)..Lari ke Loket TU dan benar sudah Tutup untuk istirahat. Akhirnya Menunggu Kembali Loket TU buka setelah istirahat. Sebelum jam 13.00 sudah Standby depan Loket .saat loket buka langsung masukan dan katakan saya dari Arsip minta TTD.tunggu 15 menit nama di panggil dan tidak ada biaya.selesai sudah cabut berkas di samsat Depok dengan Rincian Biaya
      sbb
      Gesek 5.000
      ADM Loket Cek Fisik 30.000
      Loket Mutasi Keluar Daerah 200.000
      FIskal 20.000
      TOTAL 255.000
      Parkir 2000 (heheh)

      1. Hari ke 2 samsat jakbar daanmogot
        Loket 1 legalisir cek fisik dr depok tidak usah cek fisik ulang.biaya 20.000
        Fc fiskal, fc cek fisik legalisir ,fc bpkb.bawa ke lt 4 pendaftaran stnk.isi form permohonan stnk bayar 60.000 .bawa ke lt 1 loket khusus .bawa kembali ke lt 4.dapat kertas pengambilan hari rabu 27/07/2016..total biaya 87000. Termasuk fc dan parkir.waktu 2 jam

  31. Dear Pak Agus,

    mohon maaf saya mau bertanya. saya mau Mutasi STNK dan BPKB saya dari Depok ke Tangerang.
    Apakah Cek Fisik dan cabut berkasnya bisa di lakukan di Komdak semua ?
    Demikian hal saya ingin tanyakan. Terima kasih sebelumnya

  32. Assalamualaiku, mohon info pak, jika stnk kota tangerang mesti di samsat cikokol, atau bisa bayar pajak di samsat ciputat, soalnya domisili ane lebih deket ke ciputat, mksih sebelumnya

  33. pak agus saya mau tanya…Seblmnya alamat di STNK & BPKB saya dari jakarta timur dan sekarang saya pindah ke kot.tangerang, kira2 saya melakukan mutasinya saat pajak tahunan atau 5 tahunan ya pak ?

    Apakah kalau saya melakukan perpanjangan STNK tahunan bisa menggunakan KTP dgn alamat baru ?
    Terima kasih….

  34. Terima kasih untuk Informasinya yang sangat bermanfaat. Pelayanan mereka cukup bagus, cuma tidak semua petugas memberi petunjuk setelah dari loket seharusnya bagaimana : apakah harus ke loket berikutnya, tunggu dipanggil, atau lainnya…
    Mungkin karena lebih banyak yang dari agen, jadi dianggap sudah tahu/hafal…
    Sekali lagi terima kasih…

  35. Siang pak,kemarin saya ke samsat serpong untuk mutasi masuk,saya mutasi motor dari bogor ke tangerang ganti alamat saja
    dari samsat serpong,,saya disuruh ke polda metrojaya,tetapi saya tidak tahu alamatnya, berkas masih disaya
    saya bingung..pakai biro jasa atau urus sendiri
    mohon solusinya,dikarenakan saya kerja
    saya lihat dipostingan bapak ternyata urus bkb motor ada juga bolak baliknya kepolda dan samsat

    1. Urus sendiri aja, gampang koq…

      Untuk alamatnya, ikutin kata pepatah aja “Malu Bertanya Sesat Ke Polda” patokkannya Plaza Semanggi atau lebih tepatnya itu Polda ada di Jalan Gatot Soebroto. Coba aja cari di Mbah Google.

  36. Selamat siang Pak. Saya ada mobil tetapi no kediri dan saya mau mutasi ke malang hanya problemnya no chassis sdh keropos. Apakah saya bisa dapat bantuan dari samsat polda metro untuk check fisik.?. kendaraannya ada dijakarta dan bpkb. Saya mohon bantuan jawaban bapak, terima kasih

  37. Selamat siang Pak. saya punya mobil plat nomor dan bpkb kediri, dan saya mau mutasi nomornya ke malang. Problemnya no chassis tdk ada karena sdh keropos. Apakah saya bisa dapat bantuan check fisik dari samsat jakarta.? dan sekarang mobilnya dijakarta dan ada bpkb, terima kasih

  38. Mohon tnya pak saya mau balik nama dari daerah kota ke kabupaten…kira” butuh waktu sampai berapa bulan nunggu bpkb keluar…dan ambilnya itu di Samsat kah

  39. mas saya baru pertama kali balik nama motor, dari tangerang kota ke tangsel. setelah kelar di tangkot (cek fisik dan segala macam) saya urus ke samsat bsd tapi tidak mendapatkan atau disuruh fotocopy cek fisk, langsung disuruh bayar keloket, dan dapat stnk dan plat nomer baru. apa nanti ke polda dki saya cek fisik lagi? soalnya saya ga ada fotocopyan cek fisiknya

    1. dan STNK saya pun pas jadi terdapat Typo 1 huruf pada nama kampung harusnya S malah jadi J pdahal jelas itu data2 fotocopyan semua tidak ditulis jadi jelas. malah saya di salahkan tidak mengecek ulang sebelum bayar diloket

  40. Salam Pak Agus, nice sharing… Boleh tanya info pak. Saya mau urus balik nama kendaraan. Dari hasil searching di web saya dapat info bahwa bbn 2/3 x pkb ( nilai pajak ). Yang ingin saya tanyakan, karna pajak kendaraan masih panjang ( baru berjalan 1 bln ) apakah pada saat pengurusan balik nama saya harus membayar pkb lagi? Dan pengurusan balik nama wilayah bsd bisa di samsat civic center? Terima kasih sebelum nya..

    1. balik nama tentu perlu pkb
      PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

      PKB biasanya tidak berubah dari tahun sebelumnya, atau berubah sedikit. Kalau berubah malah cenderung turun seiring bertambahnya umur kendaraan. Jadi PKB tahun sebelumnya bisa dijadikan patokan bagi PKB yang harus dibayar sekarang.

  41. pelayanan samsat balaraja buruk sekali,
    hari 1,
    2 mei 2016, sampai sana jam 10.00 untuk cek fisik kendaraan, motor, setalah selesai, ke lantai 2 untuk buat berita acara kehilangan stnk, sekitar jam 2an, trus di suruh balik lagi besok,
    hari ke 2
    tanggal 3 mei 2016 sampai sana jam 10.00 buat berita acara lagi di untuk di serahkan ke perubahan identitas sekitat jam 10.30 selesai trus di suruh dateng lagi besok,

    dari kejadin di atas pengurusan kehilangan stnk terlalu ber belit2, dan harus menunggu, kalau di perhatikan di sana percaloan sangat kelihatan sekali,

      1. Salam pa, saya mau beli motor plat nya tangerang selatan, tp rumah saya di jakarta timur, itu mutasi nya gmn, apa nnt klw balik nama saya tetep plat nya tangerang apa jd plat jakarta timur, karna kan sama2 ms daerah jakarta, trus sy bayar pajak nya ms di tangsel pa uda di jaktim klw dah blk nama, mohon penjelasan nya

  42. Salam pak agus….saya mw tanya..saya mau mutasi motor saya dari kabupaten tangerang ke bogor…kl boleh tahu ,untuk pencabutan berkas d lakukan d samsat mana ya??? Apa bisa d lakukan d samsat bsd…
    Mohon info nya…trima kasih sebelumnya….

  43. Bener apa yang dikatakan Pak Agus,menurus mutasi kendaraan sangat murah dan mudah. Asal kita mau antri dan sabar, prosesnya g telalu rumit.
    Saya melakukan mutasi dari Jakarta Barat ke Kab. Tangerang, dan saya urus tiap hari Sabtu karena hari itu saya libur dan bisa mengurusnya.
    – Sabtu minggu ke 1 : Saya ke Satpas Polda Metro Jaya Daan Mogot untuk mutasi luar daerah. Dsana melakukan cek fisik terus pembuatan surat mutasinya, biaya 75.000. Hari itu g langsung jadi,setelah berkas cek fisik dan FC STNK & BPKB (dan yang Asli) dikumpul, berkas bisa diambil seminggu kemudian baru jadi. Jika ingin cepat biaya bisa 2 kali lipat, itu yang saya tau dari orang2 yang kebetulan bersamaan ngurusnya.
    – Sabtu minggu ke 2 : Saya balik untuk mengambil berkas mutasi, setelah saya ambil trs melakukan pembayaran Fiskal 20.000. Setelah itu dibawa ke Ruang arsip di lantai 1 dari Lift belok ke kanan, untuk mengambil berkas kita yang nantinya akan kita serahkan ke mutasi tujuan.
    – Sabtu minggu ke 3 : Saya ke Samsat Balaraja, karena Kec. Cisauk termasuk area coverage pengurusannya disana. Tapi per tanggal 21 Maret 2016 sudah ada pembagian daerah per kecamatan bisa dilakukan di 3 Samsat (Balaraja, Serpong dan Cikokol). jadi mulai tanggal 21 maret 2016 Kec. Cisauk masuk Samsat Serpong.
    Hari itu saya masukan berkas yang saya ambil dari Jakarta Barat, tapi sebelumnya kita disuruh ke bagian belakang Loket cek fisik untuk legalisir berkas cek fisik yang kita bawa dari Jakarta Barat, jadi kita tidak perlu cek fisik lagi.
    Setelah itu kita naik ke lantai 2 loket paling kiri, kita serahkan semua berkasnya dan nanti kita dikasi selebaran untuk mengambil STNK Baru dan Plat Baru.
    Sebenarnya hari Senin sudah bisa diambil,tapi karena saya cuma ada waktu hari sabtu, maka hari sabtu berikutnya saya ambil.
    Sabtu minggu ke 4 : Saya mengambil STNK dan Plat Baru, dengan biaya 280.000 (karena saya belum bayar pajak plus denda dan ditambah administrasi). Saya menuju deretan loket di lantai 2 untuk membayar dan dikasih STNK baru,setelah itu turun ke lantai 1 dan keluar,belok kiri..dibelakang ada bangunan “Cetak TNKB”, dsitu saya mengambil Plat baru. Dan untuk BPKB untuk penggantian alamat, saya dsiuruh ke Polda Metro Jaya Semanggi, katanya tanpa ada biaya lagi karena cuma ganti alamat saja.
    Sabtu minggu ke 5 & 6 (minggu ini dan depan) : Saya nanti akan ke Polda Metro Semanggi, untuk mengurus BPKB ganti alamat.
    Untuk informasi waktu pengurusan mutasi ini, saya sebelumnya belum membayar pajak yang seharusnya saya bayar bulan Januari 2016, jadi telat. Dan pajak 5 tahun harusnya 2017, tapi karena mutasi…dirubah langsung dirubah ke 2021, jadi saya tidak perlu lagi tahun depannya ganti Plat untuk 2017.
    Sebelum saya urus sendiri mutasi,saya sempat tanya ke Biro Jasa..biaya 800.000. Akhirnya saya mutusin urus sendiri. Kuncinya, mau antri dan Sabar (tapi kemaren g ada 1 jm sudah beres tiap prosesnya)
    Demikian pengalaman saya,semoga bisa membantu yang lainnya.

      1. Kalau mau ambil bpkb motor syaratnya apa yaa… saya wktu mutasi pke jasa tp krna gha d ambil2 saya brmksud k komdak metro jaya untuk mengambil bpkb.. sudah hampir setahun

        1. Pengalaman saya kemaren..cm bw struk bukti pengambilan dg melampirkan fc ktp sesuai dibpkb/yang ambil dan fc stnk yg baru. Datang aja pagi2 jm 7..sdh pada numpuk di depan loket,jm8 baru buka. Biar g kelamaan antri. Makasih.

    1. Pak agus..saya mau balik nama mobil dr jakpus ke kab tangerang. Orang show room yg mau urus karna bpkb msh leasing. Saya di suruh cek fisik mobil saja di samsat balaraja apakah bisa? Hanya cek fisik..

      Makasih

    2. Itu pengalaman anda disana tp pengalaman saya sendiri mengurus muttasi atas nama sendiri dr kab Lamongan ke Banyuwangi sangat ribet nunggu waktu yg sangat lama bagi saya waktu daftar ke samsat lmg tgl 28-11-2016 sampai sekarang tgl 27-12-2016 belum jg selesai berkas yg di lamongan belum lg besok di samsat banyuwangi nunggu lg bisa” 1 thn blm selesai

  44. maaf pak pak tanya, kalau hari sabtu ditlantas polda metro jaya buka atau tidak ya? kalau buka jam kerjanya sampai jam berapa? terimakasih sebelumnya

  45. maaf pak numpang tanya..
    saya baru beli motor second dengan plat B DKI tangerang kota ( C ) dan pajak itu abis skitar pertengahan bulan april besok dan skalian ganti kaleng, trus saya mau perpanjang itu pajak sekalian balik nama dengan alamat didaerah jakarta barat ( plat DKI barat (B) ) itu gimana ya pak cara nya? tapi KTP atas nama BPKB dan STNK itu sudah pulang kampung dan susah dihubungi, tolong solusi info dan kira kira biaya nya berapa? terimaksih

  46. saya mw perpanjang pajak stnk mobil. trus ktp nya gak ada,dikarna kan atas nama orang lain saya beli mobil second.
    kira2 bisa gak yah? dan nembak ktp berapa buayanya?

  47. Dear Pak Agus..kebetulan nemu link ini. Sabtu tanggal 5 Maret, saya baru melakukan mutasi stnk dan bpkb karena KTP saya Tangerang(pindah rumah dari Jakarta Barat ke Tangerang). Saya baru smpi proses di Satpas Sim Polda Metro Jaya Daan Mogot. Sdh cek fisik,isi form mutasi..dan hasilnya dokumen bs diambil tgl 12 Maret.
    Nah setelah proses pengambilan itu apalagi,apakah ke Samsat Balaraja?nti disana cek fisik lagi y?
    Dari tulisan bapak diatas prosesnya kok bolak balik lg..dari Polda Semanggi-Samsat balaraja-Polda Semanggi lg?memang bgt y prosesnya?
    Trs beda masih dalam satu polda ato beda polda apa?soalnya saya isi beda polda,kan tangerang masuk polda banten
    Maaf panjang bgt pertanyaan saya. Terima kasih

    1. Hi pak, kalau mutasi udah keluar, harus dibawa ke polda yang baru. Tangerang masih satu polda pak ama DKI, setahu saya. Kalau pindahnya ke kabupaten Tangerang, harus ke Balaraja. Kalau kota Tangerang setahu saya ke Samsat Kota Tangerang pak, di Cikokol.

      Proses saya lama karena harus ganti alamat di BPKB juga pak, sepertinya itu sudah sesuai prosedurnya:)

      1. kemaren saya sdh mendapatkan dokumen mutasi dari Polda metro jaya,waktu saya tanya…kalau untuk Kec.Cisauk tangerang,harus kemana?mereka menjawab cari aja yg terdekat dari lokasi anda. Samsat Tigaraksa atau cikokol.
        Kalau di Tigaraksa itu Samsat apa Polres?

  48. tks pak Agus telah membagi pengalamannnya.
    mohon info nya pak untuk mutasi kendaraan dari jkt ke kab tangerang
    saya sudah sampai tahap ke bagian fiskal setelah selesai, saya di arahkan ke bagian arsip.
    tapi saya tanya ke bagian mutasi, saya disuruh langsung ke samsat kab tangerang (balaraja)
    kalo boleh tau isi berkas arsipnya apa saja pak.
    saya sudah terima dari bagian mutasi berupa: BPKB, STNK, Cek Fisik, Faktur kendaraan
    prosedur mana lagi yang saya harus lanjuti pak
    tks atas bantuannya pak

  49. Begini prosedur yang saya jalani untuk mengurus sendiri mutasi STNK dan BPKB antar Samsat ( tapi masih dalam 1 Polda)
    pak Agus, kalo saya mau memutasi dari jakarta ke tangerang selatan apakah masih dalam 1 polda?
    trus untuk total biaya yang diluar pajak kendaraan apa cuma 85.000?
    terimakasih. 🙂

  50. Mau tanya pas agus,,, kmrin saya udh urus smua balik nama di samsat””” trus skg stnk atas nama saya”” tapi buku BPKB masi atas nama tangan pertama” petugas bilang”” bsok kamu ganti BPKB baru di polda metro jaya,,
    Na pertayaan saya”’ saya harus bawa apa aja ksna” biar saya ga lupa bawa n bolak balik.. TQ

  51. Terima kasih pa agus …mau tanya kalo perpanjangan stnk tanpa ktp yang asli karena mobil sekon di samsat bakar aja bisa tidak? Terima kasih ….sekalian tanya kalo pencabutan berkas mutasi mau balik nana dari tangerang balaraja ke jawa tanpa bawa mobil untuk cek fisik bisa tidak?

  52. Terimakasih pak infonya, kebetulan saya mau mutasi motor saya dari jakarta ke tangsel (pamulang) apakah harus ke balaraja juga atau bisa di samsat ciputat yah itu?

  53. wah bermanfaat sekali, saya jg baru pindah dr jakarta ke kab.tangerang, dan mau mutasi stnk dan bpkb nih. nah saya mau nanya, jadi saya menyerahkan arsip dr polda yg dijakarta itu ke samsat BSD atau ke samsat balaraja ya?

  54. Infonya sangat jelas dan memotivasi saya untuk mengurus STNK sendiri… Saya pernah membaca bahwa tahun lalu Pak Agus memperpanjang STNK di samsat BSD secara online dengan KTP Tangerang… Apakah prosedur seperti itu masih bisa dilakukan? Yaitu dengan KTP Tangerang (baru pindah dari Jakarta) di samsat Balaraja? Mohon pencerahannya, Pak…

  55. infonya memberikan saya pencerahan kebetulan saya baru pindah ke daerah kab. tangerang dan nemu link ini, saya mw tanya tw nya samsat masih satu polda dari mana yah? biar tidak kena cas?

  56. jika di kota saya, biaya untuk permohonan perubahan bpkb di polda dikasih harga Rp 325.000,- untuk kendaraan roda 4, dan pembayaran langsung ke loket tsb tanpa lewat bri. Dan kita tidak diberi kuitansi, hanya slip untuk pengambilan bpkb baru yg akan jadi 7 bulan kemudian. Yang saya masih heran, entah itu biaya resmi atau hanya seperti pungutan liar.

  57. Pak Agus, terima kasih tulisannya, sangat bermanfaat dan membantu saya saat proses mutasi alamat dari jaksel ke kab. tangerang. Tadi pagi saya melakukan tahap ke 4 (ubah alamat di bpkb). Btw, dari tahap ke 1 hingga ke 4 memerlukan waktu 20 hari.

  58. Ini mah bukan cepat lagi. Lima hari mungkin sudah sampai “Bulan” pulang lagi. Kalau di luar negeri mah cuma
    2 jam juga selesai. Maka nya kita disini habis waktu untuk yang tidak produktif.
    Memang kita masih di jaman naik kuda keliling kota. Haaaa…..

    1. Ini bukan lima hari, tapi lima kali dateng, total durasinya 5 mingguan:)

      Saya setuju sih, ini buang-bunag waktu banget. Seandainya kepolisian mau invest rada gede buat alokasi IT nya, pasti enak banget nih.

      Mutasi/ balik nama/ perpanjang STNK BPKB semua bisa dilakukan di satu tempat. Yah semoga aja ada perubahan deh ya, amin:)

    2. Se é para apostar, caro Dr. Tavares Moreira, vou pelo palpite do caro Tonibler.Começo a notar que alguns misteriosos silêncios, povoam esta coligação.Já não vou ao Saraiva, ha uns bons 7 ou 8 anos, mas ainda não esqueci o sabor do cabritinho no forno, do bacalhauzinho e das coteletas de cabrito na grelha, assim como do vinho do produtor.

  59. Great info, Pak Agus! Oh iya, rata-rata sepertinya keengganan orang itu bukan masalah soal dokumentasinya sih, lebih kepada kemalasan untuk bolak balik lokasi yang berbeda-beda terutama untuk mutasi ini. Kebetulan saya belum pernah mengalami mutasi, tapi yang beli mobil saya rata-rata minta dikurangi harga untuk biaya mutasinya karena mereka pada pakai biro jasa.

    1. Iya, kebanyakan orang pasti udah males duluan bayangin bolak baliknya. Padahal bisa dilakuin tiap Sabtu pagi, daripada ke mal terus hahaha. Proses juga cepet kok, paling lama sejam an lah kalau kita dateng pagian. Apalagi kalau masih satu Samsat, jauh lebih cepet tuh:)

      1. Mohon tnya pak saya mau balik nama dari daerah kota ke kabupaten…kira” butuh waktu sampai berapa bulan nunggu bpkb keluar…dan ambilnya itu di Samsat kah

        1. Salam pa, sy mau beli motor plat nya tangerang selatan, sedangkan saya tinggal di jakarta timur( . Jatinegara ), trus saya mau balik nama a/n saya, itu mutasi apa sy ms pk plat no tangsel apa uda pindah ke jakarta timur ya pa? Trus sy nanti klw mau bayar pajak di tangsel pa uda di jaktim, krn ini kan plat nya sama2 B, cm wilayah yg beda, mohon penjelasan nya pa, terimakasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *