Menu

kalipengging

on how life is

Sekolah mahal.

sanur

” Gila mahal banget uang pangkal dan bulanan si Liam. Berani banget sekolahin anak. Di Jakarta banyak juga banyak sekolah yang bagus-bagus dan lebih murah. Kalau anaknya pinter sekolah dimana aja mah sama aja”

Saya dan istri hanya bisa tersenyum simpul mendengar ucapan sepupu istri saya tersebut. Jika mau membela diri, biaya sekolah SD di Ursula itu bukan yang paling mahal lho di Serpong. Ada sekolah yang uang pangkalnya 70 juta dengan biaya bulanan 7 juta, ada juga yang biaya tahunannya 60 juta. Yang termahal yang saya tahu ada yang 120 juta setahun. But enough with the numbers, saya akan melihatnya dari sisi lain:)

Saya kurang setuju dengan ucapan ” kalau anaknya pinter sekolah dimana aja mah sama aja”. Menurut saya pintar itu bukan satu-satunya hal yang penting dalam pendidikan anak. Anak SD biasanya sangat gampang terpengaruh dengan teman dan lingkungan sekitarnya karena itu saya dan istri berusaha mencari lingkungan pendidikan terbaik buat Liam, bukan gedung atau sarana fisik lainnya. Kami ingin agar Liam dikelilingi oleh pribadi-pribadi baik agar dia berkarakter baik pula.

Mencari sekolah dengan lingkungan seperti yang kami harapkan tentu bukan hal mudah. Kami bisa dengan gampang silau oleh gedung megah yang ber AC, dengan guru expat yang selalu berbahasa Inggris. Kami bisa juga termakan iklan – iklan sekolah yang biasanya bermunculan di bulan Oktober. Atau kami bisa juga tergiur dengan uang pangkal dan uang pangkal yang murah.

Kami tidak mempertimbangkan gedung, iklan atau uang pangkal tersebut. Pertimbangan utama kami adalah reputasi. Dan reputasi hanya bisa terbentuk oleh waktu, bukan gedung atau iklan. Reputasi itu sangat mahal, dengan alasan ini saya dan istri hanya bisa tersenyum saat saudara kami bilang ” gila mahal banget”:)

Apa alasan anda menyekolahkan anak anda di sekolah tertentu?

Leave a Reply