SD Santa Ursula BSD 2014.

Posted by on February 18, 2014

sdsanur

Jika tidak ada aral melintang, Liam akan melanjutkan sekolahnya di SD Santa Ursula (Sanur) pada bulan Juli 2014 ini.  SD Sanur sudah membuka pendaftaran sejak minggu ke 2 bulan Februari. Dari jatah kursi SD yang 120 orang, 108 dialokasikan untuk lulusan TK Sanur. Berapa biayanya?

Uang pangkal SD untuk tahun 2014 ini Rp 25 juta, dengan uang sekolah perbulan Rp 1.5 juta. Untuk informasi tambahan, SD Saint John BSD menetapkan uang pangkal SD Rp 28 juta dengan perbulannya Rp 2.2 juta. Maaf saya tidak memiliki informasi untuk sekolah lainnya di seputaran BSD. Mahal? Buat kami mahal, karenanya kami sudah hidup ngirit setahun ini, semua demi sekolah ini:)

Sejak awal kami memang bermaksud agar Liam meneruskan SD nya di Santa Ursula juga, karena itu kami memasukan dia ke TK Ursula. Kami tidak memikirkan opsi SD lainnya karena:

  • Disiplin Katolik yang berkelanjutan akan lebih membentuk karakter Liam. Kami sudah merasakan bedanya walaupun Liam hanya setahun di TK Ursula. Kami lebih suka anak bener daripada anak pinter.
  • Tidak adanya tes masuk SD yang biasanya mengetes kemampuan membaca, menulis dan berhitung (Calistung) TK Ursula tidak mengajarkan caslitung, hanya sekedar pengenalan angka dan huruf. Mereka juga tidak menganjurkan anak untuk mengikuti les tambahan. Kami sangat menyukai kebijakan ini. TK adalah masa untuk bermain.
  • Guru Ursula yang kami rasakan cukup perhatian ke tumbuh kembang anak. Kami memang lebih suka guru yang perhatian ketimbang guru yang “canggih”

Ada yang anaknya masuk SD Ursula juga?

Update:

  • Uang pangkal SD di Jakarta Nanyang School Rp 32 juta. Biasanya ada diskon 50%, jadi hanya bayar sekita Rp 16 juta. Yang mengejutkan saya adalah uang pangkal ini berulang bayar tiap tahun. Untuk uang sekolah bulanan Rp 2.9 juta.
  • Untuk pendaftaran TB dan SD Santa Ursula 2015 bisa dicek di sini.

This article has 59 comments

  1. Lala Reply

    Selamat malam pak.. mau tanya kalau untuk SD Sanur kebersihan sanitasinya oke ngga ya? Untuk toiletnya begitu, toilet duduk atau jongkok? Maaf kalau pertanyaannya unik. Hehehe.

  2. Ariani Reply

    Hello Pak Agus
    Bolehkah diupdate ttg kegiatan SD Sanur yang Liam jalani? Terutama frekuensi PR dan test 🙂 thankyou!

    1. Agus Reply

      Hello bu Ariani, sampai kelas 3 sekarang ini, PR dan test sepertinya gak sebanyak sekolah sekolah lainnya yang lebih “ambisius”. Seminggu paling 1-2 PR saja sejauh ini. Untuk test biasanya per 3 bulan ada test.

  3. elly Reply

    Hallo salam.
    Menurut saya biaya sekolah di Sanur sangat tinggi.
    Bagaimana bisa orang tua yang berpenghasilan menengah ke bawah menyekolahkan anaknya ke tempat tersebut ?

  4. maria cecilia Reply

    Salam kenal pak..boleh minta info biaya sekolah utk SMA Sanur dan SMA st Jhon? Tksh

  5. maria Reply

    Pak, thanks ya info nya, kebetulan anak saya msh tk A skrg. Rencana mo masuk di sanur sd nya, jadi karena lihat kuota sedikit dr luar seperti info ibu” disini jg, saya berniat memasukan anak saya ke tk B sanur, kira” up nya sama atau lebih murah ya pak, thx sebelumnya

  6. Inez Reply

    Hai Pak Agus, saya mau tanya. Anak saya bln desember besok usia 3 tahun. Kira2 bisa masuk TB gak ya untuk tahun ajaran 2016-2017. Terima kasih

  7. dapoer febri Reply

    Hai Pak Agus. Bapak dulu dari Pekalongan ya ? Sorry kalau salah. Kebetulan saya ada rencana Tahun depan mau pindah ke Serpong, kynya tertarik ama Ursula. Mau nanya kalau misalnya dr kelas 8 nanti pindahnya mau pakai test ngga ya ?

    1. Agus Reply

      Betul bu, saya dari Pekalongan:)

      Kalau SMP, SMA sepertinya pake tes bu, anak Ursula sendirinya juga ikut test kok:)

        1. Agus Reply

          Biasanya SaNur gak terima transfer ditengah bu,tapi coba telpon ke SMP Ursulanya aja langsung bu di 021 5372641 – 42, goodluck ya:)

  8. Titin Reply

    Salam kenal,
    Anak sy tahun depan rencana mau saya masukkan TB Sanur mengingat umurnya sudah 3,5 th.Kira2 Uang pangkal dan uang sekolah sampai brp ya utk th 2016?Mengingat ekonomi yg semakin sulit,jd mesti nabung2 dl.Lalu ada tes masuknya kah?
    Terima kasih

    1. Agus Reply

      Salam kenal bu,

      Karena tahun ini baru ada kenaikan, sepertinya tahun depan belum akan ada kenaikan lagi. Ursula biasanya 3 atau 4 tahun sekali baru naik uang pangkal. Tahun ini uang pangkal TB 30 juta, itu untuk 3 tahun sekaligus. Jadi nanti bayar uang pangkal lagi pas SD.

      Untuk uang pangkal SD tahun ini juga sama, 30juta, dengan uang sekolah 1,750,000.

      Semoga membantu ya informasinya:)

      1. Titin Reply

        Terima kasih balasannya,Wah mahal jg ya..tapi buat anak,gimana lg..itu harganya SANUR BSD sama dengan yg SANUR JL POS JAKARTA ga ya?atau malah lebih mahal lagi yg dijakarta?

  9. theresia Reply

    Salam kenal! Awalnya saya juga mau nyekolahin anak saya ke Ursula, tapi baru mau daftar udah ditolak karena umur yg masih muda, anakku lahir bulan November. Akhirnya masuk ke sekolah St. John. Tapi SMP nya semoga bisa masu ke Ursula.

    1. Agus Reply

      Ursula emang rada strict ya di masalah umur. Juli paling lambat emang keliatannya:)

      Semoga bisa dan masih mau nantinya ke SanUr ya bu:)

  10. Angela Reply

    Hallo Pak,
    Kalau saya boleh tanya, apakah di Sanur BSD ini waktu TK dan SD juga ada performance (yang biasanya ada di International school) untuk membangun kepercayaan diri tampil di depan publik? Bukan yang terlalu extreme tapi supaya tidak terlalu pemalu saja. Keponakan saya juga ada yang masuk SD Sanur BSD dan mamanya dan anaknya sama2 happy sekali 🙂 Thanks for the input ya 🙂

    1. Agus Reply

      Ada bu, biasanya setahun 2 kalian pentas kalau gak salah. Semua anak berpartisipasi, hanya dibagi-bagi sesuai bakat anaknya:)

  11. Lola Reply

    Terima kasih atas sharing sekolah Sanur-nya. Saya tertarik memasukkan anak saya ke Sanur. Pak, benar tidak kalau sekolah Sanur untuk tes masuk TKnya sang anak tidak boleh menangis? Jika menangis maka tidak lulus tes..benarkah? Please dijawab Pak. Terima kasih

    1. Agus Reply

      TB, TK dan SD gak ada tes masuk bu. Waktu pendaftaran hanya diminta bawa anak kita. Dan sepertinya gak ada anak yang nangis bu, rata-rata pada bermain di taman yang luas:)

      Yang rada ketat hanya masalah umur bu, minimal harus sudah umur 3 tahun waktu masuk TB.

  12. Hendrik Reply

    Pak, perkenalkan nama saya Hendrik.
    Mau tanya, cara bayar uang pangkalnya apakah dengan cara dicicil dlm periode yg sdh ditentukan sanur atau bayar langsung lunas?

    1. Agus Reply

      Hi pak Hendrik, salam kenal ya:)

      Uang pangkal di Ursula ( KB ampe SMA) biasanya dibayarkan 50% dulu saat anak kita diterima. Untuk 50% sisanya, bisa dicicil sampai 6 bulan. Untuk beberapa kasus, kadang bisa sampai 10 bulan.

      Yang pasti, uang pangkal gak bisa ditawar pak, sudah ada minimumnya. Mau lebih juga boleh:)

  13. aldo Reply

    Mlm pak..mau tny untk msk thn dpn sudah open house atau sudah tutup ya..sy telat nh sepertinya..

  14. Wahdi Reply

    Mau Tanya pak informasi masuk smp sanur bsd, anak smp masuk dan plg jam berapa ha? Kalo ada ekskul apa jam pula hanya jam berapa dan apakah sabtu anak wajib masuk? Tq

    1. Agus Reply

      Hi pak, jam sekolahnya jam 7 sampe jam 13.15 pak. Sabtu kayaknya masuk pak:) Kalau TK dan SD gak masuk.

  15. Caspia Reply

    Aduhhh racyunnn betul ini blog memaaang 😉 selalu senenh baca review sampeyan pak… tadinya saya mau banyu skolah ponakan yg murah di bsd tapi masih bimbang apakah bagus di sekolah negri? Mungkin bagus tapi saya pingin anak tsb punya dasar kristiani yg baik utk bekal dia nanti, gpp deh dari skrg nabung biar bisa kekumpul uang pangkalnya thn dpn, saat ini ponakan usia 3thn, brati kalo masuknya thn dpn, uang pangkal tsb mengcover TK A dan TK B juga kan ya pak?
    Pingin masukin ke sanur karna katanya ada substitusi silang utk yg ekonominya kekurangan, nah ponakan saya ini ibunya janda, ekonomi gak tentu karna masih cari kerja, saya suruh sementara ibunya jaga rmh saya di bsd utk dpt uang tambahan, kira kira bisa ga ya dpt keringanan 😉 hehehhe
    Btw selain sanur, yg murah apakah ada di bsd tapi base nya kristen or katolik school…

    1. Agus Reply

      Kalau TB, uang pangkal itu sekalian buat TK A dan TK B, nanti SD baru bayar uang pangkal lagi. Soal subsidi silang itu aku dengernya untuk uang sekolah bulanan, belum tau pasti apakah berlaku untuk uang pangkal juga. Cuman kalau aku boleh saran ya mbak, mungkin lebih baik jangan terlalu mengejar subsidi silang itu, soalnya seumpama dikasi subsidi pun, kita harus pikirin peer pressure di kelasnya lho, apalagi anak kecil itu kan sangat gampang iri:)

      Di sepuran BSD yang ga/belum semahal Sanur yang aku tahu : Ora et Labora ( deket kolam renang lama BSD, sebelum Ursula, perempatan Anggrek Loka) Solideo dan Antonius ( daerah Nusaloka) Mereka uang sekolah kayaknya 500-600rb, uang pangkal sekitar 10 jutaan ya kalau gak salah.

      1. Caspia Reply

        Pak makasih banyak infonya, mau nanya lagi:

        1. Kalo TK itu dari jam brp smp jam brp di Sanur ?
        2. SD juga dari & smp jam brp?
        3. Apakah ada Ekskul utk TK dan SD di Sanur ?
        4. Apakah masih dikenakan uang seragam , buku dll setelah bayar uang pangkal?

        Makasih banyak Pak

        1. Agus Reply

          Hi,

          1. TK dari jam 7 sampe jam 11.
          2. SD kelas 1 sampe jam 11.15, baru tahu sampai ini aja:)
          3. Ekskul ada
          4. Uang seragam dan uang buku ada, tapi kalau TK dikit banget bukunya kok.

  16. esti Reply

    Wah makasih byk ya,pak,infonya.. Mudah”an bisa sekolahin anak sy di ursula 🙂

  17. esti Reply

    Halo pak,terimakasih infonya ya 🙂 Sy jg lg hunting-hunting sekolah utk anak sy,taon dpn dia usia 3th. Tdnya msh bingung antara ursula atau antonius (krn antonius dkt dgn rmh sy). Tp bc artikel bapak,jd mantap buat masukin ke ursula. Mo tny pak,wkt anak bpk Liam msk TK ursula,apa ada tes bicara,krn anak sy kenneth 2th 4bln br mo mulai bicara,agak telat dibanding anak seusianya. Takutnya jd penghalang bt msk ursula. Thx sebelumnya 🙂

    1. kalipengging Reply

      Liam waktu itu langsung masuk TK B, karena umurnya sudah 5 tahun. Untung masih ada kursi sisa waktu itu.

      Gak ada test apapun, cuman waktu pendaftaran sebisa mungkin anaknya dibawa. Untuk dilihat aja, gak diapa2in kok:) Ursula hanya saklek di umur sepertinya, minimal udah umur 6 tahun untuk masuk SD nya.

      Liam juga telat ngomong, 3 tahun lewat baru mulai ngomong, tapi abis itu bawel. Tenang aja:)

        1. Agus Reply

          gak harus kok, cuman ya kuota untuk anak luar sedikit sekali. Mungkin dibawah 10 kursi ya.

  18. oly vhia Reply

    Setuju! walaupun pernah dijambak suster Chico wkt jaman SMA tp ‘teuteup’ pgn menyekolahkan anak saya di Sanur BSD ;P. Skg usia anak saya msh 13 bln, jd msh 3 thnan lg kalau mau masuk TK.
    Uang pangkal & bulanan TK Sanur skg brp yah?

    1. kalipengging Reply

      Kalau tahun ajaran 2013 kemarin, uang pangkal TB yang mencakup TK A dan TK B juga, sekitar 25jt. Uang bulanan 1,250.

      Btw dulu sampai dijambak suster, pasti bandel banget deh:)

      1. Susan Reply

        Hi pak Agus, salam kenal..
        Apakah jika anak masuk langsung TK A / TK B, kita hrs bayar 30 juta jg u/ uang pangkal nya? (mengingat bahasan d atas uang pangkal mencakup u/ TB, TK A & TK B)..
        Rencana jg anak saya mau sekolah d Sanur u/ ajaran tahun depan, skr usia masih 2 thn & akan msk d TK langsung, tanpa melalui TB heheee

        Thanks

        GBU ^.^

      2. Kartika Reply

        Hallo Pak, aku mau minta share info donngg…
        Anak ku sekarang TK B di Penabur dan rencananya aku mau daftar SD nya di Sanur BSD, cuma quota untuk TK luar hanya sedikit ya… chance nya kecil dong ya untuk TK luar.
        Apakah persyaratan utamanya hanya umur, kalo hanya itu berarti kemungkinan akan sulit menyeleksinya ya..

        1. Agus Reply

          Setahu saya seleksinya hanya umur bu, gak ada tes masuk SD soalnya. Untuk kuota anak luar emang rada sedikit sih bu, tapi coba aja dulu:)

          Btw kenapa mau pindah dari Penabur bu?

          1. Kartika Reply

            Aku khan Katolik, jadi mau skul yang katolik juga. Waktu anak ku (Filbert) playgroup sampai sekarang (TK B) aku daftarin ke Penabur karena lebih dekat dari rumah, kasihan kalo terlalu jauh karena masih kecil…
            Apakah Sanur BSD lebih mendominasi di bidang akademik? Seperti banyak tugas/PR, Ulangan begitu?

            1. Agus Reply

              Sanur sejauh ini untuk kelas 1 dan 2 SD gak terlalu banyak ulangan juga bu. Tugas juga jarang, sepertinya kelas 3 keatas baru lumayan sering. Btw satu kelas isi 40 anak lho bu, biar gak kaget duluan:)

              1. kartika Reply

                Ada berapa orang guru dalam Kelas? Apakah ke handle ya?? Setau ak khan itu National Plus ya? Tapi apa sich nilai lebih dari Sanur? Apakah anak kelas diwajibkan sudah bisa baca?

                1. Agus Reply

                  kelas 1 dan 2 ada 2 guru. Kurikulum nasional, masuk SD gak wajib bisa baca. Kelebihan paling utama buat saya adalah pendidikan karakternya. Bagi saya nilai ulangan cuman bonus aja:)

                  1. Kartika Reply

                    Pendidikan karakter nya seperti apa? Apakah guru-gurunya sangat strict dan galak gitu??
                    Oh iya, Sekarang Liam kelas berapa?
                    Ak sebenarnya agak galau sich karena khan Sanur buka pendaftaran di Februari trus quota anak luar juga sedikit, sementara skul lain sudah buka pendaftaran dari sekarang…
                    Jadi seperti gambling ya..
                    Apakah disana ada antar jemput yang sampai ke daerah Banjar Wijaya? Boleh share info Pak kalo memang ada reference jemputan…

                    1. Agus

                      It’s the little things they do, misalnya budaya ngantri dan kedisiplinan lainnya:)

                      Guru2nya ok kok, gak terlalu banyak yg muda muda juga, jadi level pengalamannya lumayan.

                      Untuk jemputan, sekolah gak sediakan khusus, third party banyak tapinya, jarang denger ada kasus juga sih.

                      Untuk masalah pendaftaran, yakinin aja bu, tapi kalau mau ada cadangan masuk Saint John juga bisa telat kok daftarnya:)

                    2. kartika sari

                      Hello Pak,

                      AKu mau tanya ya : di syarat administrasi pendaftaran yang No. 10 khan ada surat pernyataan yang ditanda tangani oleh orang tua.. Maksudnya surat pernyataan apa ya?
                      Lalu, pengambilan formulir bukan nya sudah online ya Pak?
                      Mohon info nya..
                      Terima kasih ya Pak..

                    3. kartika

                      Hello Pak,

                      Aku mau tanya ttg persyaratan administrasi yang No. 10 khan ada surat pernyataan yang di ttd oleh ortu… Itu maksudnya surat pernyataan apa ya?
                      Trus, pengambilan formulir bukan kah sudah bisa online ya?
                      Pleas advice nya.
                      Terima kasih….

                    4. Agus

                      Surat pernyataannya nanti ada guidelinenya kok, jadi hanya perlu disalin pake tulisan tangan dan ditanda tangani kedua orang tua.

                      Pengambilan formulir harus dateng ke sekolah.

            2. Kartika Reply

              Pak, di persyaratan khan ada minta surat keterangan dari ketua lingkungan Paroki. Boleh tolong info surat keterangan apa ya pak maksud nya? Thanks ya Pak..

              1. Agus Reply

                surat keterangan dari ketua lingkungan yang menyebutkan bahwa orang tersebut benar tinggal disitu.

  19. leonyhalim Reply

    Hi pak, jadi mampir sini karena cari info mengenai TK Sanur BSD. Saya sendiri juga mengarahkan kalau bisa masuk ke sana. Anak saya sekarang usia 14 bulan. Saya sendiri lulusan Ursula Jalan Pos. Terasa banget kualitas pendidikan yang luar biasa, dan sentuhan Sr. Francesco yang tiada duanya. Nanti saya boleh tanya2 lagi ya soal Sanurnya. Thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *