Perpanjangan STNK di Samsat BSD.

Tadi pagi saya mengurus perpanjangan tahunan STNK di Samsat BSD. Karena Samsat Banten, DKI dan Jawa Barat (sebagian) sudah online, maka saya tidak perlu lagi jauh-jauh ke Jakarta untuk bayar pajak kendaraan. Sangat praktis dan sangat membantu. Oya, Samsat Online ini sementara hanya melayani perpanjangan tahunan dan 5 tahunan.

Dokumen yang harus anda bawa untuk perpanjangan STNK hanya KTP, BPKB dan STNK asli. Kemudian dokumen-dokumen tersebut di fotokopi dan dimasukan dalam amplop. Tidak perlu kuatir kalau anda belum sempat fotokopi, di Samsat BSD ada 2 tempat fotokopi yang sekaligus menyediakan map untuk menyimpan copy dokumen anda. Biayanya 5 ribu saja.

Jika anda ber KTP Tangerang, anda bisa langung ke loket 3. Sebelumnya ada harus mengisi formulir pendaftaran terlebih dulu. Loket untuk formulir pendaftaran terletak di sebelah kiri loket 3. Selesai mengisi, bawa formulir dan map tersebut ke loket 3. Setelah anda menyerahkannya ke petugas, anda hanya perlu menunggu nama anda dipanggil untuk melakukan pembayaran dan mengambil kembali semua dokumen anda. Jika tidak terlalu ramai, keseluruhan proses hanya memakan waktu sekitar 15-30 menitan.

Jika KTP anda bukan KTP Tangerang, prosesnya akan jauh lebih singkat. Anda pergi ke 1 loket khusus yang bertulisakan Samsat Online dan melakukan proses yang sama. Karena antriannya lebih sedikit ( tadi pagi hanya ada 2 orang ), saya hanya memerlukan waktu 10 menit. Yang perlu diingat adalah loket online ini buka jam 8.30, bukan jam 8.00 seperti loket 3. Entah ini memang peraturannya atau karena petugasnya yang telat datang, saya kurang tahu:)

Saya tidak mengeluarkan biaya lagi selain biaya resmi, dan sepertinya juga tidak terlalu banyak calo berkeliaran di Samsat BSD. Loket-loketnya pun dibuat transparan, sepertinya untuk mengurangi praktek pungli. Jadi untuk perpanjangan STNK, urus aja sendiri, lumayan ngirit kan daripada harus bayar calo:)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *