Naik KRL.

krl

Sejak pindah rumah ke BSD, belum pernah sekalipun saya menggunakan mobil pribadi untuk ke kantor di daerah Kuningan. Saya memilih naik Commuter Line. Commuter Line (CL) adalah kereta rel listrik yang menghubungkan Jakarta dengan daerah-daerah penyangga lainnya seperti Serpong, Tangerang, Bogor dan Bekasi. Mereka juga melintasi tengah Jakarta seperti Manggarai, Gondangdia, Kota dan Ancol.

Saya memilih menggunakan CL karena murah, cepat dan stasiunnya dekat rumah. Hanya butuh 5-10 menit naik motor untuk sampai ke Stasiun Serpong atau Stasiun Cisauk. Sebenarnya ada juga Stasiun Rawabuntu, hanya saja stasiun ini sedikit lebih jauh dan saya harus melintasi jalan raya Serpong yang lumayan ramai. Tarif CL sampai Stasiun Tanah Abang hanya Rp 3.000 plus biaya parkir motor seharian Rp 3.000 juga. Total dalam sehari saya hanya menghabiskan Rp 9.000 untuk kebutuhan transportasi saya ke Jakarta.

Alasan lain kenapa saya naik CL adalah karena jam kerja saya yang bukan 8.00 – 17.00, saya jadi bisa memilih jam dimana kereta sedang sedikit kosong. Jika saya harus ke Jakarta, saya naik kereta pukul 14.05 karena biasanya kereta sedikit sepi. Sejauh ini jadwal kereta selalu tepat dan jarang mogok. Hanya butuh 30 menit untuk sampai Stasiun Tanah Abang dimana saya harus transit dan ganti kereta yang melewati Sudirman. Pukul 15.00 biasanya saya sudah sampai di Stasiun Sudirman.

Untuk kereta pulang ke Serpong, saya menghindari naik kereta antara jam 16 -18.00. Keretanya penuh dan padat sekali. Jika AC dalam kereta mati, saya jadi tahu perasaan ikan dalam kaleng sarden:) Pukul 19.00 biasanya sudah mulai kosong. Semoga dengan adanya penambahan rangkaian KRL dari Jepang fenomena sarden ini akan berkurang:)

Sejauh ini lumayan puas dengan KRL ini, kalaupun ada yang perlu ditingkatkan lagi adalah adanya papan informasi yang lebih informatif. Papan informasi tersebut bisa diletakan di tiap tiap peron dan berisi informasi seperti:

  • Informasi jurusan dan stasiun yang akan dilewati.
  • Informasi kedatangan kereta.
  • Informasi gangguan.

Rasanya 3 informasi itu yang paling sering ditanyakan orang yang baru pertama kali naik kereta. Orang yang sudah sering pun rasanya akan terbantu jika ada papan yang informatif. Untuk jadwal kereta yang kadang molor, saya maklumin saja karena terlalu banyak faktor penentu di lapangan.

Anda masih menyetir dari BSD ke Jakarta tiap hari? Coba naik KRL.

4 thoughts on “Naik KRL.

  1. Betapa efisiennya untuk Transportasi pulang dan pergi ke tempat kerja dengan CL ini ya mas, kebetulan saya juga baru pindah ke daerah tangerang (Sedikit pedalaman……) dan mencoba menggunakan CL ini dari Stasiun Tangerang sampai Grogol, Wusssh….cepat dan murah hanya 30 menit serta nyaman (walaupun berdiri) setelah itu sambung dengan Transjakarta hanya 10 menit saja Mas, saya sudah jarang sekali menggunakan mobil untuk pulang dan pergi kerja.

  2. Selamat malam. Pak, saya berencana mencoba naik kereta dr stasiun cisauk ke sudirman. Apakah parkir mobil di stasiun cisauk memadai dan aman?trims infonya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *