Pengalaman dengan MyRepublic.

ss

Setelah 25 purnama bertempat tinggal di BSD, akhirnya tanggal 7 Agustus 2015 kemarin terpasang juga akses internet di rumah. Selama 23 bulan ke belakang saya hanya mengandalkan provider GSM dan CDMA untuk akses internet yang haru biru kisahnya bisa dibaca disini.

ISP yang saya gunakan adalah MyRepublic. Ada beberapa alasan kenapa saya memutuskan untuk berlangganan MyRepublic:

  1. Kami sekeluarga membutuhkan internet tanpa bagus kuota dengan kualitas yang bagus.
  2. MyRepublic adalah satu-satunya ISP berbasis kabel optik FTTH ( Fiber To The Home) yang tersedia di komplek perumahan saya. Secara teori kabel optik ini bisa menghantarkan kecepatan hingga 1 Gbps, jauh lebih cepat dibandingkan dengan kabel tembaga biasa (coax)
  3. Harga yang ditawarkan sangat menarik, bahkan jika dibandingkan dengan penyedia FTTH lainnya seperti First Media atau MNC Play. Biaya bulanan untuk akses internet (up to) 100 Mbps yang saya pilih di MyRepublic adalah Rp 299,000, jauh lebih murah jika dibandingkan dengan First Media atau MNC Play yang mencapai dua jutaan lebih.

Ini baru hari ketiga saya berlangganan, belum banyak pengalaman dengan MyRepublic yang bisa saya tulis, hanya ada beberapa tips yang bisa saya bagikan sekarang ini:

  • Jangan berharap bahwa kecepatan internet yang kita dapat akan sesuai dengan brosur. Jadi jika misalnya anda berlangganan paket internet 100Mbps, jangan berharap kecepatan yang anda dapat akan 100Mbps juga. Banyak sekali faktor yang akan mempengaruhi kecepatan akses anda seperti router yang anda gunakan, banyaknya perangkat yang terhubung dengan internet di rumah anda, usia laptop/tablet atau hape anda juga mempengaruhi kecepatan akses internet yang anda terima.
  • Kecepatan internet maksimal jika anda menggunakannya sebagai Wifi juga akan berbeda dengan jika anda menyambungkan langsung kabel dari Router ke laptop anda. Dua gambar dibawah ini akan menunjukan perbandingannya. Gambar pertama adalah kecepatan jika menggunakan Wifi, sedangkan gambar kedua adalah jika digunakan langsung dari router ke laptop, lumayan kan bedanya?:) wifi                                                                                                                                          direct

Sementara baru ini yang bisa saya bagikan, postingan ini akan saya perbarui jika ada lagi informasi menarik lainnya, semoga hanya kabar baik yang akan saya bagikan nantinya:)

Anda punya pengalaman berinternet dengan MyRepublic?

Update ( 1 September 2015)

  • Internetnya belum ada masalah sejauh ini, TV nya yang bermasalah. Ada 1 channel ( Star World HD, channel 81) yang blank dari awal pemasangan sampai sekarang ( 3 minggu) Sudah 2 kali teknisi datang ke rumah, belum ada solusinya. Teknisi bilang bukan saya saja yang mengalami hal seperti ini, dan sudah banyak keluhan juga mengenai TV My Republic ini.

Update  ( 15 Oktober 2015)

  • Saya memutuskan untuk berhenti berlangganan TV MyRepublic. Terlalu sering gangguan.

Update ( 25 Oktober 2015)

  • Sejak kemarin koneksi internet di rumah saya terputus. Sepertinya ada masalah dengan IP atau DNS. Internet tetangga saya semuanya lancar-lancar saja. Sudah telpon 2 kali ke CS Myrepublic, sudah dijadwalkan teknisi untuk cek ke rumah. Semoga ga kelamaan deh.

Update (17 Desember 2016)

  • Mulai Januari 2017 akan ada biaya berlangganan Router Fibernya, Rp 30,000 sebulan. Tidak terlalu mahal, cuman sedikit menyebalkan.

Update ( 30 April 2017)

  • Per Mei 2017 harga paket naik Rp 30.000 untuk pelanggan lama, kompensasinya adalah speed internet dinaikan jadi 2 kali lipat. Untuk saya, dari 100 Mbps menjadi 200 Mbps.

  • sy adalah pelanggan my republic baru 3 bln lalu sy pasang dan tiap bulan byr rutin.tp tiba2 sdh 3 hr ini wifi dan tv sy gk bisa di akses dua2nya.sy telp ke cs berkali2 sampai pulsa habis tdk ada tanggapan,sy wa ke marketing yg nawarin sy cuma di baca doank.dan akhirnya sy amat sangat kecewa dgn kualitas pelayannya..buat teman2 semua klo mau pasang lbh baik teliti dulu,jgn jd korban seperti sy.apalagi tdk ada pemberitahuan di awal klo mau di putus mesti byr 1jt dan pinalty 100rb.semoga manajement anda cepat berubah jd lbh baik bukan makan uang prg dgn cara yg tdk benar.terima kasih

  • Ada no kontak seles my republic ga ya? Daerah jakbar, in parah ga ad yg benerin. Da 3hr semenjak bayar lum rasain apa apa da ga bs internetan. Mohon bantuan klo ad yg tau no kontak teknisinya.

  • Saya mau dicabut kok kena 1 jt sama 100 rb jadi saya diamkan saja lah malas gak dr awal di ultimatum SOP MOU ceritanya saya pindah rumah dan di tempat baru blm ada FAT jaringan MR. padahal saya senang sekali berlangganan tapi repot pindah rumah gini gimana saya ini ga terlindungi konsumen ini. Jadi saya diamkan sajalah ga bayar bulan ini dan itu alat alat ada sama saya kalau harus bayar 1 juta saya gak mau cobalah dari awal berbisnis dengan sehat halal jangan menjebak yg akhirnya konsumen yg dirugikan. Coba jangan saling mendzalimi saya pelanggan yg taat bayar
    Bantu kami pasang jaringan di perumahan Ketapang Pamulang barat perumahan Sasmita loka Pamulang barat perumahan Pamulang asri Pamulang barat bantu saya butuh koneksi internet Wi-Fi penting tolong

  • Tagihan saya dari awal 380ribu paket venus. Dari marketing nya bilang flat tanpa ada kenaikan segala macem.
    Masuk bulan ketiga Tagihan naik jadi 440rb. Katanya untuk biaya TV kabel.
    BULLSHIT marketing manis doang, mana koneksi butut putus mulu putus mulu.
    Punya Nomor WA awal doang di tanggepin, giliran di komplain diam seribu bahasa.
    Giliran mau putus dibebanin ongkos penarikan perangkat sama denda 1 jt?
    Pahit memang kalau sudah di cekek kayak gini, semoga aja Marketing cepet tobat makan duit boongin orang. dan untuk MR. RUGI GW PASANG!!! LINTAH!!!

  • sebelum berlanggan baca dulu

    Bapak Zul fikar yang terhormat,

    Terima kasih atas kepercayaan Bapak terhadap layanan MyRepublic.

    Menanggapi email yang Bapak Zul fikar sampaikan perihal permintaan berhenti berlangganan, dapat kami sampaikan untuk prosedur berhenti berlangganan adalah sebagai berikut :

    Tagihan Rp.0 terlebih dahulu,
    Pelanggan kurang dari 12 bulan/1 tahun dikenakan biaya pinalthy sebesar Rp.1.000.000 (belum termasuk pajak) dan
    Biaya penarikan perangkat Rp.100.000 (belum termasuk pajak)

    Kami informasikan pula mengenai perihal ketentuan tersebut telah MyRepublic informasikan pada website kami dengan link berikut : https://myrepublic.co.id/troubleshoot-faq/

    Demikian yang dapat kami sampaikan.

    Apabila terdapat hal lain yang ingin ditanyakan, Bapak Zul fikar dapat menghubungi kami kembali.

    Salam Hangat,

    Sawiji

    Customer Satisfaction Management Division

    MyRepublic | http://www.myrepublic.net

    Hotline : 1500 818 (Gunakan 021 untuk provider XL dan Smart)

  • Intinya saya kecewa banget sama My Republic. Padahal dulu kualitasnya bagus, stabil, cepat lagi.

    Nah sekarang? Bukannya bahagia makek wifi ini, yang ada justru buat emosi doang. Sering banget tiba tiba lambat, cepat, gk nyampe 5 menit kemudian lambat lagi.

  • Apa cuma saya aja yg termasuk pelanggan my republik paling nyaman.!? perasaan ane mulai pasang 2th yg lalu dengan harga promo masih Rp. 170.000,-/bulan fine2 aja.. sedikit kecewa sich di bulan akhir2 ini yg harganya naik Rp. 30.000,- tanpa pemberitahuan apapun.. cuman ketika tahu kec. full 5mb “dulu min. 2-3mb” dan kadang menthok 10mb., jd ane pikir.. ya masih lumrah.. Koq disini review’nya 99% bad review ya.!? Mohon petunjuk Masta.. Lokasi saya area my republik sidoarjo kota..

  • Bujubuset 99% bad review. Tadinya udah niat mau pasang. untung aja searching di Google “Testimonial Myrepublic” ketemu situs ini. Gak jadi deh akhirnya

  • kebanyakan review minusnya yak.., tadinya sangat tertarik MR karna kebetulan daerah ane uda tercover.., tak jadi pindah dari plat merah deh.., gpp masih pakai kabel tembaga dan max cuma dapat 3mbps tapi stabilll ga putus2, Tv nya pun juga bagus2 aja uda 2thn langganan dan kalau ada gangguan di smsin, telp 147 juga selalu ada yang angkat, minta teknisi datang maksimal 1×24 jam uda ada yg hub ane utk jadwal kedatangan.

    • Rasanya semua ISP pasti ada yg komplen dan yg kecewa pak. Kebetulan saya dan area BSD sini jarang gangguan dan speed selalu terjaga. Jadi saya masih pakai MR ini. Sayangnya pengalaman saya ini mungkin tidak sama dengan beberapa user yang berkomentar disini. Speerti halnya bapak puas dengan Indihomenya, tapi kalau mau dicari yang komplen juga pasti banyak banget. Pun dengan FirstMe*ia dan Bi*net, semua pasti ada masalah masing masing:)

  • Saya pelanggan MR edisi Bisnis 30mb, 600ribu.
    Sebulan pemakaian, pelayanannya ancur… ini tidak saya buat-buat…….
    dalam sebulan terhitung ada 4 kali perbaikan, ada yang bilang kabelnya kemasukan semut lah (2x), jaringan pusat truoble lah, jaringan internasional lg down,
    dan yang terakhir ada kabel putus di tengah jalan. Perbaikannya? 4 hari baru kesambung!
    Wow banget…….
    Bisnis cafe saya yg lg gencar2nya promosi,
    kedatangan pertama mereka, langsung banyak kuciwa….
    Abis sudah.. saya dikomplain bos sayaa….

    terakhir…. awal bulan kedua, diberitahukan kalau ada gangguan lagi.
    (tanpa menyebutkan karena apa)

    ketika saya memutuskan untuk berhenti, kata salesnya minimal berlangganan satu tahun…. yang NGGAK PERNAH DIINFORMASIKAN SAMA SEKALI WAKTU PERTAMA KALI……

    akhirnya saya nekat….gak peduli diperpanjang ato nggak, pokoknya saya nggak akan bayar bulan selanjutnya, karna semua janji WOW salesnya pertama kali
    1. Kecepatan hanya beda dikit dr yg tertulis, sekitar 27mb dr 30mb (saya test seringkali tidak sampai 27mb, antara 23mb, 19mb, 17mb, bahkan pernah 13mb kalau lg down, dan tehnisi mereka waktu itu mengakuinya)
    2. KITA PALING STABIL, Tidak akan pernah DOWN, tidak seperti isp-isp yang lain (kenyataannya beberapa kali down,sesuai testimoni pelanggan & customer saya)
    3. layanan Prioritas Bisnis, maksimal 24jam penanganan. kenyatanyaan sering lebih bahkan sampai 4 hr (sy pernah cb isp lain kabel putus cmn 1 hr)
    maka…. saya kapok karena ini berpengaruh besar ke bisnis cafe saya
    (bayangkan yg bukan kelas bisnis T_T)
    so…. anda bisa menilai sendiri dari cerita saya diatas…
    (kalo ada yg tdk percaya, saya punya bukti percakapan wa dgn salesnya, lengkap) ini demi melindungi customer-customer lain dr sekedar PROMOSI JEBAKAN….

    • Terima kasih pak @joy karnavian. saya sedang mencari kebutuhan serupa,, banyak rekan sarankan My Republic, tapi setelah melihat reviewnya,, ngga mau take a risk.

      Semua provider memang ada plus minusnya,, download/ upload rate, fasilitas tambahan tv dan kecepatan inet dll. Namun, yang fatal utk My Republic ini saya nangkepnya adalah penalty 1juta + biaya penarikan. Pihak MR yang bisa aja berdalih, karena ngga baca agreement dari awal, tapi itukan karena ga melihat bagaimana orang lapangan MR memasarkan alatnya. Bisa aja sengaja ga dibilangin oleh marketingnya. Begitu ditarik, baru dicekik.

      • Betul,semua ISP pasti ada plus minusnya. Dalam hal ini MR memang harus mengontrol sales lapangannya lebih ketat. Bisa jadi sales “takut” membicarakan biaya penarikan ini karena berpikir ini bisa membikin mundur calon customer. Saran saya buat MyRepublic, harus ada Form Pinalti yang dikhususkan, jadi pelanggan harus membubuhkan tanda tangan di form itu saat melakukan pemasangan. Jika MR tidak bisa menunjukan form ini saat pelanggan berhenti, ya MR tidak bisa pinalti pelanggan. Pinalti ini sendiri sebenarnya sudah jelas ditaruh di web MR, cuman ya orang Indonesia kan males baca:)

        Untuk masalah pinalti sendiri, saya paham bahwa ini memang harus ada. Pemasangan fiber optik membutuhkan biaya, tentu akan rugi jika pelanggan berhenti berlangganan setelah 1 bulan. Harus ada SLA yang jelas dari MR ke pelanggan, jadi baik MR ataupun pelanggan tidak bisa saling abuse:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *