Pengalaman dengan MyRepublic.

ss

Setelah 25 purnama bertempat tinggal di BSD, akhirnya tanggal 7 Agustus 2015 kemarin terpasang juga akses internet di rumah. Selama 23 bulan ke belakang saya hanya mengandalkan provider GSM dan CDMA untuk akses internet yang haru biru kisahnya bisa dibaca disini.

ISP yang saya gunakan adalah MyRepublic. Ada beberapa alasan kenapa saya memutuskan untuk berlangganan MyRepublic:

  1. Kami sekeluarga membutuhkan internet tanpa bagus kuota dengan kualitas yang bagus.
  2. MyRepublic adalah satu-satunya ISP berbasis kabel optik FTTH ( Fiber To The Home) yang tersedia di komplek perumahan saya. Secara teori kabel optik ini bisa menghantarkan kecepatan hingga 1 Gbps, jauh lebih cepat dibandingkan dengan kabel tembaga biasa (coax)
  3. Harga yang ditawarkan sangat menarik, bahkan jika dibandingkan dengan penyedia FTTH lainnya seperti First Media atau MNC Play. Biaya bulanan untuk akses internet (up to) 100 Mbps yang saya pilih di MyRepublic adalah Rp 299,000, jauh lebih murah jika dibandingkan dengan First Media atau MNC Play yang mencapai dua jutaan lebih.

Ini baru hari ketiga saya berlangganan, belum banyak pengalaman dengan MyRepublic yang bisa saya tulis, hanya ada beberapa tips yang bisa saya bagikan sekarang ini:

  • Jangan berharap bahwa kecepatan internet yang kita dapat akan sesuai dengan brosur. Jadi jika misalnya anda berlangganan paket internet 100Mbps, jangan berharap kecepatan yang anda dapat akan 100Mbps juga. Banyak sekali faktor yang akan mempengaruhi kecepatan akses anda seperti router yang anda gunakan, banyaknya perangkat yang terhubung dengan internet di rumah anda, usia laptop/tablet atau hape anda juga mempengaruhi kecepatan akses internet yang anda terima.
  • Kecepatan internet maksimal jika anda menggunakannya sebagai Wifi juga akan berbeda dengan jika anda menyambungkan langsung kabel dari Router ke laptop anda. Dua gambar dibawah ini akan menunjukan perbandingannya. Gambar pertama adalah kecepatan jika menggunakan Wifi, sedangkan gambar kedua adalah jika digunakan langsung dari router ke laptop, lumayan kan bedanya?:) wifi                                                                                                                                          direct

Sementara baru ini yang bisa saya bagikan, postingan ini akan saya perbarui jika ada lagi informasi menarik lainnya, semoga hanya kabar baik yang akan saya bagikan nantinya:)

Anda punya pengalaman berinternet dengan MyRepublic?

Update ( 1 September 2015)

  • Internetnya belum ada masalah sejauh ini, TV nya yang bermasalah. Ada 1 channel ( Star World HD, channel 81) yang blank dari awal pemasangan sampai sekarang ( 3 minggu) Sudah 2 kali teknisi datang ke rumah, belum ada solusinya. Teknisi bilang bukan saya saja yang mengalami hal seperti ini, dan sudah banyak keluhan juga mengenai TV My Republic ini.

Update  ( 15 Oktober 2015)

  • Saya memutuskan untuk berhenti berlangganan TV MyRepublic. Terlalu sering gangguan.

Update ( 25 Oktober 2015)

  • Sejak kemarin koneksi internet di rumah saya terputus. Sepertinya ada masalah dengan IP atau DNS. Internet tetangga saya semuanya lancar-lancar saja. Sudah telpon 2 kali ke CS Myrepublic, sudah dijadwalkan teknisi untuk cek ke rumah. Semoga ga kelamaan deh.

Update (17 Desember 2016)

  • Mulai Januari 2017 akan ada biaya berlangganan Router Fibernya, Rp 30,000 sebulan. Tidak terlalu mahal, cuman sedikit menyebalkan.

Update ( 30 April 2017)

  • Per Mei 2017 harga paket naik Rp 30.000 untuk pelanggan lama, kompensasinya adalah speed internet dinaikan jadi 2 kali lipat. Untuk saya, dari 100 Mbps menjadi 200 Mbps.

  • my republic semakin mahal, kecepatan 200 untuk pelanggan lama hanya promo sementara, router yang di kasih juga berkualitas standar untuk sinyal. sekarang sering lambat, speedtest sih 97mbps, youtube buffering, dulu cuma malem, sekarang siang malem. cs di telpon jawab nya cuma bisa restart restart, tapi kemudian emang ada teknisi yang telpon. ada whatsapp untuk helpdesk tapi basa basi, dijawabnya bisa beberapa hari kemudian. murahnya sih belum ada tandingan, meskipun uda naik beberapa kali dan ada tambahan biaya ini itu.

    • Setahu sya, modem routernya agak kurang mumpuni gan, tuk menangani hal tsb coba agan tambahkan router dari luar, misal Tp link dll, hasilnya beda gan, speed dan stabilnya lumayan, karena sudah lakukan hal tsb..
      Coba deh, router tambahan tidak usah yg mahal”..

  • My republik pelayanan lama kalo utk daftar baru cpt bangat di layani tp kalo sudah jd pelanggan jgn harap cepat layanannya…di lempar sana sini sama petugas call center….apa yg ditawarkan petugas marketing tidak seindah yg ditawarkan…

  • Harga paket yg ditawarkan tidak sesuai dengan tagihan, seharusnya dijelaskan Harga tersebut blm termasuk pajak Dan tetek bengek lainnya…kejebak gw cuy

  • Duh.. jangan pakai myrepublic deh kalo mau pasang atau pindah provider optic.
    Pengalaman saya pakai myrepublic, hari pertama setelah instalasi ga langsung on. kata marketingnya langsung on.
    5 hari kemudian koneksi internet tiba-tiba terputus. restart modem sampai 3x, masih ga bisa. matiin lama.. besoknya dinyalain tau2 internet udh tersambung kembali. Umurnya juga sebentar… cuma 2 hari normalnya. Dan terputus lagi…… Saya coba hubungi marketingnya, jawabannya sama dgn jawaban pas gangguan kedua yaitu cuma ada gangguan di daerah anu. udh selesai tanpa menyelesaikan masalah internet yang sdg terputus. komplain saya kirim terus2an ke cs. dan… 5hari kemudian baru dateng tuh teknisi. Abis itu baru bener.

    Eh… sekarang udh lebih dari 24 jam internetnya terputus lagi. ampun dah.
    komplain sejam setelah terputus ga ditanggapi. komplain lagi 6 jam kemudian tetap ga ditanggapi. paginya saya telepon katanya hari ini ada teknisi yang bakalan dateng. eh sampe sore ini ditungguin ga ada kabar berita. ditelpon ke cs lagi, dibilangnya baru besok dijadwalinnya

    Waduh… parah dah. kalo yang mau pasang atau pindah ke myrepublic, bagusnya jangan dah. Nyakitin hati. Udah kalo telat bayar kena denda, kalo internet terputus lama ga ada diskon dari si myrepublic.

    • Sm sy juga nih..dari jumat sampai skrng (minggu) nelpon sdh 6x ga ada tindak lanjutnya…
      Pengen ganti kira” yg bagus dan hrg bersahabat dikantonh apa ya?

      • kalo bersahabat di kantong mah gaada kayanya sist, menurut saya my republic itu sudah maximal kalo masalah harga murah dan speed cepat. saya sih sarankan first media, tapi nda usah pake tvnya. mahal soalnya lama lama. pengalaman saya langganan dari pertamanya 300an, naik 400an, tiba tiba 560 ribu. semua terjadi dalam 4 bulan

  • Hati hati dengan Sales yg ke rumah, janji doang. Paket yg ditawarkan tidak sesuai yg dipasang. Saya deal kec 30mbps yg dipasang 15. Ternyata Sales oplosan dan tidak bisa dihubungi lagi. Customer Service tidak mau tau,..

  • Speed sih bs kenceng saya pelanggan lama yg dpt speed 200 mbps , sktar 4 hari kabel my rep ditabrak mobil semen , saya sudah 4 hari tlp my rep sampe skrg blm dtg teknisi , janji bsk2..
    Kalk after salesnya gni yah kecewa customer , sudah saya putuskan aja langganan padahal sebulan saya bs bayar sktar 700 rb an dgn tmbahan 2 unit decoder dan ip public. Smoga management bs berbenah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *