Mengurus Sendiri Pembuatan PT.

Jadi 3 bulan terakhir ini saya mengurus sendiri pembuatan PT untuk usaha baru. Sengaja saya tulis pengalaman saya disini supaya tidak lupa nantinya jika dikemudian hari saya butuh untuk membuat PT baru lagi. Amin.

Ada banyak artikel di jagat internet yang bisa anda jadikan pegangan saat anda mengurus sendiri pembuatan PT anda, saya hanya akan menulis secara singkat dan berurutan, sesuai pengalaman saya kemarin.

  1. Urus Akte Pendirian dan Pengesahan SK Menteri. Ini saya menggunakan jasa notaris karena memang orang biasa tidak bisa mengurusnya sendiri. Biaya yang saya keluarkan untuk ini sekitar Rp 5.000.000.
  2. Mengurus surat domisili di kelurahan. Jika tempat anda berusaha sudah sesuai peruntukan untuk lokasi bisnis, proses ini gampang. Anda hanya perlu kerjasama dengan pemilik gedung untuk menyediakan dokumen seperti PBB dan bukti bayar PBB dari gedung tersebut. Surat ini tidak dikenakan biaya.
  3. Mengurus NPWP di KPP terdekat. Prosesnya 2-3 hari. Jadi setelah anda daftar NPWP, kartu NPWP tersebut akan dikirim ke alamat terdaftar. Hal ini untuk meminimalir banyaknya PT bodong. NPWP ini tidak dikenakan biaya.
  4. Mengurus SIUP dan TDP online. Pengertian online disini adalah anda memasukan semua dokumen yang diperlukan secara online. Jika dokumen anda sudah lengkap dan disetujui, anda tetap harus membawa dokumen asli ke kantor PTSP terdekat saat anda mengambil dokumen SIUP dan TDP. Proses ini lumayan membingungkan jika anda baru pertama kali mengurus, pastikan anda membaca semua petunjuk di website PTSP. Jika anda hanya butuh 2 kali ke PTSP, anda sudah termasuk hebat. Tidak ada biaya untuk mendapatkan SIUP dan TDP ini. Proses ini memakan waktu hampir 3 minggu karena kemarin PTSP Jakarta Pusat sedang overload pengurusan perijinan. Sedangkan dalam 1 hari dibatasi hanya 100 pemohon kalau saya tidak salah.
  5. Membuka rekening perusahaan. Jika anda menggunakan BCA sebagai bank perusahaan anda, pastikan semua dokumen diatas sudah tersedia karena BCA tidak mau memproses permohonan anda walaupun anda hanya kurang 1 dokumen. Setahu saya, ada beberapa bank lain yang tidak seketat BCA. Jika semua syarat sudah terpenuhi, proses dari penyerahan dokumen sampai KlikBCA jadi sekitar 2 minggu.
  6. Mendaftarkan merek dan logo. Ini saya serahkan ke biro jasa. Saya kurang paham juga apakah perorangan bisa mengurus sendiri proses ini atau tidak. Biayanya sekitar Rp 3.500.000. Proses sampai terdaftarnya merek kita bisa sampai 2 tahun. No kidding.

Jika anda ingin mendirikan PT untuk pertama kalinya, saya menyarankan agar anda mencoba mengurusnya sendiri. It is an excting process:)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *