Kerja nomaden.

Jika anda seorang freelancer anda pasti sering bekerja di luar rumah. Biasanya kafe adalah tujuan favorit. Selain AC yang sejuk, banyaknya colokan listrik dan adanya ruang merokok, serta interior kafe yang super keren rasanya membuat proses bekerja semakin menyenangkan dan keren. Jika mata sudah capek menatap layar laptop kita tinggal mengarahkan mata ke arah lain. Kafe atau mal yang ramai menyajikan pemandangan yang dinamis, dijamin tidak akan membosankan seperti cubicle di kantor.

Bekerja di kafe memang menyenangkan, hanya saja kita perlu mencermati biaya yang mesti kita keluarkan. Jika dilakukan tiap hari, tentunya lumayan boros ya. Ada biaya bensin, parkir dan biaya makanan dan minuman itu sendiri. Saya sendiri sering bekerja di luar rumah, dan saya ingin berbagi tips agar kerja nomaden kita menyenangkan dan tidak terlalu boros.

  • Jangan kerja di kafe/mal 7 hari dalam seminggu. Buat saya 4 hari dalam seminggu adalah maksimal. Hindari juga bekerja nomad waktu weekend karena biasanya kafe akan lebih penuh. Semakin sering anda ke kafe, tentu semakin besar pula biaya yang dikeluarkan.
  • Cari minimal 2 tempat untuk bekerja nomad, jangan terlalu sering kerja di satu tempat saja. Hal ini menyebabkan anda gampang dikenali, oleh pegawai kafe ataupun maling yang bisa memprediksi kebiasaan kerja anda.
  • Datang setelah makan siang. Jadi kita hanya perlu memesan minuman yang tentunya lebih murah dibanding jika kita harus memesan makanan. Selain itu kafe biasanya juga lebih sepian.
  • Jika anda harus ke toilet, ubah kondisi laptop menjadi kondisi “sleep” kemudian bawa saat anda pergi ke toilet. Jangan lupa membawa gelas minuman anda jadi tidak harus memesan minuman lagi jika anda hendak mulai bekerja lagi.
  • Pilih food court atau family restaurant dimana kita bisa lebih tersamar. Saya suka bekerja di keramaian karena sedikit tersamar dengan pengunjung lain, jadi jika saya hanya memesan 1 gelas kopi atau air mineral saya tidak merasa terlalu bersalah. Tempat favorit saya adalah McDonalds BSD (ada 2)  banyak colokan, biaya parkir gratis dan air mineral hanya Rp 8.000:)
  • Bawa stop kontak yang bercabang, jadi kita bisa berbagi dengan pengguna colokan lainnya. Atau bisa juga membawa cable roll jika anda tidak merasa malu. Saya sering mengisi baterei laptop saya sampai penuh sebelum saya ke kafe untuk berjaga-jaga jika kita tidak mendapatkan tempat yang dekat dengan colokan.

Anda punya tips lain yang bisa dibagikan disini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *