Kenapa (banyak) startup gagal?

Jawaban yang detail (dan keren) sudah banyak di buku – buku atau blogposts:) Saya hanya ingin menjawabnya dari sudut pandang saya pribadi, maaf jika tidak banyak istilah keren ya 🙂

  1. Produknya tidak laku. Entah karena pasar yang tidak (belum) siap, atau karena founder nya tidak bisa menjual. Untuk startup rasanya tidak perlu terlalu jauh memikirkan strategi pemasaran. Jika anda mengalami kesusahan untuk mencari sekelompok pembeli / pengguna awal produk / layanan anda, artinya anda memikirkan ulang penawaran anda.
  2. Kehabisan uang karena gaji founder / staff yang tinggi. Semua orang butuh uang untuk hidup dan semua orang ingin uang yang banyak untuk hidup. Yang harus disadari adalah startup adalah bisnis yang sedang mencari jalan untuk tumbuh, dimana sebagian besar diantaranya tidak akan melewati tahun pertama. Lakukan segala pengiritan, termasuk dalam hal menggaji staf.
  3. Konflik internal antar pendiri. Semakin banyak pendiri, semakin besar pula kemungkinan konflik akan terjadi diantara mereka.
  4. Kurang networking. Saya beberapa kali datang ke pertemuan para startup di Jakarta. Banyak programer hebat yang rasanya bisa membuat apa saja. Hanya saja jarang sekali dari mereka yang fasih mempromosikan startup mereka kepada tiap orang yang hadir. Kebanyakan hanya berkumpul dengan orang-orang yang mereka sudah kenal sebelumnya. Entah karena malu atau gengsi.
  5. Melupakan hal-hal kecil. Website masih berantakan, kartu nama yang asal-asalan, alamat email masih pakai gmail dll. Menurut saya salah satu penyebab utama kesuksesan adalah kumpulan hal hal kecil yang dijalankan dengan sempurna dan konsisten.

Ada tambahan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *