Bye Rdio, Hello Joox.

Posted by on November 20, 2015

joox

Sekitar dua minggu sebelum saya mendengar berita Rdio bangkrut, saya sudah mencoba aplikasi streaming musik lainnya, Joox. Alasan utama saya mencoba Joox adalah karena saya merasa bahwa akhir-akhir ini aplikasi Rdio di Nexus 5 saya sangat lambat. Buka aplikasi, buka lagu dan juga pindah-pindah playlistnya jadi sangat lambat. Belum lagi faktor download & save songs offline yang sangat jelek, banyak lagu yang sudah saya unduh tidak bisa masuk ke offline playlist saya. Sangat menyebalkan.

Sudah sekitar 3 minggu ini saya mencoba Joox, dan saya lumayan puas dengan apa yang ditawarkan oleh Joox. Beberapa alasan saya menyukai Jook :

  • Aplikasinya cepat. Saya pernah mencoba Rdio, Deezer dan Guvera, dan saya bisa mengatakan bahwa Joox adalah salah satu aplikasi streaming musik paling cepat yang pernah saya coba. Perpindahan antar mukanya halus, hampir tidak pernah mengalami lag.
  • Kualitas streaming dan download offlinenya jauh lebih bagus dari Rdio.
  • Koleksi lagu Indonesia dan Mandarinnya lebih lengkap dibanding Rdio dan mungkin Deezer.
  • UI / desain aplikasinya bagus, nyaman di mata. Ada banyak theme yang bisa dipilih jika kita bosan dengan theme tertentu. Joox juga menampilkan lirik dari lagu yang sedang diputar, hanya saja lirik belum tersedia disemua lagu.

Bicara kelebihan tentu ada kekurangan. Menurut saya kekurangan Joox sejauh ini adalah:

  • Lagu baru yang masuk tidak secepat Rdio atau Deezer.
  • Fitur recommendation atau explore nya belum sebagus Rdio.
  • Popularity sorting ( lagu atau penyanyinya) belum terlalu bagus. Juga belum ada fitur related artist.

Dengan biaya berlangganan yang jauh lebih mahal dari Rdio ( Rp 15.000 dibanding Rp 49.000), saya berharap Joox akan terus mengembangkan aplikasinya.

Oya, sampai tanggal 23 November ini ada promo dari mereka, bayar 1 bulan dapat 2 bulan gratis. Jadi hanya dengan Rp 49.000 saya memiliki akses ke aplikasi musik yang bagus selama 3 bulan. Not bad:)

Semoga layanan streaming music Joox ini bisa bertahan lama:)

This article has 2 comments

  1. DEVVGIRL Reply

    Hello there, same here. 🙂
    Gw jg biasanya pake rdio, baru staunan lebih sih. Skrg rdio bangkrut -.- .. Gw mw coba cari penggantinya wkwkw gw install guvera krng oke lngsng uninstall.. Mo coba joox ini 😀
    Btw, rdio bukannya rp 20k/bln? Tagihan gw slalu sgitu sih hwhw 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *