Menu

kalipengging

on how life is

Berbisnis.

Berdasar pengalaman sejauh ini, ada beberapa hal yang membantu saya berbisnis.

  • Survival. Bisnis jalan atau kamu (dan anak istri) gak makan. Kalau kita dalam tahap ini, biasanya otak akan mikirin segala cara untuk dapetin duit. Proses pengambilan keputusan dan tindakan akan lebih cepat. Rasa malu akan hilang. Pilihannya malu atau gak makan. Gak akan ada tindakan tolol dalam stage ini, yang tolol adalah jika kita tidak melakukan tindakan karena gengsi. Survival stage ini adalah privilege. Gak semua orang bisa dapet, apalagi kalau masih ngantor:)
  • Cut cost. Kalau (dan biasanya) duit terbatas, kita harus pilah antara keinginan dan kebutuhan. Butuh laptop, tapi gak harus MacBook Pro retina display kan? Butuh kartu nama, tapi gak harus yang mahal dengan finishing macem macem kan? Butuh SDM berkualitas, tapi gak harus sewa rockstar dan ninja kan? Intinya setiap duit yang kita keluarkan harus menghasilkan semaksimal mungkin. Forget fancy stuffs, buy stuffs you need. Membangun bisnis adalah proses yang lama, jangan sampai kehabisan uang saat anda bener bener butuh.
  • Cash only. Sebisa mungkin hindari term of payment. Jaman sekarang menagih pembayaran itu jauh lebih susah daripada jualan. Lebih susah cari orang yang mau bayar tunai (atau bayar dulu) daripada cari pembeli. Jadi kalau ada perusahaan besar hendak jadi pelangganmu tapi dengan term pembayaran, jangan langsung disetujuin begitu aja. Kecuali kamu mau menjadikan mereka sebagai portfolio di websitemu, cash only is the golden rule. Cash is the king!
  • Networking. Ini memang klise banget, tapi lumayan bermanfaat. Sometimes people need to see the man behind the gun. Kalau orang pernah ketemu kita secara langsung, mereka akan lebih percaya untuk berbisnis dengan kita. Kita juga bisa mendapat lead, saran atau kritik untuk bisnis kita.
  • Pivot ASAP. Startupmu tidak menghasilkan? Tutup saja dan ganti bisnis. Tidak ada gunanya dipertahankan kalau hanya demi gengsi. Gengsi tidak bisa bayar tagihan:)

Kalau ada tambahan monggo dishare ya.

Leave a Reply