Belitong Trip.

Minggu lalu saya dan istri mengunjungi Pulau Belitung di Sumatera Selatan. Ada beberapa poin yang ingin saya tulis disini yang sekiranya bisa membantu anda dalam merencanakan perjalanan ke Belitung.

  1. Jika mengincar island hoping (Pulau Lengkuas, Tanjung Kelayang dll) sebaiknya anda berpergian di bulan Maret – Oktober dimana kondisi laut dalam keadaan tenang dan tidak ada ombak. Saat angin kencang dan ombak tinggi, tidak akan ada tukang perahu yang berani berlayar.
  2. Perjalanan ke Belitung hanya memakan waktu 50 menit dari Bandara Soekarno Hatta. Pilihlah penerbangan pagi (Citilink jam 06.00 dan Sriwijaya jam 06.20). Selain kemungkinan delay yang lebih kecil, anda bisa sampai sana dan langsung sarapan untuk kemudian langsung memulai tur.
  3. Kondisi Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin di Tanjung Pandan lumayan bersih dan terawat. Hanya saja ukurannya kecil. Jarak ke tengah kota Tanjung Pandan sekitar 30 menit. Tidak ada macet di sana.
  4. Ketersediaan transportasi umum sangat kurang. Untuk lebih efisien dalam memanfaatkan waktu liburan, sebaiknya anda memilih jasa layanan tour lokal. Mereka bisa menyiapkan semuanya, dari penginapan, transportasi sampai makanan.
  5. Sewa mobil seharian plus supir dan BBM rata-rata Rp 500,000. Sewa motor sekitar Rp 100,000. Untuk rute Tanjung Pandan – Belitung Timur, sebaiknya jangan naik motor. Jaraknya lumayan jauh, sangat berangin dan udaranya panas.
  6. Sudah ada Gojek di kota Tanjung Pandan walaupun jumlahnya masih sedikit.
  7. Jika anda suka pantai, pilihlah hotel di area Jalan Patimura. Ada Fairfield by Marriott (sedang dibangun), BW Suites, Pondok Impian 2 dan beberapa hotel kecil lainnya. Beberapa hotel tersebut itu memiliki akses langsung ke pantai.
  8. Masakan berbahan ayam dan sapi tidak sebanyak menu seafood (dan babi) Capcay dan bakso kuah kebanyakan memakai bakso ikan.
  9. Warung Kopi BEJIBUN. Mostly franchise dari Kopi Kongdjie.
  10. Tidak ada Alfamart dan Indomart di Belitung. Warung biasa banyak.
  11. Kota Tanjung Pandan tidak terlalu besar. Jika anda menginap di tengah kota (area Jl Sriwijaya) dalam radius 5 km anda sudah bisa melihat banyak sisi kota tersebut. Kotanya bersih dan aman untuk anda jelajahi dengan berjalan kaki.
  12. Di Tanjung Pandan, kebanyakan warung kopi sudah ada WIFI. Di kota Manggar (Belitung Timur) warung kopi ber WIFI masih sedikit sekali.
  13. Jika waktu anda sangat terbatas ini yang harus anda dulukan di Belitung : Museum Kata Andrea Hirata, Ngopi di KongDjie, Makan di RM Timpok Dulu (Es Jeruk Hamoi nya seger banget), Makan di Mie Atep, Ngopi di Manggar, Makan Gangan Ikan dan yang paling penting Island Hopping.

Ada tambahan?

Museum Kata
Museum Kata Andrea Hirata di Gantong, Belitong Timur,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *