Asisten Rumah Tangga.

Berikut Ini adalah beberapa hasil pengamatan saya akan ART ( Asisten Rumah Tangga) yang tinggal didalam komplek perumahan saya. Mungkin ada satu dua hal yang bisa anda pakai untuk mencari atau mempertahankan ART anda.

  • ART sering merasa kesepian, apalagi jika mereka baru mulai bekerja di majikan baru. Perlakukan mereka seperti anggota keluarga sendiri jika ingin membuat mereka betah. Hewan peliharaan seperti anjing atau kucing bisa menjadi faktor penentu apakah mereka akan betah di rumah anda atau tidak.
  • Perhatikan kebutuhan mereka seperti makan, tidur dan hal-hal lainnya seperti menyediakan makanan kecil dan membelikan mereka kebutuhan personal seperti sabun dan shampo. Jangan berikan mereka makanan sisa atau hampir kadaluarsa. Konyol? Tapi hal seperti ini lumayan sering saya dengar.
  • Berikan batasan yang jelas tentang tugas dan hak mereka. Jangan sampai satu ART memegang semua tugas, dari mengurus bayi, membersihkan rumah sampai mencuci mobil.
  • Berikan waktu kerja mereka yang jelas, jadi misalnya jam kerja mereka dari jam 5 pagi selesai sampai jam 6 sore, dan setelah itu mereka bisa melakukan apa yang mereka mau. Berikan juga hari libur untuk mereka, sehari dalam seminggu biasanya sudah cukup. Kadang saya melihat hal ini sering kali dilupakan oleh sang majikan dan ART sepertinya harus siap 24/7.
  • Mereka adalah generasi yang berbeda dengan ART orang tua kita. Mereka adalah generasi Facebook, WhatsApp dan Instagram. Jika mereka tidak menyukai perlakuan majikan, mereka akan saling bercerita lewat hape mereka. Hal yang sama juga berlaku untuk ART yang sudah senior, seperti diatas 30 tahun, hanya saja mereka lebih suka untuk bergosip langsung. Singkat cerita, mereka bergosip, jadi hati hatilah dengan apa yang kita ucapkan.
  • Mereka, terutama yang muda, suka berbelanja online lewat Facebook atau Instagram, dan barang yang paling sering mereka beli ada baju dan kosmetik. Pemutih wajah untuk lebih tepatnya.
  • ART yang berasal dari jasa penyalur, biasanya lebih gampang pindah dibandingkan jika dengan kita mengambil langsung dari desa, tetapi yang paling gampang pindah biasanya jika mereka berasal dari kampung sebelah ( biasanya pembantu harian)
  • Pembantu harian (pulang hari) biasanya suka membanding-bandingkan gaji antar rumah. Jangan sampai anda menjadi korban pricing system kelompok mereka.
  • Ada juga ART yang suka bercengkrama dengan satpam komplek, kadang ada juga diantara mereka yang bertindak kejauhan. Siapkan CCTV di rumah anda jika anda merasa ART anda termasuk tipe genit:)
  • Naikan gaji mereka setahun 2 kali, setahun terasa sangat lama untuk mereka. Bisa juga anda menjanjikan kenaikan gaji setelah Lebaran.
  • Lebaran adalah Judgement Day anda, apakah ART anda akan kembali bekerja lagi untuk anda atau tidak.

Ini adalah murni opini saya berdasarkan pengamatan saya pribadi. Anda punya tambahan info mengenai seluk beluk ART?:)

4 thoughts on “Asisten Rumah Tangga.

    • biasanya dari awal udah ga sreg fik, entah faktor bawaan dianya ( terpaksa kerja, dipaksa kerja) atau dari kamunya ( gaji, fasilitas, lokasi rumah atau even chemistry kalian)

      Kadang alasannya konyol banget, misalnya gak suka karena ada kucing:))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *