Tentang anak kedua.

Posted by on March 14, 2014

IMG_1493

Bulan Juli ini Liam akan berusia 6 tahun. Sejak dia berusia 3 tahun, sudah ada beberapa teman yang menyarankan untuk kami tambah momongan. Sejauh ini hanya sambil lalu saja kami menanggapinya sampai akhirnya saya memutuskan untuk menulis kenapa Liam belum punya adik.

  • Kenapa? Apa alasan utama Liam harus punya adik? Apakah hidup dia akan menjadi lebih baik jika dia mempunyai adik? Apakah jika punya adik kehidupan keluarga kami akan lebih baik? Kalau untuk masalah kesepian, sepertinya Liam tidak mengalaminya. Kami selalu ada dirumah untuk dia, anak tetangga yang seumuran dia juga lumayan banyak di komplek kami dan tiap sore mereka selalu bermain bersama.
  • Mahal. Biaya pendidikan anak makin lama makin mahal. Kami tentu tidak akan rela jika Liam ( atau adiknya) tidak bisa bersekolah di sekolah yang bagus hanya karena dana kami kurang. Kebanyakan sekolah bagus itu mahal, dana pendidikan harus dipersiapkan secermat dan sedini mungkin. Kami juga harus merenovasi rumah atau bahkan pindah ke rumah yang lebih besar jika kami memiliki lebih dari 1 anak. Pengeluaran ini sedikit banyak tentu mengganggu pos dana yang lain.
  • Repot. Semua tentu setuju bahwa punya bayi itu adalah hal yang sangat merepotkan. Mungkin menyenangkan, tapi tetap saja merepotkan kan? Harus ini harus itu, gak boleh ini gak boleh itu dan hal hal lainnya yang merepotkan. Sekarang kami sudah melewati sebagian besar kerepotan itu, dan kami merasa enggan jika harus memulainya lagi:)

Sementara ini kami belum kepikiran untuk mempunyai anak ke dua. Jika nantinya Tuhan memberikan kami kepercayaan lagi, tentu kami akan menerima dengan senang hati.

Bagaimana dengan anda, apakah 1 anak aja cukup?

This article has 2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *