Akses internet di The Icon BSD.

Salah satu tantangan tinggal di The Icon BSD adalah kurangnya akses internet berkualitas. Sinyal internet yang cepat dan stabil susah didapat didaerah rumah saya. Lupakan Speedy, FirstMedia atau Biznet. Mereka semua tidak (belum boleh) masuk ke area saya. Provider GSM pun belum boleh mendirikan BTS mereka di area The Icon, Foresta dan sekitar. Saya dengar dari tetangga yang bekerja di Telkomsel, bahwa mereka (bersama dengan XL dan Indosat) akan menggugat ke pengelola BSD.

Pilihan yang ada hanya menggunakan CepatNet atau menggunakan Smartfren. Keduanya adalah produk dari anak perusahaan Sinar Mas Land ( pemilik BSD City). Karena CepatNet mendapat banyak sekali keluhan di Kaskus, sistem kontrak 12 bulan dan juga prosedur pemasangan yang lama akhirnya saya mencoret CepatNet dari opsi ISP.

Setelah mencoba menggunakan Telkomsel, XL dan Axis dan Smartfren akhirnya saya memutuskan untuk memakai Smartfren. Sinyal tergolong lumayan, walaupun mungkin dalam sehari bisa 2-3 kali putus Saya membeli Modem Smartfren Connex Evo Rev B yang secara teori bisa mencapai 14.4 Mbps. Kecepatan nyatanya bisa dicek dibawah ini:

sf

Sementara ini rasanya saya akan memakai Smartfren. Semoga tahun depan sudah ada opsi ISP berkualitas lainnya:)

(Update 30 November 2013)
Kemarin mencoba untuk pasang CBN DirectNet, untuk sinyal yang bagus harus memasang pipa/tiang antena sekitar 6 meter dari atap rumah. Gak jadi deh, takut rubuh:)

(Update 1 Desember 2013)
Sinyal XL sepertinya sedang bagus di area The Icon, download speed antara 5 -8 Mbps dan upload speed up to 2Mbps)

(Update 11 April 2014)
Sedang ada pemasangan fiber optic dari Innovate, ya semoga aja speednya cepat dan stabil.

(Update 9 Mei 2014)
Yang masuk CepatNet lagi 🙁 Katanya nanti baru akan diganti seluruh Icon. Sementara sebagian Avani sudah pakai Innovate

(Update 1 Juli 2014)

Sinyal XL menggembel lagi. Parah.

(Update 24 Juli 2014)

Ada kuesioner dari First Media untuk penghuni The Icon. Ayo kita perbanyak dan isi supaya FM bisa bekerjasama dengan BSD:)

(Update 18 Agustus 2014)

Semoga cepat ada repeater Telkomsel di Icon. Desperate time needs desperate action:)

(Update 1 September 2014)

Innovate sudah mulai mengukur The Icon untuk mengetahui berapa meter kabel optik yang dibutuhkan. Perkiraannya bulan Februari 2015 sudah terpasang semua di The Icon.

(Update 9 maret 2015)

Ada petisi di change.org untuk akses internet yang lebih baik di The Icon (dan sekitar), bisa diklik disini ya.

(Update 2 April 2015)

Sepertinya sudah ada beberapa repeater dari tower bersama operator GSM. Hanya saja belum aktif.

(Update 8 Mei 2015)

Sudah ada penggalian fiber optic di dalam komplek Cosmo,yay!

(Update 2 Juli 2015)

ISP yang akan masuk ke The Icon adalah My Republic, yay!

(Update 5 Agustus 2015)

Saya mendaftar untuk My Republic, dibawah ini adalah daftar harganya

PLMY

(Update 7 Agustus 2015)

MyRepublic sudah terpasang, baca review saya disini.

 

92 thoughts on “Akses internet di The Icon BSD.

  1. haii ko, kebetulan saya ingin cari modem wifi yg signlanya bagus dan saya juga rumhnya di The icon, saya sdh pasang My Republic tapi di lantai 2 signlnay tidak sampai hny dapat di lantai 1 saja..jd saya berfikir ingin beli modem wifi tambhn lagi recoemenya apa ya ko??

    thx

  2. Hi,

    I tried google translate to read your thread, very interesting, thanks!

    My company (situated at the icon) was told by myrepublic that their normal business packages are not available at the icon. Only “business pro” is available. Can you confirm that?

    Business is 999.000 IDR/month for 300 Mbit/s
    Business pro is 9.999.000 IDR/month for 300 Mbit/s

  3. Dear gan Agus dan agan lainnya.

    Saya Haris bagian marketing MR area Tangerang dan sekitarnya.
    Memang saya akui untuk pelayanan teknisnya belum 100% baik dikarenakan, team teknisi maupun installasi masih dipegang oleh vendor, namun dalam waktu dekat ini akan ada perubahan manajemen yang dimana seluruh pelayanan teknis tsb akan dipegang langsung oleh pihak kami (MR), jadi mohon maaf apabila banyak keluhan untuk mengenai hal ini.
    Tidak lupa saya menginfokan, bahwa cepatNet per tanggal 10 Desember 2015 ini akan putus secara keseluruhan dan di alihkan ke MyRepublik, jika agan sekalian ingin beralih ke MR, saya bisa membantu menanganinya untuk menghindari antrian dikantor MR tsb.

    Infokan saja jika ingin saya percepat perubahan ke MR bisa melalui WhatsApp di 087771110666 (Haris)

    Terimakasih.

  4. Sore gan, saya juga baru nih di serpong raya km7, tepatnya 1 ruko dengan holland bakery di alam sutera. Ada rekomendasi pakai apa ya disana? Krn sy cek untuk viber optiknya belom terpasang juga. Thanks bantuannya

    • Dear Chocopinkholic

      Apakah untuk sekarang ini sudah terinstallasi di kediaman bpk/ibu.? jika belum, bisa saya bantu percepat melalui WhatsApp saya di 087771110666 (Haris)

      Terimakasih.

  5. Met kenal pak Agus,

    Saya tinggal diKencana Loka seputaran Sekolah Stella Maris, dulu pake Cepat Net tp lemooot bingit. Kira2 nanti Myrepublic masuk juga ke Kencana Loka ya? Sudah saya coba ytanya ke CS Myrepublic dan Innovate tp gak pernah diangkat telponnya…

      • salam kenal pak,

        saya baru tinggal di cosmo, kemarin saya coba telpon indihome katanya uda cover tapi bukan fiber, jadi saya coba daftar yg biasa dgn kecepatan 5mbps dan tinggal menunggu dihubungi oleh teknisinya.

        ternyata hari ini saya dapat brosur si my republic ini, lalu karena saya belum pernah dengar, jadi saya coba cari2 apa ada yang menggunakannya lalu ketemu postingan bapak.

        menurut bapak apa saya pake indihome atau my republic ya pak? mumpung saya belum konfirmasi indihome nya nih.

        terima kasih sebelumnya.

          • Untuk Western Cosmo Icon berarti ud masuk ya myrepublic. Ada yang ud pasang dan bisa share bagaimana kualitasnya?
            Soalny harus langganan 1 tahun dn kalau putus tengah-tengah kena penalty 500,000. Kalau kualitasny msh kurang jadi rada males untuk pasang dulu.

            • Saran saya dicoba aja dulu pak, saya baru instal 2 hari, sejauh ini ok ok aja. Susah untuk nemu ISP yang 100% perform pak, mau First Media, mau MNcplay atau Biznet juga pasti ada pelanggan yang gak puas:)

  6. Saya tinggal di verdant view, saya mau tanya untuk internet myrepublic apakah sudah bisa dtmpat saya n bagaimana jaringan nya yah??

    • Apakah sudah ada galian kabel optik gak pak di Verdant View? Kalau ada, itu berarti MyRepublic akan masuk ke sana pak:)

  7. Kita penghuni baru di cluster albera…
    waduh pertama kali masuk jaringan lemah..

    Bolt disini gabisa…
    rencananya kita mau masang wifi… recom donk wifi yan paling bagus..

    Makasih yaa ????

      • Myrepublic ud masuk western cosmo?
        Bagaimana speed dn servicenya ya? Mengingat banyak keluhan dn masalah sebelumnya dengan innovate atau cepatnet. Jangan2 hanya ganti nama aj tp sama aj mengecewakannya

        • Baru selesai penggalian kabel optik, semoga ga banyak gangguan. MyRepublic ini ganti teknologi dan manajemen pak, nanti dicoba sendiri aja pak;)

          Banyak juga kok yg puas dengan CepatNet, di Bakery Lia stabil banget:)

  8. myrepublic tempo hari saya lihat ada marketing nya mangkal membagikan brosur dekat pop hotel, untuk the icon apa sudah mencakup semua ya coverage nya, btw ini myrepublic , innovate juga ya pak

    • My Republic pengganti Innovate, jadi merek Innovate udah berganti jadi My Republic. Untuk Icon kayaknya yg belum digali Caspia ya:)

  9. saya tinggal the green bsd,,, sudah memakai jaringan innovate..parah bangeett koneksinya… uda bbrp kali telp ke cs mengeluh tentang koneksinya yg terputus sudah hampir seminggu tidak ditangani.. telp terus ke csnya diangkat lama sekali,, sekali2nya diangkat ehhh malah diputus secara sepihak oleh pihak cs innovate sungguh sangat tidak sopan..innovate hanya mau duitnya saja pelayanannya dan akses internetnya sungguh mengecewakan,, dasar RAMPOKKKK!!!

    mohon pihak pengelola BSD lebih memperhatikan akses internet di daerah.. saya sangat mengharapkan adanya ISP lain seperti fastnest, indovision, ataupun indihome bisa masuk ke daerah kawasan BSD.

    sebelumnya saya memakai cepatnet,,namun katanya cepatnet sudah diambili alih oleh innovate (menurut keterangan cs innovate) sewaktu pake cepatnet malah ga ada masalah.. diganti dengan innovate malah parahhh bgt!!!!

    semoga adanya banyak keluhan dari warga bsd.. pihak pengelola bsd dan isp yg bisa masuk kawasan bsd lebih memperhatikan lagi kelancaran akses internet di bsd

    terima kasih.

    • Betul pak,sayang rasanya kalau produk bagus tidak diimbangi dengan CS yang bagus:)

      Secara teori harusnya Innovate ini lebih bagus dibanding CepatNet, karena Innovate pakai kabel optik. Kalau di kawasan The Icon, CepatNet yang sering bermasalah pak.

    • Halo Pak Rully

      Saya juga tinggal di the green bsd nih. Lagi mau ganti ISP n bingung pilih yang mana utk di the green.
      Bapak sekarang pakai ISP apa jadinya?

  10. Pak,
    penghuni baru nih di Cosmo. Sekarang untuk Innovate ud masuk semua ke Cosmo? kecepatannya dan kualitasnya bagaimana nih?
    Untuk sinyal sih Indosat dan XL memang kacau abis mungkin karena belum ada BTS nya. Ad denger-denger info ga ya kapan tuh jadi mendingan?

    • Hi pak Franky, Innovate sudah masuk ke Western Cosmo, kalau di Eastern dan New Eastern saya lihat baru mulai digali pak:)

      Indosat dan XL belum bisa diharapkan pak, mungkin bentar lagi mereka akan aktifkan repeater mereka dikawasan The Icon ini:)

  11. Ada yang tau utk di Cluster Caspia (Sebrang Cluster The Icon), IP apa yg masuk? sy coba contact Cepat Net, katanya krn mrk sudah beralih menjadi Innovate tdk semua cluster mereka cover (salah satunya Caspia yg tdk mereka cover). Tolong inputnya ya….sy sudah coba pake BOLT dgn IP tri (3) tp signalnya not really good…tq

    • Kalau sudah ada galian CepatNet sebelumnya, biasanya Innovate juga masuk lho pak/bu. Apalagi saya liat didepa Caspia juga sudah ada galian kabel optik kan?

  12. halo pak, salam kenal, saya calon penghuni baru di the icon verdant ville, saya tadi sempat telp ke innovate, rupanya di cluster saya blum rata, sebagian blok belum masuk layanan, katanya masih perluasan jaringan. infonya sih tahun ini bisa mencakup semua. untuk sekarang jadi enakan pake apa ya.. katanya ada BTS smartfren dan telkomsel baru ya, apa udah aktif ?

    • Verdant ville saya gak tau ya bu, cuman Cluster Cosmo udah full coverage. Mendingan cek langsung dilokasi bu, harusnya sih digalinya semuanya ya bu, kalau partial akan repot besok2nya:)

      Smartfren ok disini, bts bersama sepertinya baru smartfren yg aktif.

      • wah berarti untuk masa sekarang saya pakai smartfren aja ya buat internet nya,apalagi bts ny sudah aktif, mau tanya pak kalau smartfren enak pakai yg model mana ya , baik yg di PC maupun untuk wifi.
        btw kalo tv kabel /berlangganan rekomen pakai apa pak di tempat kami

        terima kasih sebelumnya

        • Smartfren atau Telkomsel paling ok sepertinya di kawasan The Icon. Kalau TV langganan saya pakai Indovision bu, malah cuman gambar bagus dan sinyal kuat, BigTV suka ilang siaran kalau cuaca mendung/berangin/hujan. Nanti Innovate akan ada TV nya juga sih bu:)

          • Iya nih sambil nunggu coverage innovate d tempat saya mungkin kombinasi smartfren dan indovision dulu aja ya pak, btw klo smartfren paj pakai yg modem usb atau yg mana ya , makasi sebelumny

    • baru cek ke Cepat net atau inovate , saya Icon Simplicity–
      Ternyata mungkin mungkin bila jadi nanti terpasang innovate 2 bulan lagi — Katanya
      Harap harap cemaas — mudah mudahan dengan beroprasinya AEON Mall sinyal di daerah Icon Meningkat
      Hope for enouh BTS

  13. Salam kenal, Pak dari kawan senasib. Malah saya kayanya lebih parah karena saya di Avani, Cluster Aleeka yang paling pojok. Belum ada ISP yang cover. Stress juga lama-lama karena kuota hp pun jebol. saya sampai pantau posting ini terus berbulan-bulan berharap ada update.

    • Halo pak Dimas, apakah di cluster bapak belum dimulai galian kabel Innovate? Di Cosmo sudah mulai dari tgl 7 Mei kemarin pak:)

      Ditunggu aja pak, harusnya Avani juga bentar lagi pak:)

      • Di cluster saya belum, Pak. Maklum paling ujung. Semoga cepat ada galian juga deh. Capek lama-lama ngga ada reliable internet connection.

  14. saya sarankan mengunjungi jl.pahlawan seribu blok Q – 39
    PT. Web Data Solusindo
    Perusahaan IT Solution
    dengan layanan
    Internet di BSD City
    Internet di Alam sutera
    Internet di Serpong
    Web Development
    Software House
    CCTV
    VoIP dan lain sebagainya
    hubungi akhmad@wds.co.id

    • wds nawarin solusi apa ya?

      saya sendiri tinggal di icon cosmo dan saat ini sedang desperate sama masalah internet. sekarang saya pakai bolt tapi problemnya banyak sekali (modem dc tiap beberapa menit dan harus di restart, kuota yang sangat minim dengan harga yang sangat mahal), provider hp XL juga sangat lemah, hanya bisa di lantai 2, dilantai 1 hanya dapat Edge),

      Pak Agus, setelah saya baca review bapak, saya berencana mengganti ke smartfren juga, atau apakah ada provider lain yang lebih menjanjikan dari smartfren? secara smartfren harga utk router/modemnya kalau tidak salah lmyn mahal kan ya (+- 800K?)
      saya sudah coba telp innovate (sampai detik ini belum masuk Icon), indihome / speedy juga belum masuk. saya tanya ada rencana masuk smuanya cm memberikan alasan klasik.

      • Gak coba CepatNet dulu pak?

        Smartfren pake usb modem dulu aja pak, sekitar 300-400 kalo gak salah.

        Telkomsel kadang lumayan pak, Tri juga. Indosat dan XL parah.

        • sebelumnya sih sudah pernah pakai Cepatnet dan super lemot, jadi sudah saya putus. nah skrg mau tau bagaimana performance cepatnet, kalau lumayan yah bisa saya coba lagi. tp jika masi aja jelek ya ogah.

          smartfren sih rencananya mau yang besar dan bukan yg modem usb, soalnya laptop jarang nyala. lebih untuk kebutuhan wifi hp saya dan kluarga dan tablet.

          XL sih pasrah saja saya, rasanya sulit aja kalau mau ganti nomor hp.

          • Tetangga ada beberapa yg pake CepatNet, kalau siang masih lumayan katanya pak:)

            Saya pake smartferen juga dicolok ke wireless router pak, jadi gampang dicopot kalau mau dibawa keluar moderm smartfrennya. Wireless router saya merek TP LInk pak, sekitar 400rb kalau gak salah pas belinya 2 tahun lalu.

  15. Salam kenal Pa. Saya baru akhir-akhir ini merasa desperate dengan kualitas internet di sana. Dulu menggunakan smartfren, tapi sudah saya matikan. Bolt kadang dapat kadang tidak. Saya tinggal di verdant view. Ada rekomendasi internet apa ya Pak yang sekarang sudah ok kualitasnya?

    • Salam kenal pak Dani

      Kalau saya pakai Smartfren pak buat dirumah, gak terlalu bagus, tapi masih bisa lah pak buat kerja dan sekedar browsing. Saya ambil paket abonemen, sebulan 270rb, satu hari dapet jatah kuota data 1GB.

      Mungkin setelah 6 BTS di kawasan The Icon sudah nyala semua, akan mendingan ya pak. Jangan sampai desperate dan jual rumah pak:)

  16. selamat sore , saya tinggal di foresta-foglio . Rada kecewa jg nih ama BSD, ISP lain ga boleh masuk,tapi ISP innovate nya sampai hari ini saya telp ke CS nya masih blm bisa masuk juga.
    pakai Bolt pun sinyal nya ga dapat.
    ada saran ? bagaimana dengan indi home ?

  17. jadi sekarang apa internet yang bagus di THE icon ada kemarin sempat mau coba innovate tapi bahaya juga nih keterangan CS nya berubah-berubah, ada yang bilang innovate belum masuk di the icon, ada yang bilang kalau sudah langganan cepatnet baru bisa, ada yang bilang sudah bisa, ada yang teman di daerah loka ada paket 3 mbps sedangkan di the icon hanya ada 10 mbps wkwkwkwkw….(modus nih)

    so desperate, kalau speedy masuk pake jg deh..

    • Yang paling jelas adalah kalau kabel Optiknya sudah bisa disambung ke rumah pak, itu berarti Innovate yang dipasang. Kalau masih pake kabel tembaga dari tahun2 lalu, ya masih Cepatnet:( Yang saya kuatir cuman sistem backend mereka aja nih, kayaknya gak terlalu menguasai seluk beluk ISP.

  18. tinggal di BSD seperti tinggal di hutan internet super lelet kadang mati total seminggu belum tentu di perbaiki cs tidak ada yang angkat telepon mau tutup harus tunngu 1 tahun kalau tidak kena denda 500 ribu rampokkkkkk

  19. Ayo rame2 daftar registrasi firstmedia di webnya, biar tau kalo disini ada beberapa yang mau pake firstmedia. Siapa tau ntar bener ada urus perjanjian ama cepatnet. Icon masuk sampora kan ya?

    Btw innovate itu bukannya cepatnet juga? Cuma ganti nama produk aja?

      • Hmm kalo cuma beda di fiber optic, berarti belum tentu efek ke kualitas? Karena saat ini latency bagus kalo jam kerja, (taon lalu sih) saya bandingin latency dengan fastnet ke game online di US, 11/12 lah imbang. Dari dulu sama, kalo agak sore ato weekend, weleee parah bukan cuma latency tapi juga bandwidth dan kestabilan alias putus2.

        • Itu juga jadi pertanyaan saya, kabel optik harusnya didukung dengan bandwith yg besar, kalau gak malah bottleneck hehe. Cepatnet ini emang masalah latency nya yg parah, kalau buat browsing doang sih masih ok. Semoga backbone Moratel udah dibesarin deh ya:)

  20. Kalo mo ngarep first media masuk ga mungkin banget bisa ke wilayah the icon dan sekitarnya dikarenakan first media nebeng ama tiang listrik untuk pemasangan kabel fo nya.daerah the icon sekitarnya kan tidak ada tiang listrik hahaha
    Untuk innovate yg ada cm avani aja..untuk yg laen berharap dan mimpi dl lah bs dpt innovate
    Bolt bisa di pake tp harus di pasang di luar area rumah.
    Xl kadang bagus kadang jelek tergantung mood dah
    Mo komplain apapun ke pihak pengembang juga percuma pasti.

    • Kemarin ada sales First Media yang bilang kalau per Agustus ini sudah ada MoU antara Moratel dan First Media, jadi bisa pakai jaringan bawah tanahnya CepatNet. Kayaknya bagi hasil.

      Minggu lalu orang dari Innovate juga kemarin sudah mulai ngukur jalanan di The Icon buat estimasi berapa panjang kabel optik yang dibutuhkan. Katanya paling telat Februari semua sudah terpasang kabel optiknya.

      Ya ditunggu aja lah ya, toh SmartFren masih bisa diandalkan sejauh ini:)

  21. Dalam waktu dekat, ada rumah di blok F yang akan di pasang repeater untuk telkomsel sehubungan telkomsel sering lelet dan tidak ada BTS di seputaran icon. Wiken kemaren diberitahu pada saat di rumah pak ketua forum icon cosmo.

    Untuk innovate, baru mulai gali fiber 2015 setahu saya.

      • Waktu itu minta ybs izin ke pak ketua forum dan untuk ke BSD saya tidak tahu, yang akan dipasang berupa mini bts tidak hanya berfungsi sebagai repeater saja tapi juga memberikan kapasitas bandwith tambahan.

        Wah masih 6 bulan lagi survival mode ya, itpun kalo on sched dan kualitas bagus.

      • wah saya malah ga dikasi kuesioner first media dari satpam, habis kali ya, (positif tihinking)..sangat kecewa masuk lagi cepatnet, katanya mau di ganti innovate, tapi kalau cuma ganti label aja, tapi isi dalem sama percuma juga

  22. Himabuan, klo ada yang mau beli PS4, akan TIDAK BISA main Online Game karena sepertinya CepatNet memblokir/traffic throttling Playstation Network.

    Bahkan saya sudah coba langsung konek ke modem melalui LAN cable masih gabisa.

    Saya sudah coba bawa mesin saya ke FastNet dan Online Gaming berfungsi secara normal.

  23. Boleh dishare kembali info mengenai innovate kalau sudah masuk ke Icon, Pak. Saya sendiri di Simplicity. Dan coba bolt, di sini sama sekali ngga berguna. Malah jadi bolot. Hihihi. Mudah-mudahan kita lekas mendapatkan solusi yang oke untuk masalah internet ini yaaa

    • Innovate, dulu namanya CepatNet, sedang dalam proses masuk ke beberapa wilayah di BSD. Lagi tahap gali gali kabel optik sepertinya. Sabar aja:) Sementara ini sih saya pakai Smartfren dulu. Btw kapan terakhir coba Bolt di Simplicity?

  24. ada yang sudah coba bolt? saya bolt dirumah di latinos kalau di dalam rumah sinyal suka hilang tapi kalau diluar rumah dapat, streaming youtube masih bisa

    Ce*at net sekarang makin tidak informatif dari website nya aja tidak ada pilihan harga dan paket kalau dulu ada. sekarang saya bayar paket 1mbs pelanggan lama, yg bulanannya sama dengan saya pelanggan baru dapat speed 2mb aneh kan.

    • 2 bulan lalu Bolt di The Icon gak dapet sinyal sama sekali kalau didalam rumah. Kalau di luar dapet 1-2 bar.
      Untuk CepatNet, saya belum pasang sih pak, belum percaya ama bisnis mereka yg kalau saya liat kok asal-asalan gitu ya:)

  25. Iyah payah banget pak saya juga tinggal di the icon ritz zone, parah banget si cepatnet. Suka dc ama latency tinggi banget

        • belum ada info pasti pak, kalau di rumah saya ini sedang ada kabel galian fiber optik. Kalau fiber optiknya ini beneran sampai ke rumah berarti yg masuk nanti Innovate. Kalau yg masuk ke rumah hanya kabel coaxial, ya berarti yg masuk CepatNet. Dirumah saya ini belum ada jaringan kabel soalnya. Jadi lets cross finger, semoga kabel optiknya sampe rumah:)

          Di beberapa perumahan di Depok sudah masuk soalnya, masak BSD sendiri yg satu grup gak masuk:)

          • jadi sementara ini masih bertahan dg provider XL y pak?
            Hehehe saya sendiri lagi cari2 info buat me-replace si Cepatnet,,

  26. kualitas layanan yang ditawarkan ISP (yang memonopoli layanan internet) di BSD sangat payah. sementara untuk perbandingan, ISP lain menawarkan layanan yang lebih dengan harga yang tidak jauh berbeda. apakah ada info lain mengenai Innovate, pak? apakah akan mencakup seluruh BSD atau hanya The Icon saja ya? trims 🙂

    • Sepertinya semua sih pak, dia akan ganti yang tadinya pakai CepatNet. Untuk CepatNet sendiri sepertinya akan fokus di gedung-gedung perkantoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *