10 tahun.

Bulan November ini kartunama.net berusia 10 tahun. Invoice pertama yang kami buat adalah untuk Colliers Indonesia, tanggal 20 November 2006. Sampai akhir tahun itu kami mencetak total 91 kotak kartu nama.

Dalam posting ini saya akan sedikit bercerita tentang bagaimana saya memulai kartunama.net (kn). Lumayan panjang, jadi bersiap ya:)

KN bermula setelah bisnis saya sebelumnya gagal. Setelah perjuangan 2 tahun, bisnis pertama itu saya tutup. Entah karena pasar belum siap untuk produk saya atau karena saya memang bodoh. Kegagalan bisnis pertama itu menyebabkan tagihan kartu kredit saya membengkak dan ditariknya mobil saya oleh dealer karena saya tidak sanggup lagi membayar cicilannya. Sampai hari ini saya masih ingat betapa sedihnya saya saat mengantarkan mobil tersebut ke kantor perusahaan leasing bersangkutan. Saya juga masih ingat janji saya dalam hati untuk membeli mobil sejenis jika keadaan sudah memungkinkan. Peristiwa ini terjadi di akhir Januari 2007, sepulang saya berbulan madu, masa yang harusnya menyenangkan.

Setelah merelakan mobil hasil jerih payah saya yang pertama, saya masih harus memikirkan tagihan kartu kredit yang menggunung. Saya menggunakan kartu kredit untuk membiayai sebagian kebutuhan pernikahan saya. Bukannya saya menyesal, tapi tampaknya timing tanggal pernikahan saya memang sedikit kurang tepat. Kombinasi dari tekanan membangun bisnis sendiri dan menyiapkan pernikahan bisa membuat beberapa orang menjadi gila. Saya beruntung karena  saya memiliki calon istri yang sangat percaya akan mujizat Tuhan.

Pada pertengahan tahun sebelumnya, tahun 2006, saya sempat membeli domain kartunama.net (.com sudah tidak tersedia) setelah saya berdiskusi santai dengan teman di industri yang sama. Kami setuju bahwa kartu nama adalah barang cetakan yang turn overnya lumayan tinggi, dalam artian sering dipesan ulang. Mungkin ini memang jalan dari Tuhan karena ternyata di tahun 2007 saya akan memulai lembaran baru hidup saya lewat domain ini.

Hal yang saya lakukan pertama adalah membuat website untuk kartunama.net. Terinspirasi oleh Google, inilah tampilan website pertama KN

14feb2007

Tapi desain yang berangkat dari salah pemikiran ini tidak bertahan lama. Saya menggantinya karena desain ini tidak “laku”. Dua bulan kemudian saya menggantinya dengan desain dibawah ini

2007later

Sepertinya desain ini lebih menarik untuk pengunjung kartunama.net dibandingkan dengan desain sebelumnya. Desain kedua ini saya bikin sendiri dan membayar 500 ribu kepada freelancer untuk menjadikannya hidup (biaya sudah termasuk biaya hosting setahun)

Perjuangan dimulai.

Memiliki website dan mendatangkan orang ke website adalah dua hal yang sangat berbeda. Adwords belum populer, terlebih lagi Facebook. Jadi jenis pemasaran yang saya lakukan ada 2, spamming dan bagi brosur ( dalam bentuk kartu nama) secara manual.

Spamming email saya lakukan lewat Yahoo Groups. Saya mendaftar ke milis-milis sekretaris dan mulai mengumpulkan email dari sana. Alamat email tersebut saya pilih manual, saya hanya mengumpulkan email yang menggunakan domain kantor, bukan email yang menggunakan @yahoo.com atau email gratisan lainnya. Seminggu sekali saya mengirimkan email tentang servis dari kartunama.net. Hampir setahun saya menggunakan cara ini, dan saat saya berhenti sudah terkumpul sekitar 2.000 alamat email.

Untuk bagi brosur kartu nama, saya dan kurir saya bergerilya di jalur TransJakarta koridor 1. Setiap jam 6 pagi kami sudah standby di jembatan penyebrangan busway. Dari Halte Bank Indonesia sampai Halte Sisingamangaraja. Sedih melihat kartu nama kami langsung dibuang setelah diterima, senang saat kartu nama kami masuk kantong mereka. Selain di jembatan TransJakarta, kami juga membagikan brosur di belakang Wisma BNI 46 ( dari sini kami mendapatkan Amway sebagai klien, sampai sekarang) dan juga area makan siang di belakang WTC dan sekitar. Saat membagikan brosur ini saya harus melupakan rasa malu karena pilihannya adalah malu atau tidak bisa makan. Hal ini kami lakukan sampai akhir 2007.

Blogging dan WordPress.

Tahun 2008 mulai banyak orang yang ngeblog. Ada yang menggunakan Blogger dan ada yang memakai WordPress. Tahun 2008 ini saya mengubah tampilan desain KN supaya lebih mirip blog, agar gampang dibaca dan diperbarui. Saya menggunakan WordPress ( versi 1.6 kalau tidak salah) Begini tampilan website KN di tahun 2008

2008

Yang saya suka dari WordPress adalah saya bisa mengedit sendiri tampilan dan isi dari website KN. Saya banyak mengunggah desain kartu nama dari klien kami untuk mendapatkan kepercayaan dari pengunjung baru karena saya yakin bahwa trust adalah faktor yang sangat penting dalam berbisnis online. Website ini dibuat oleh Mas Catur.

Awal tahun 2009, saya meminta bantuan Dita ( blogger favorit saya) untuk mempromosikan KN ke teman-teman sesama blogger. Dita bersedia membantu dengan menuliskan pengalamannya di link ini, dan boom, postingan ini cepat sekali menyebar di kalangan blogger.

Kombinasi format blog, bloglink dari Dita dan komunitas blogger, dan juga WordPress menjadikan website KN mendapatkan hasil pencarian yang sangat baik di Google Search.

Desain website.

Tahun 2009 saya memutuskan untuk mengubah lagi desain website KN, mungkin karena terlalu banyak membaca Smashing Magazine. Desain tahun 2009 ini masih saya desain sendiri, belum ada budget untuk menyewa desainer khusus. Saya menggunakan jasa dari Andi Saleh untuk menghidupkan desain ini.

2009

Desain ini menarik perhatian madeforyou, waktu itu kami berkomunikasi lewat email kalau tidak salah ingat. Sepertinya dia menawarkan spot iklan untuk blog JurusGrafis (almarhum), sekarang bisa disimak di halaman Mediumnya. Dari komunikasi kami ini, lahir dua desain baru KN di tahun 2010. Richard menyarankan saya untuk memakai jasa Fikri dalam hal slicing dan theming ke WordPress.

2010

Tahun berikutnya saya mengubah lagi desain kartunama.net, masih oleh Richard dan Fikri sebagai eksekutornya, berikut tampilannya.

2011

Desain ini bertahan cukup lama, saya hanya membuat perubahan kecil di tahun 2012 Menjadi lebih minimalis dan lebih mudah dibaca.

2012

Desain tahun 2012 ini bertahan lama, sampai akhirnya kami menggantinya di tahun 2016. Website baru ini juga menandai berakhirnya era WordPress dalam perjalanan kartunama.net (2008-2016).

Masa depan kartunama.net.

Kami belajar banyak sekali dalam 10 tahun kami berbisnis. Bagaimana cara mencetak kartu nama dengan baik dan benar dan (sangat) cepat. Kami belajar bagaimana menghadapi dan menghargai pelanggan dengan berbagai karakter dan kemauannya. Kami belajar bagaimana cara berhemat dan memutar uang kas perusahaan. Kami juga belajar cara menerima rasa kecewa.

Untuk tahun-tahun mendatang, kami akan terus belajar untuk melayani pelanggan kami dengan lebih baik dan lebih cepat.

We are here to stay. Please stay with us:)

 

2 thoughts on “10 tahun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *